Sukses

6 Adegan Kiamat Paling Menakutkan di Film Hollywood

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar kata kiamat, tentu saja yang ada di benak kita adalah kehancuran dunia secara keseluruhan, terutama bagi seluruh makhluk hidup di atas Bumi. Gambaran yang ada di dalam kitab suci agama masing-masing pun terlintas dengan sangat tajam. Sampai-sampai momen tersebut digambarkan dalam beberapa film.

Di sepanjang sejarah dunia perfilman, beberapa sineas Hollywood berusaha untuk menggambarkan nuansa kiamat di adegan-adegan krusial dalam film mereka. Kebanyakan, mereka mengusung kehancuran dunia di sebuah film bergenre fiksi ilmiah.

Star Wars VII

Tak hanya menggambarkan nuansa kiamat di Bumi. Beberapa sineas juga berusaha mewujudkan adegan kiamat tersebut dengan cara menggunakan planet lain di luar Bumi. Bahkan, ada juga yang mengadaptasi cerita komik atau novel yang sudah ada sebelumnya.

Mengingat adegan bernuansa kiamat yang ada, penonton bahkan dibuat merasakan detik-detik kehancuran Bumi atau planet lain dengan menggambarkan ekspresi ketakutan para penduduknya. Nuansa mencekam pun semakin terasa.

Star Trek 3 hanyalah satu-satunya judul yang rilis pada tanggal tersebut.

Setidaknya, terdapat enam buah film yang menggambarkan kehancuran sebuah planet dengan nuansa kiamat di dalamnya. Film-film apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Star Wars: The Force Awakens

Masih segar dalam ingatan betapa fans Star Wars bersorak sorai begitu Star Wars: The Force Awakens selaku film ketujuh franchise tersebut tayang pada Desember 2015 lalu. Banyak penggemar yang puas dengan cerita dan aksi di sepanjang film.

Namun ada satu adegan mengerikan yang menggambarkan nuansa kiamat di dalamnya. Adegan tersebut terjadi ketika mesin raksasa Starkiller dioperasikan oleh para anggota First Order.

Setelah salah satu markas tirani hitam tersebut dijalankan, beberapa planet yang mendukung perlawanan kepada First Order langsung dihancurkan dengan meriam raksasa. Terlihat ekspresi ketakutan para penduduk salah satu planet yang akan dilenyapkan.

2 dari 7 halaman

2. Man of Steel

Film yang bekisah tentang aksi Superman melawan Jenderal Zod ini, dibuka dengan perseteruan antara ayah Kal-El (nama asli Clark Kent alias Superman), Jor-El dengan Zod. Pemberontakan Zod diiringi dengan kehancuran planet mereka, Krypton.

Kalau diingat kembali, hancurnya Planet Krypton di film Man of Steel diperlihatkan secara mengerikan. Nuansa kiamat bagi planet berteknologi canggih ini benar-benar dibuat secara terperinci.

Beberapa penduduk planet juga terlihat pasrah ketika mereka tak berkutik dari kehancuran Krypton. Adegan hancurnya Planet Krypton ini dianggap sebagai salah satu momen terbaik dalam film Man of Steel.

3 dari 7 halaman

3. Star Trek

Di tahun 2009, para penggemar film Star Trek kembali disuguhi oleh film daur ulang yang disutradarai oleh J.J. Abrams. Tentunya, banyak hal-hal lama yang disajikan secara baru dalam film ini, termasuk Planet Vulcan.

Dalam daur ulang Star Trek ini, Planet Vulcan digambarkan sekarat karena Komandan Nero menguras sumber daya planet tersebut secara berlebihan. Alhasil, sebuah lubang hitam tercipta di dalamnya.

Hal itu mengakibatkan Planet Vulcan dimakan oleh lubang tersebut dan lenyap tak berbekas. Sebelum Vulcan lenyap, kehancuran dari dalam planet digambarkan seolah mirip dengan kiamat yang mengerikan.

4 dari 7 halaman

4. Knowing

Salah satu film bertema kiamat yang mengganggu pikiran kita adalah Knowing. Digambarkan dalam film ini bahwa Bumi akan menjadi korban badai matahari ekstrim yang menghancurkan planet-planet di Tata Surya.

Sebelum adegan kehancuran Bumi terjadi, banyak momen yang memperlihatkan keputusasaan manusia ketika mereka menyadari bahwa kehancuran Bumi pasti datang. Alhasil kepasrahan pun digambarkan dengan cukup mengerikan.

Kita melihat seluruh permukaan bumi terbakar dan hancur lebur akibat benturan badai matahari ekstrim yang digambarkan sangat panas. Alhasil, Bumi menjadi planet yang tak bisa ditinggali manusia.

5 dari 7 halaman

5. Titan A.E.

Titan A.E. merupakan salah satu film animasi yang menggambarkan Planet Bumi yang tak bisa luput dari kehancuran di tahun 3000-an. Adegan tersebut dikemas dalam momen yang sangat menyedihkan.

Pasalnya ketika adegan Bumi dihancurkan oleh satu ras alien, kita melihat ekspresi sedih para karakter yang kabur dengan pesawat khusus. Bumi pun sudah tinggal kenangan bagi seluruh manusia dalam film ini.

Sebelum adegan rasa kiamat itu dipertontonkan, kita diperlihatkan terlebih dahulu bagaimana kondisi Bumi kala itu. Sebetulnya masih banyak tempat-tempat asri yang harusnya bisa disinggahi oleh umat manusia.

6 dari 7 halaman

6. The Hitchhiker's Guide to the Galaxy

Kisah dalam The Hitchhiker's Guide to the Galaxy memang tergolong unik dan kita diperkenalkan pada kehidupan lain di luar Bumi. Apalagi, ada alien yang ikut campur dengan berbagai urusan di Bumi.

Namun film ini menyimpan satu unsur mengerikan terkait apa yang terjadi di Bumi. Satu ras alien berusaha untuk melenyapkan Bumi demi kepentingan mereka sendiri. Alhasil, umat manusia pun banyak yang panik.

Adegan sebelum Bumi lenyap ini dibarengi dengan kekacauan yang digambarkan mirip dengan suasana kiamat. Alhasil, adegan tersebut menjadi salah satu momen mencekam dalam film ini.