Sukses

Jadi Ki Hajar Dewantara, Rio Dewanto Ajak Anak Muda Melek Sejarah

Rio Dewanto punya harapan besar untuk para generasi muda masa kini.

Liputan6.com, Jakarta Rio Dewanto sadar bahwa anak muda masa kini harus mengenal sejarah bangsanya sendiri. Karena itu, ia turut berpartisipasi dalam drama musikal Khatulistiwa karya Josodirdjo Foundation dan Zigzag Indonesia.

Drama musikal tersebut mengangkat tema sejarah dan budaya untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air di kalangan anak muda. Rio Dewanto memerankan dua tokoh dalam kisah penuh nasionalisme tersebut.

Rio Dewanto (Liputan6.com/Helmi Fithriasyah)

"Yang saya perankan di sini Sisingamangaraja dan Ki Hajar Dewantara. Jadi, ada yang dari sisi perang secara fisik, kemudian ada yang perang secara edukasi, pendidikan," ujar Rio Dewanto usai konferensi pers Drama Musikal Khatulistiwa di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2016).

Bagi suami Atiqah Hasiholan ini, edukasi dalam drama musikal tersebut dikemas dengan cara yang sangat menarik. Maklum saja, anak muda masa kini sering kali tidak tertarik dengan sejarah bangsanya sendiri, apalagi jika dikemas dengan gaya membosankan.

Rio Dewanto [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

"Dengan edutainment tools ini, diharapkan anak-anak zaman sekarang lebih semangat untuk belajar lagi untuk mengetahui sejarah bangsanya lagi. Dan bukan hanya sejarah bangsa lain saja yang dipelajari tapi sejarah bangsa sendiri juga mereka harus bangga," tutur Rio Dewanto.

Pertunjukan drama musikal Khatulistiwa dipentaskan pada 18-20 November 2016 mendatang di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki. Sajian hiburan kaya edukasi itu ditujukan untuk memaknai Hari Pahlawan Nasional. (Rin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini