Sukses

Cosplayer Indonesia yang Mendunia Sorot Perhatian Comic Con 2016

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan pop culture Indonesia Comic Con (ICC) 2016 yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2016) lalu, ramai dikunjungi para pencinta film dan anime.

Tak sedikit pengunjung Indonesia Comic Con 2016 yang datang dengan berpakaian seperti idolanya. Salah satunya adalah Alston Stephanus, cosplayer Indonesia yang namanya telah mendunia.

Alston Stephanus, Cosplayer Indonesia yang mendunia. (Foto: Sapto Purnomo)

Pria keturunan Tionghoa itu, memulai debutnya sebagai cosplayer sejak 2014. Ia baru pertama kali mengikuti event yang sudah dua kali digelar di Tanah Air ini. Alston Stephanus datang mengenakan pakaian dari salah satu karakter film Big Hero 6.

 "Ini pertama kali di Indonesia Comic Con. Impressed banget sama semua cosplayer-nya. Di sini aku juga ketemu sama cosplayer asal LA, Stella Chuu-sama dan dari Jepang, Jacky (Tadaaki Dosai). Kita satu komunitas di New York," ujar Alston Stephanus ditemui di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2016).

"Cosplay-ku hari ini Hiro Hamada dari Big Hero 6 dan materinya buat armor ini itu fiber glass, Molded Fiber Glass terus finishing-nya pakai autoclean," sambungnya.

Alston Stephanus, Cosplayer Indonesia yang mendunia. (Foto: Sapto Purnomo)

Bukan waktu yang sebentar buat Alston Stephanus menciptakan kostum tersebut. Selama berbulan-bulan, ia mengerjakan kostum yang spesial dibuatnya untuk menghadiri ICC 2016. Tak hanya itu, ia juga harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah.

"Buatnya empat bulan, materialnya dan nyamain warna juga susah banget. It's very very difficult, karena aku bikin sendiri nggak banyak sih untuk kualitas seperti ini sekitar Rp 5 juta. Bahannya dari sini (Indonesia)," ujar Alston.

Setelah Indonesia Comic Con 2016, pria yang telah melanglang buana ke mancanegara dengan cosplay-nya itu, rencananya akan memamerkan kostum buatannya ke negeri Paman Sam dalam waktu dekat ini.