Sukses

Asmirandah - Jonas Rivanno, Antara Cinta dan Rintangan

Liputan6.com, Jakarta - Semua karena cinta. Ya, mungkin kata-kata itu bisa menggambarkan kisah kasih penuh drama pasangan Asmirandah dan Jonas Rivanno yang kini sudah resmi menjadi suami istri.

Keduanya melangsungkan pernikahan hingga muncul kabar bahwa Vanno--sapaan akrab Jonas Rivanno--, disebut telah menistakan agama. Pembatalan pernikahan pun dilakukan.

Tak lama berselang, mereka dikabarkan kembali menikah diam-diam tanpa restu dari orangtua masing-masing. Dan saat itu, artis yang akrab disapa Andah ini disebut-sebut telah berpindah keyakinan.

Pernikahan Asmirandah dan Jonas Rivanno ini sempat membuat heboh dunia hiburan Tanah Air hingga mengundang kemarahan FPI Depok.

Berikut kisah cinta penuh drama Asmirandah dan Jonas Rivanno yang dirangkum Liputan6.com.

1 dari 6 halaman

Menikah Diam-Diam

Tidak mudah bagi Asmirandah dan Jonas Rivanno mempertahankan cinta mereka hingga ke pernikahan. Selain perbedaan keyakinan, rintangan lain yang harus dilalui mereka yakni meminta restu orangtua.

Namun keduanya sepertinya tidak mengindahkan semua itu dan tetap melangsungkan pernikahan tanpa diketahui media, pada 17 Oktober 2013 silam. Asmirandah dan Jonas Rivanno menikah secara Islam.

Kabar bahagia itu dibenarkan langsung oleh keterangan salah satu pegawai KUA Beji, Depok, Jawa Barat, yang diduga sebagai tempat Andah dan Vanno menikah.

"Daftarnya tanggal 10 (Oktober). Yang datang ke sini bapaknya sama Asmirandah. Yang menikahkan langsung pak Kepala (KUA). Yang datang hanya keluarga saja," ujar pegawai bernama H. Sobari itu.

2 dari 6 halaman

Penistaan Agama Berujung Pembatalan Nikah

Pada 17 Oktober 2013, Asmirandah dan Jonas Rivanno kabarnya menikah secara Islam di KUA Beji, Depok, Jawa Barat. Itu artinya, Vanno yang diketahui beragama Nasrani telah menjadi mualaf.

Namun beberapa hari kemudian, di hadapan awak media, Vanno mengaku tidak pernah masuk Islam. "Saya tidak pernah jadi mualaf, tidak pernah mengucap dua kalimat syahadat. Saya orang Kristen. Saya cukup terganggu, Andah juga," tegas pria berdarah Ambon itu.

Alhasil Vanno dituduh telah menistakan agama. Ia bahkan terancam menjadi tersangka setelah beberapa pihak melaporkannya ke pihak berwajib.

Beruntung kini kasus penistaan agama yang dituduhkan pada Vanno, telah dihentikan. Polres Kabupaten Bogor akhirnya menerbitkan SP3 atau Surat Penghentian Penyidikan di awal tahun 2016 ini.

3 dari 6 halaman

Menikah Lagi di Luar Negeri

Setelah Jonas Rivanno mengaku tidak pernah masuk Islam, pernikahannya dengan Asmirandah di KUA dianggap tidak sah. Asmirandah mengajukan pembatalan pernikahan ke Pengadilan Agama Depok.

Pembatalan nikah pun dikabulkan dan beberapa waktu kemudian keduanya diketahui menikah lagi di luar negeri dengan perbedaan keyakinan. Namun tak lama setelah itu, Asmirandah dikabarkan pindah keyakinan dari Islam ke Kristen.

Hal ini diperkuat dengan beredarnya video kesaksian Asmirandah dan Vanno di sebuah gereja yang dipimpin oleh Pendeta Gilbert Lumoindong.

4 dari 6 halaman

Menikah Tanpa Restu

Pernikahan Asmirandah dan Jonas Rivanno tidak direstui oleh orangtua Asmirandah.

Ayahanda Andah, M. Farmidzi Zantman, merasa kecewa dan menganggap pernikahan anaknya dengan Vanno tidak resmi. Bagaimanpun juga jika ingin menikah, Andah dan Vanno harus meminta restu orangtua.

"Saya rasa dia sudah nikah, tapi enggak resmi. Soalnya mau dia pindah agama pun, tetap harus izin orang tua, selama masih hidup. Kecuali kalau dia sudah janda, dia baru enggak usah minta izin ke orang tua. Tapi dia kan bukan janda," kata Farmidzi.

Ada yang menyebutkan jika kini hubungan Andah dan keluarganya sudah merenggang. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Asmirandah masih berkomunikasi dengan kedua orangtuanya.

5 dari 6 halaman

Vakum dari Dunia Hiburan

Sejak menikah, Asmirandah dan Jonas Rivanno seperti menghilang dari sorotan dunia hiburan Tanah Air. Keduanya kini dikabarkan sedang fokus menjalankan bisnis dan pelayanan di gereja.

Padahal sebelumnya pasangan ini selalu wara-wiri di layar kaca. "Sekarang bisnis aja, aku lagi mengerakan fesyen juga," kata Asmirandah ditemui saat menghadiri pernikahan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, setahun silam.

Meski begitu, Andah dan Vanno tampak begitu bahagia dengan pernikahan mereka. Terbukti wanita 27 tahun itu kini terlihat lebih gemuk dari sebelumnya.

Artikel Selanjutnya
Laudya Cynthia Bella Menikah Bulan Ini?
Artikel Selanjutnya
Ungkapan Bahagia Laudya Cynthia Bella Jelang Menikah