Sukses

Film The Doll Meniru Annabelle?

Liputan6.com, Jakarta Pecinta film horor mungkin tak akan melewatkan pemutaran film horor Annabelle. Apalagi, film tersebut terinspirasi keberadaan sebuah boneka nyata yang disebut berhantu.

Tak lama lagi, tepatnya 27 Oktober 2016 mendatang, sebuah film horor Indonesia berjudul The Doll juga akan tayang. Dari judulnya, sudah bisa ditebak bahwa film ini akan mengulik kisah mistis seputar sebuah boneka. Karena itu, tak heran banyak netizen yang beranggapan bahwa The Doll adalah upaya membuat Annabelle ala Indonesia. Benarkah hal tersebut?

 

Boneka Annabelle, Boneka menjadi ikon di film The Conjuring

Shandy Aulia, bintang utama The Doll, menyebut bahwa kemiripan dua film ini hanya berkisar pada keberadaan boneka saja.

"Jadi kesannya adalah seperti Annabelle, karena objeknya adalah sebuah boneka. Tapi sebenarnya ceritanya, karakternya, alur ceritanya, berbeda total. Justru ini dari urban legend-nya orang Indonesia," ujar Shandy Aulia kala mengunjungi kantor Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu bersama sejumlah pemain The Doll.

Mitos urban yang dimaksud Shandy, adalah yang terjadi di Jalan Siliwangi Bandung. Konon, di jalan tersebut sejumlah orang melihat penampakan arwah anak kecil memegang boneka. Anak kecil ini disebut sebagai seorang korban kecelakaan di lokasi tersebut.

"Jadi bukan karena ada Annabelle terus kita bikin-bikin ceritanya," kata Shandy menambahkan.

Cuplikan film The Doll (YouTube)

Pernyataan Shandy ini didukung oleh Sara Wijayanto yang juga ikut bermain dalam The Doll. "Di seluruh dunia sebenarnya banyak juga boneka-boneka haunted lo. Kebetulan yang terangkat hanya Annabelle. Ada Robert The Doll dan segala macam, banyak sebenarnya," kata Sara Wijayanto.

Sementara Denny Sumargo, lawan main Shandy Aulia dalam film ini menjawab pertanyaan soal Annabelle dan The Doll ini dengan  nada canda. "Malah saya pikir ada campuran antara Susan dan Annabelle," kata Denny yang disambut tawa rekannya yang lain.

Denny Sumargo, Sara Wijayanto, Shandy Aulia, dan Vitta Mariana, para pemain film The Doll

Ada pun The Doll bercerita tentang sepasang suami istri Anya (Shandy Aulia) dan Daniel (Denny Sumargo) yang baru saja pindah ke Bandung. Daniel menemukan sebuah boneka di lokasi proyek, dan diberikan pada istrinya yang merupakan seorang pembuat boneka. Mereka tak tahu ada makhluk jahat yang bersemayam dalam boneka tersebut.