Sukses

Jadi Mahasiswi Kedokteran, Tika Bravani Belajar Menyuntik

Liputan6.com, Jakarta Tika Bravani dan Adipati Dolken akan bertemu dalam film terbaru mereka yang berjudul Catatan Dodol Calon Dokter. Dalam film yang disutradarai iIfa Isfansyah ini, keduanya akan berperan sebagai mahasiswa kedokteran yang tengah menjalankan ko-asistensi dalam stase bedah.

Sang sutradara, ternyata tak main-main soal detail mengenai dunia kedokteran dalam film ini. "Kita pernah harus retake karena salah masang masker," kata Tika Bravani saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/10/2016).

Catatan Dodol Calon Dokter

Tak hanya saat syuting, Tika menyebutkan para pemain Catatan Dodol Calon Dokter juga dibekali pengetahuan teknis soal kedokteran."Diajari cara nyuntik yang benar, megang gunting, nginfus. Ada dokter sendiri yang mengajari caranya," ujar aktris yang memainkan karakter Evi ini. Ia menyebutkan, Ferdiriva Hamzah, dokter sekaligus penulis buku Catatan Dodol Calon Dokter yang menjadi pondasi dasar film ini, juga ikut membantu para pemain memahami dunia kedokteran dengan lebih baik. 

Keberadaan detail-detail yang sesuai dengan aslinya, tentu sangat penting demi film yang terlihat lebih hidup. "Cara nyuci tangannya ada sendiri lo, kita juga belajar," kata Adipati Dolken pemeran Fediriva Hamzah. Bahkan, ada sejumlah pemain yang ikut menyaksikan operasi retinoblastoma, atau sejenis kanker retina, demi mengetahui suasana dan kondisi yang terjadi dalam kamar operasi.

Meski begitu, Adipati Dolken menyebut bahwa tantangan yang harus ia lalui demi menyelesaikan film ini, justru bukan soal hal teknis seperti ini. Melainkan kondisi psikis Riva, mahasiswa kedokteran yang sedang menjalani ko-asistensi, yang ia mainkan dalam film ini.

"Karena dia masih mahasiswa kedokteran, masih bingung, dia masih enggak tahu mau jadi dokter apa enggak. Masih berpikir ini semua worth it enggak," katanya.

Sementara itu, Catatan Dodol Calon Dokter bercerita tentang Riva (Adipati Dolken), yang memilih jurusan kedokteran karena ikut-ikutan teman-temannya. Salah satunya adalah Evi (Tika Bravani), teman baiknya sejak SMA. Sayang, hubungan keduanya merenggang setelah kemunculan gadis lain bernama Vena (Aurelie Moeremans).

Satu saat, Riva melakukan kesalahan konyol yang akhirnya membuat dia mempertanyakan kembali pilihannya menjadi dokter.

Catatan Dodol Calon Dokter akan mulai diputar di bioskop pada 27 Oktober 2016.