Sukses

Telah Wafat, Artis-Artis Ini Tetap Raup Kekayaan

Liputan6.com, Jakarta - Ketika seniman telah tutup usia, mereka meninggalkan warisan berupa karya-karya yang dapat terus dinikmati hingga anak cucunya kelak. Selain itu, karya-karya tersebut juga masih meraup keuntungan bagi pemegang royaltinya. Majalah Forbes merilis daftar para selebritas yang tetap meraih pendapatan tertinggi, meski sudah meninggal dunia.

Posisi puncak diduduki oleh mendiang Michael Jackson. Raja musik pop itu masih meraup keuntungan sebesar US$ 825 juta (sekitar Rp 10,7 triliun) dalam rentang waktu Oktober 2015 sampai Oktober 2016.

Michael Jackson  (smh.com.au)

Dilansir dari NME, jumlah itu melebihi total semua pendapatan artis wafat lainnya.

Keuntungan itu diperoleh dari penjualan katalog Sony/ATV Music Publishing yang separuh kepemilikannya dimiliki oleh Michael Jackson. Katalog itu termasuk karya-karya The Beatles. Pendapatan yang diraih dari penjualan katalog itu mencapai US$ 750 juta (sekitar Rp 9,7 triliun) sendiri.

Urutan kedua dan ketiga ditempati oleh kreator komik Peanuts, Charles Schulz; dan pegolf legendaris Arnold Palmer dengan pendapatan US$ 48 juta (sekitar Rp 626 miliar) dan US$ 40 juta (sekitar Rp 522 miliar).  

Mendiang Prince yang meninggal pada April kemarin langsung berada di urutan kelima dengan pendapatan US$ 25 juta (sekitar Rp 326 miliar).     

Memperingati ulang tahun Prince, wilayah di Amerika Serikat ini menjadikannya hari libur.

Berikut daftar 10 tokoh dunia dengan pendapatan terbesar dari Forbes:

1. Michael Jackson - US$ 825 juta

2. Charles Schulz - US$ 48 juta

3. Arnold Palmer - US$ 40 juta

4. Elvis Presley - US$ 27 juta

5. Prince - US$ 25 juta

6. Bob Marley - US$ 21 juta

7. Theador Geiel "Dr. Seuss" - US$ 20 juta

8. John Lennon - US$ 12 juta

9. Albert Einstein - US$ 11.5 juta

10. Bettie Page - US$ 11 juta