Sukses

Hebat, Bob Dylan Raih Penghargaan Nobel

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi folk legendaris Bob Dylan baru-baru ini dianugerahi penghargaan bergengsi Nobel. Bob Dylan meraih Nobel Prize untuk kategori sastra karena disebut "telah menciptakan ekspresi baru yang puitis dalam tradisi lagu Amerika."

Bob Dylan (NME)

Nobel sendiri diberikan oleh institusi di Swedia dan Norwegia untuk tokoh yang dianggap memiliki sumbangsih untuk kemajuan akademis, ilmiah dan budaya. 

Dilansir dari New York Times, Bob Dylan menjadi orang Amerika Serikat pertama yang meraih Nobel setelah terakhir novelis Toni Morrison pada 1993.  

Sebelumnya Bob Dylan kerap disebut pantas meraih Nobel karena karya-karyanya, tetapi tidak dapat dikategorikan dalam Nobel sastra yang biasanya jatuh pada karya-karya seperti novel, puisi dan cerita pendek.

Selain predikat, Nobel juga memberikan hadiah uang bagi peraihnya. Uang tersebut berjumlah US$900,000 atau setara sekitar Rp 11,7 miliar.

Bob Dylan telah berkarier dari pertengahan 1960-an dengan musik folk-nya yang politis dan revolusioner. Kini pria 75 tahun itu telah merilis 37 album. Terakhir merilis album Fallen Angels pada Mei tahun ini.

Bob Dylan di masa mudanya. (Rollingstone.com)

Nobel kategori sastra sebelumnya jatuh di tangan legenda sastra seperti Rudyard Kipling, William Faulkner, John Steinbeck dan Gabriel García Márquez.