Sukses

Ini Tema Drama Korea Pasaran tapi Bikin Jatuh Cinta

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea biasanya penuh dengan intrik yang mendebarkan. Selain itu, karakter dengan kemampuan akting membangun ceritanya, membuat penonton terbuai.

Tema drama Korea tentang kehidupan, mulai dari cinta, harta dan tahta biasa tersaji. Rupanya drama Korea mempersembahkan jalan cerita yang simple dan mudah dipahami penonton.

Bahkan, beberapa tema dalam drama Korea ini biasa menjadi inti ceritanya. Anehnya, penonton menyukai jalan cerita dalam drama yang memang sudah pasaran.

Lalu, apa saja tema drama Korea pasaran yang biasa tersaji?

1 dari 5 halaman

Cross Dressing

Cross Dressing alias gender bender atau bertukar gender dalam beberapa karya sudah banyak dipakai. Dalam hal ini, karakter wanita berpura-pura atau menyamar menjadi pria demi tujuan tertentu, atau bisa juga sebaliknya.

Tampaknya cross dressing pertama kali muncul pertama kali dalam karya milik Shakespeare dalam karyanya bertajuk Twelfth Night dan As You Like It. Rupanya keunikan tema cross dressing ini membuat sutradara terinspirasi menciptakan drama dengan tema ini.

Beberapa judul drama tentang Cross Dessing sempat menghiasi layar kaca, mulai dari Coffee Prince (2007), You're Beautiful (2009) hingga Sungkyunkwan Scandal (2010).

Diceritakan penonton seolah dimanjakan dengan karakter yang seolah `bodoh` dan tak mengetahui pemeran utama tengah menyamar. Salah satunya. dalam drama Coffee Prince diperankan oleh aktris cantik Yoon Eun Hye.

Yoon Eun Hye memerankan Go Eun Chan, perempuan cantik yang terpaksa menyamar sebagai pria agar bisa diterima bekerja di kafe khusus, dimana semua pekerjanya harus Kaum Adam. Akhirnya, ia malah jatuh cinta dengan pemilik kafe.

2 dari 5 halaman

Cinderella

Kisah Cinderella yang merupakan impian setiap gadis rupanya masih menjadi tema terfavorit bagi pembuatan Drama Korea atau KDrama. Cerita Cinderella dimana karakter utamanya adalah wanita miskin atau dari kalangan rakyat jelata berhasil memikat hati pangeran atau pria kaya.

Pria kaya--dengan penampilan super karena dan tampan--jatuh cinta pada gadis miskin karena sikap dan kepribadian. Awalnya, karena sikap si gadis yang terlalu naif sehingga membuat dirinya berbeda dari wanita pada umumnya.

Lihat saja, cerita semacam ini banyak mewarnai dalam KDrama yang menjadi favorit KPop-ers. Bahkan, kisah ala Cinderella memiliki rating tinggi di televisi.

Masih ingat dengan Boys Over Flowers, Flower Boy Ramen Shop, Secret Garden hingga Princess Hours. Boys Over Flowers bahkan dianggap sebagai pintu gerbang Hallyu Wave di seluruh dunia.

Drama yang diperankan oleh Lee Min Ho ini berhasil meraih rating tertinggi dengan 34,9 persen berdasarkan data dari lembaga survei rating Nielson Korea saat itu. Hal itu bukti drama dengan tema Cinderella tak pernah pudar.

3 dari 5 halaman

Benci Tapi Cinta

Istilah yang menyebutkan jika benci terhadap sesuatu atau seseorang jangan terlalu besar. Hati manusia mudah dibolak-balik hingga bisa jadi di kemudian akan menjadi suka atau cinta. Banyak juga yang mengatakan jika ada garis batas yang sangat tipis antara benci dan suka.

Hal itu yang terjadi dalam beberapa drama Korea. Dua drama fenomena Man From the Star (2013) dan Boys Before Flowers (2009) mengambil tema cinta yang berawal dari rasa benci.

Man From the Star yang diperankan Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun di awal episode menceritakan mengenai hubungan keduanya yang sangat buruk. Jun Ji Hyun yang merupakan artis cantik ternama kesal dengan profesor muda dan tampan yang mengajarnya yaitu Kim Soo Hyun.

Jun Ji Hyun beranggapan jika Kim Soo Hyun adalah sosok yang sombong. Sementara, Kim Soo Hyun mengenal Jun Ji Hyun sebagai wanita yang berisik dan menyebalkan. Akhirnya, dari rasa benci itu keduanya mulai memiliki perasaan satu sama lain.

Tak beda jauh dengan Man From the Star, jalan cerita Boys Over Flowers juga hampir mirip. Pemeran utamanya, Lee Min Ho dan Go Hye Sun juga sempat bersitegang. Go Hye SUn adalah siswi miskin yang mengenyam pendidikan di sekolah swasta termahal dan terkenal yang dimiliki Lee Min Ho.

Melihat perbuatan bully di sekolahnya, Go Hye Sun menentangnya. Namun Go Hye Sun harus berhadapan dengan Lee Min Ho sebagai siswa yang sangat berpengaruh. Lee Min Ho pun terus mengerjai Go Hye Sun habis-habisan. Rupanya kebencian Lee Min Ho berubah menjadi cinta kepada Go Hye Sun.

4 dari 5 halaman

Perubahan Mengejutkan

Setiap orang akan mengalami perubahan, baik dalam penampilan maupun hanya kematangan emosional. Namun dalam drama Korea yang sangat diperhatikan adalah perubahan secara fisik yang sangat mencengangkan.

Salah satunya, drama Korea Dream High. Kim Soo Hyun memerankan karakter Song Sam Dong yang dikenal kreatif. Namun penampilan Song Sam Dong dengan rambutnya yang tak rapi kerap kali menjadi pembicaraan penggemar drama.

Di Dream High, gaya rambut Kim Soo Hyun disebut sebagai `rambut alat pel` atau `rambut ijuk`. karakter yang diperankan Kim Soo Hyun itu tampil dengan rambut se-leher yang ikal, dengan poni yang menutupi jidatnya, tampak berantakan.

Lalu, masih ada drama The Birth of Beauty. Di drama ini, perubahan sangat mencolok dialami karakter utamanya, dari wanita bertubuh besar menjadi sangat langsing.

Diceritakan, Sa Gaeum Ran pun berencana membalas dendam kepada suaminya yang ketahuan berselingkuh dengan menjadi cantik. Akhirnya cara itu berhasil. Sa Geu, Ra (Han Ye Seul) berubah seperti seorang model. Ia mengganti identitas untuk menghancurkan suaminya.