Sukses

Olga Lydia Jamin Tak Ada Kecurangan di FFI 2016

Liputan6.com, Jakarta Ajang penghargaan tertinggi bagi insan perfilman Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI) 2016 kembali digelar. Sebanyak 21 kategori nominasi siap diumumkan pada 6 November 2016 mendatang dalam malam puncak FFI 2016.

Tidak kurang dari 150 juri siap memberi penilaian terhadap kesuluruhan kategori nominasi. Juri-juri tersebut dipastikan berasal dari kalangan yang memiliki kredibilitas tinggi dalam dunia film.

Piala Citra

Olga Lydia sebagai ketua bidang penjurian memastikan bahwa proses penyeleksian film oleh para juri bebas dari kecurangan. Penilaian tersebut murni berdasarkan kacamata juri serta diawasi oleh konsultan publik ternama di dunia.

"Jadi memang sistem ini mungkin belum sempurna, tapi yang pasti tidak bisa dipengaruhi oleh siapa pun karena jurinya banyak," ujar Olga Lydia, usai acara gathering juri FFI 2016 di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (17/10/2016).

Penjurian FFI 2016 diakui Olga Lydia mengandung banyak kejutan. Film yang ia jagokan bahkan tidak masuk ke dalam nominasi, tidak seperti yang ia duga.

Olga Lidya (Fatkhur Rozaq)

"Karena bahkan, kayak tahun lalu saya sebagai ketuanya naksir sama satu film, tapi ternyata enggak dapat (nominasi)," kata Olga Lydia.

Bukti-bukti tersebut lah yang membuat Olga Lydia yakin bahwa tidak akan ada kecurangan yang dibiarkan terjadi pada FFI tahun ini. "Kalau misalnya juri segini banyak enggak mungkin ada yang bisa mempengaruhi satu per satu, dan nggak ketahuan, sudah pasti ketauan lah," tutur Olga Lydia. (Rin)