Sukses

Lagu Persahabatan ala Bayu Risa

Liputan6.com, Jakarta - "Sahabat itu gak selalu mengenakkan, misal pas elo lagi ngeselin, tapi selalu bisa diandalkan dan selalu ada," ucap Bayu Risa, penyanyi pria yang terkenal akan suara falsetto-nya. Siang itu (14/10) Bayu Risa sedang berkunjung ke kantor Liputan6.com untuk membicarakan single terbarunya, "Ku Ada Untukmu."

Kalimat tadi adalah bentuk persahabatan yang ideal menurut Bayu Risa. Single terbaru itu memang menggambarkan kisah persahabatan yang dialami sendiri olehnya.

"Waktu gue lihat socmed, gue lihat teman gue dan sahabatnya main kata-kataan. Tapi habis itu mereka foto bareng, jalan bareng. Akhirnya gue belajar dari situ," ujar pria 29 tahun itu.

Akhirnya terciptalah lagu "Ku Ada Untukmu," sebuah nomor funk pop yang eklektik khas Bayu Risa. Lagu itu dikerjakan Bayu Risa bersama dengan Joseph Saryuf dari Sinjitos Records sekaligus motor dari duo Santamonica.

Single yang sudah dibuat dari tahun 2010 ini juga merupakan kolaborasi pertama dari Sinjitos Records dengan Sony Music Indonesia. Perpaduan kerjasama yang unik antara label independen dan label mayor.

1 dari 3 halaman

Bayu Risa dan Hip Hop

Jika diperhatikan, Bayu Risa selalu menampilkan rapper-rapper untuk turut bernyanyi di single-singlenya, seperti Iwa K, Shotgun Dre, Ciel Duke dan Rayi RAN.

Ia lalu mengaku bahwa ia menyukai rap karena energinya. "Gue suka sesuatu yang berenergi, yang dancey, gak yang lame. dan rap/hip hop itu memang buat elo lebih energik lagi. Dan rap punya pesan yang kuat, karena mengandalkan lirik."

Mantan anggota duo vokal Pasto itu lalu menambahkan "Rapper-rapper yang pernah kerja sama gue banyak sekali ngasih message yang bagus."

Namun untuk album berikutnya, Bayu Risa mengaku belum tentu menggunakan rapper lagi untuk kolaborator, melainkan ia berencana mengajak penyanyi-penyanyi lain untuk turut terlibat dalam lagu-lagunya.

2 dari 3 halaman

Rencana album ketiga

Untuk album berikutnya, penyanyi fashionable itu mengungkapkan bahwa proses penggarapannya telah berjalan 50 persen. Lagu-lagu sudah ada, tetapi pengerjaannya tertunda karena kesibukan orang-orang dibalik proses penggarapannya.

Single "Ku Ada Untukmu" sendiri akan masuk ke album, tetapi Bayu Risa menuturkan bahwa pendengar akan kaget jika mendengarkan materi lagu yang lain kalau dibandingkan dengan single tersebut.

Untuk sound yang diusung di album ketiga ini, pelantun "Changes" itu masih merahasiakannya. Tetapi tetap menyimpan benang merah elektronik dan unsur-unsur seperti funk, northern soul dengan aransemen masa kini serta tentunya dengan gaya khas Bayu Risa.

"Nuansa (musik) sih dibawa balik lagi ke tahun 70-an. Dari sound drumnya. Tapi gak ditentuin sound-nya (seperti) 'Oh ini Marvin Gaye, ini The Temptations' (Tidak mengacu band tertentu). Ada dari instrumen harmoni 80-an juga. Referensinya terlalu banyak," jelasnya.

Namun Bayu Risa belum bisa memastikan kapan album ketiganya itu akan dirilis. Kini ia fokus menyiapkan single terbaru untuk dilepas dan menyebarkan musiknya ke khalayak luas.

Artikel Selanjutnya
Pernah Diduakan, Cathyn Ungkap Kekecewaan Lewat Lagu
Artikel Selanjutnya
Judika Sebut Album Terbarunya Paling Mahal