Sukses

Cerita Anime Ini Bikin Penonton Trauma

Liputan6.com, Jakarta - Tayangan anime atau animasi Jepang sudah sejak lama menghiasi layar kaca Negeri Sakura. Dimaksudkan sebagai salah satu bentuk hiburan masyarakat usia anak-anak dan remaja, beberapa anime kerap disinggungkan dengan alur cerita yang hanya bisa dinikmati orang dewasa.

Selain itu, beberapa anime populer yang ditujukan untuk audiens umum juga menyelipkan adegan-adegan tragis. Kontan saja kemunculan momen tersebut membuat para pemirsanya mengalami trauma.

Alhasil, mereka yang trauma enggan menyentuh kembali apapun yang berkaitan franchise anime tersebut. Namun begitu, tak semuanya terbawa alur cerita memilukan itu. Apalagi, biasanya skenario tragis diganti dengan adegan-adegan ceria untuk mengobati luka para penonton.

Uniknya, ada juga televisi yang akhirnya melarang salah satu episode traumatis karena dianggap tak layak disaksikan masyarakat pada umumnya. Banyak juga anime populer yang nasib tokoh utamanya berakhir menyedihkan.

Salah satu episode menyedihkan antara Princess Serenity dan Tuxedo Bertopeng dalam Sailor Moon.

Langsung saja kita menelusuri apa saja judul-judul anime Jepang yang sempat membuat beberapa penontonnya trauma lewat sebuah adegan. Selengkapnya, ikuti daftarnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Minky Momo

Minky Momo menjadi salah satu anime yang cukup populer di Tanah Air. Tema yang disajikannya sangat erat dengan hal-hal terkait sihir dan dunia perempuan. Namun begitu, ada beberapa adegan yang dirasa hanya bisa dinikmati oleh para pemirsa dewasa. Salah satunya adalah episode meninggalnya sang putri.

Penonton dibuat trauma dalam sebuah episode, ketika Minky Momo yang kehilangan kekuatan, mengambilkan sebuah bola bisbol di jalan raya. Saat itu, seorang anak kecil sedang melintas di tengah jalan. Belum, sempat menyingkir dari situ, tiba-tiba saja sebuah truk melintas cepat dan langsung menghindari anak kecil tersebut.

Nahasnya, Momo malah menjadi korban tabrakan hingga meninggal dunia seketika. Orangtua dan rekan-rekannya membuatkan kuburan untuk Momo. Beruntung kisah selanjutnya yang dibalut dengan unsur reinkarnasi membuat beberapa penonton tersenyum.

2 dari 6 halaman

2. Sailor Moon

Anime Sailor Moon yang sempat digandrungi penggemar laki-laki maupun perempuan, mengusung tema fantasi dan laga yang sarat dengan drama. Kisah yang didominasi lima pendekar perempuan itu, pernah membuat para penggemar berurai air mata di akhir cerita yang menyedihkan.

Empat karakter yang menemani aksi Sailor Moon di sepanjang cerita, dikisahkan tewas satu persatu satu. Mereka kehilangann nyawa dengan tragis saat melindungi sang tokoh utama, Usagi Tsukino alias Sailor Moon dari serangan musuh terkuat.

Momen final tersebut sempat membuat beberapa penggemar frustasi. Namun untungnya, nyawa mereka kembali dengan satu konsekuensi yang mengharukan.

3 dari 6 halaman

3. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Nama Kenshin Himura tentu tak asing lagi di ingatan para pecinta anime dan manga era 1990-2000-an. Kita mengenal sosoknya sebagai tokoh utama dalam kisah Rurouni Kenshin (Samurai X) yang sangat legendaris.

Namun, para penggemar terpaksa harus mengalami trauma dan enggan mengenang kembali kisah ini sejak nasib sang samurai baik hati itu kehilangan nyawanya sebelum memasuki usia senja.

Dalam sebuah anime OVA (video rumahan) kedua berjudul Rurouni Kenshin: Reflection (Rurouni Kenshin: Seisohen), Kenshin meninggal di pelukan Kaoru, teman lama yang menjadi istrinya. Kenshin pun meninggalkan anak semata wayangnya yang bernama Kenji.

4 dari 6 halaman

4. Devilman

Devilman menjadi salah satu manga dan anime paling kontroversial dan tak mungkin dipasarkan di Tanah Air. Meskipun film hidupnya pernah ditemui melalui video rumahan, namun versi anime dan manga memiliki unsur kekerasan yang membuat kita merasa miris dan perih.

Salah satu episode klimaks dalam anime, diperlihatkan bahwa banyak orang mati yang menyatu dengan satu monster mengerikan. Namun begitu, wajah dan ingatan mereka masih tersisa. Jeritan-jeritan penderitaan terus menghantui Devilman dan sukses membuat penonton trauma dengan franchise satu ini.

5 dari 6 halaman

5. Bakabon

Serial anime Bakabon yang sempat mengudara di televisi Indonesia, memang selalu mengundang gelak tawa pemirsa. Siapa tak geli melihat kelakuan konyol ayah dari Bakabon yang selalu bertindak di luar batas itu?

Di Jepang sendiri, terdapat satu episode yang dilarang tayang oleh pihak televisi karena ditakutkan bakal mengundang trauma masyarakat yang menontonnya.

Episode tersebut memperlihatkan ulah ayah Bakabon yang menjadi penyebab kebakaran besar sebuah bangunan. Parahnya, bangunan yang secara tak sengaja dibakar oleh ayah Bakabon itu, masih dihuni oleh banyak orang. Sebagian besar penghuni di dalam bangunan, secara tersirat digambarkan menjadi korban kebakaran konyol itu lewat jeritan-jeritan histeris.(Des)

Artikel Selanjutnya
Reza Rahadian Alami Kejadian Mistis di Gerbang Neraka?
Artikel Selanjutnya
Curhatan Netizen: Pipis di Celana Setelah Nonton Film Annabelle