Sukses

6 Film Horor Ini Bikin Kamu Takut di Rumah Sendirian

Liputan6.com, Jakarta Fungsi utama rumah, jelas sebagai tempat berlindung. Namun untuk sineas film horor, rumah justru menjadi salah satu tempat yang paling cocok untuk menjadi latar peristiwa mengerikan.

Coba saja dihitung, berapa banyak film horor yang memotret peristiwa mistis yang terjadi di rumah. Mulai dari film Hollywood seperti The Amityville, Ju On dari Jepang, hingga Rumah Kentang dari Indonesia.

Misaki Saisho pertama kali memerankan Kayako Saeki di Ju-on: Beginning of the End.

Film yang menggunakan premis rumah berhantu, memang telah memiliki sejarah yang panjang, bahkan sejak awal abad ke-20. Tampaknya, konsep tentang sebuah tempat berlindung yang berbalik menjadi pusat teror, adalah satu hal yang masih dianggap menarik.

Tak hanya itu, rumah yang merupakan tempat yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, menjadikan setting ini makin manjur untuk menakut-nakuti penonton.

Tak percaya? Coba saja ingat-ingat adegan mengerikan dalam enam film horor ini. Mungkin, Anda bakal ketakutan saat berada di rumah sendirian:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ju On: The Grudge

Pernahkah Anda tiba-tiba terbangun tengah malam tanpa bisa menggerakkan badan sedikit pun? Orang Indonesia biasa menyebutnya ketindihan, sementara bahasa kerennya sering disebut sebagai sleep paralysis. Hal ini juga yang dirasakan oleh Rika Nishina satu malam. Ia terbangun satu malam tanpa mampu menggerakkan jarinya sedikit pun.

Yang lebih mengerikan, wajah pucat Kayako berada persis di atas kepala Rika yang tengah tidur telentang. Mata setan itu mendelik, sementara Rika tak mampu mengalihkan pandangan dari makhluk mengerikan tersebut. Di ujung tempat tidur, Toshio yang tak kalah pucat dengan Kayako, duduk mengamati Rika yang ketakutan.

Tak hanya itu 'adegan ranjang' yang menakutkan dalam Ju On: The Grudge. Hitomi, salah seorang perempuan yang pernah berkunjung ke kediaman Kayako, diikuti makhluk tersebut sampai ke apartemennya.

Di kamarnya, kejadian-kejadian aneh mulai mengganggunya. Bel pintu berbunyi tanpa ada orang yang menekannya, telepon mengeluarkan suara seperti orang tercekik, televisi pun menampilkan gambar mengerikan. Tak tahan dengan kejadian yang menimpanya, Hitomi lantas membentengi dirinya di balik selimut di atas kasurnya.

Apa yang terjadi? Kayako telah menunggunya di balik selimut.

3 dari 7 halaman

The Ring

Yang ini, adalah salah satu film horor Asia paling fenomenal. Tak ada penggemar film horor yang tak familiar dengan adegan saat Sadako, setan dalam film ini, memanjat keluar dari televisi untuk menghabisi nyawa korbannya.

Tanda kedatangan Sadako adalah kala televisi, satu benda yang bisa dibilang ada di setiap rumah ini, menyala dalam posisi statis.

Posisi statis dalam film tersebut tiba-tiba berganti dengan gambar sebuah sumur tua di tengah hutan. Lalu seorang gadis dengan rambut panjang menjuntai menutupi wajah, muncul dari dalam sumur. Dengan gontai, Sadako atau dalam versi Hollywood disebut Samara ini, merangkak keluar dari televisi. Sambil berjalan seakan tulang-tulang di sekujur tubuhnya patah, ia mendekati korbannya.

Berkat adegan ini, mungkin jantung Anda sontak berdegup kencang begitu bila televisi tiba-tiba berubah menampilkan gambar statis. Yang jelas, Anda akan tetap aman selama tidak ada seorang perempuan berambut panjang tiba-tiba muncul di TV.

4 dari 7 halaman

Pengabdi Setan

Bila Anda memiliki kamar dengan jendela yang menghadap ke luar ruangan, mungkin adegan dari film Pengabdi Setan ini akan membawa mimpi buruk buat Anda.

Adegan yang dimaksud, adalah kala Tomi, sedang bersiap beristirahat di kamarnya. Namun dari jendela, ia menyaksikan pemandangan yang membuat bulu kuduknya berdiri.

Dari balik jendela, seorang perempuan pucat berambut awut-awutan dengan bola mata putih tengah mengetuk-ngetuk jendela. Yang lebih mengerikan, perempuan itu berwajah persis dengan ibu Tomi yang baru saja meninggal dunia

Setelah menonton adegan ini, apa Anda masih berani tidur dengan membiarkan jendela tak tertutup tirai?

5 dari 7 halaman

The Grudge

Coba bayangkan sejenak adegan dalam film The Grudge ini.

Dalam adegan yang juga muncul dalam film aslinya yang berjudul Ju On ini,  sang karakter utama tengah mencuci rambutnya di pancuran kamar mandinya.

Namun saat sedang asyik menggosok kulit kepalanya, tiba-tiba muncul tangan misterius dari sela-sela rambutnya. Dengan kaget, ia langsung berbalik mencari sang pemilik tangan. Namun, tak ada siapa pun di belakangnya.

6 dari 7 halaman

Jelangkung

Salah satu film Indonesia paling fenomenal di awal era 2000-an adalah Jelangkung. Hampir dua windu berlalu, sejumlah adegan mengerikan di film ini masih mampu meneror penontonnya.

Salah satu adegan yang membuat bulu kuduk berdiri, adalah adegan kala Ferdi (Winky Wiryawan) tengah melewati ruang televisi yang lampunya dimatikan. Ia curiga begitu melihat adiknya tengah menonton televisi di kegelapan. Wajah sang adik yang terlihat kosong, membuat perasaannya makin tak enak.

Ia semakin terkejut melihat adiknya ternyata sedang berada di kamar mandi. Ia pun mengajak sang adik untuk menyergap sosok di depan televisi tersebut. Namun ternyata, sosok di belakangnya lah yang kemudian menghilang.

Adegan lain, adalah kemunculan Suster Ngesot yang membayangi Gita (Melanie Ariyanto) kala ia tengah mencoba tidur. Di celah pintu kamarnya yang sedikit terbuka, ia melihat satu sosok pucat makhluk halus ini di luar kamarnya.

7 dari 7 halaman

The Eye

Untuk Anda yang tinggal di apartemen dan membutuhkan lift untuk sampai ke rumah, mungkin adegan dalam film The Eye ini akan sedikit mengganggu Anda.

Dalam adegan ini, seorang gadis muda yang baru saja menerima donor mata, Mun, hendak menuju ke apartemennya yang terletak di lantai atas. Dari lantai dasar, ia menaiki sebuah lift kosong sendirian.

Setelah lift menutup dan mulai berjalan, Mun tiba-tiba menyadari bahwa ada seorang pria tua di belakangnya. Pria ini, pelan-pelan melayang mendekatinya. Pria berwajah penyok itu tersebut makin dekat dengan Mun yang gemetar ketakutan, sementara lift terasa berjalan sangat lambat ke atas.

Jadi, masih berani naik lift sendirian?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.