Sukses

6 Film Horor Ini Bisa Ditonton Anak-Anak

Inilah 6 film horor yang masih dapat ditonton anak-anak tetapi tetap bisa membuat bulu kuduk merinding.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian anak kecil, menonton film horor adalah suatu pengalaman yang tak terlupakan. Kadang terdapat adegan-adegan seram di film yang melekat di ingatan sang bocah hingga bertahun-tahun tak pudar, bahkan bisa menimbulkan trauma.

Namun ada juga anak kecil yang tak takut akan kengerian yang ditawarkan oleh film horor. Suatu kebanggaan tersendiri baginya bisa menonton film horor tanpa sekalipun mencoba menutup mata.

Maka kehadiran orang dewasa sangat diperlukan untuk mendampingi sang bocah ketika menonton film seram. Anak-anak akan merasa aman jika menonton ditemani oleh ayah, ibu atau kakaknya.

6 film horor ini bisa ditonton anak-anak

Karena kadang bukan hanya hantu saja yang muncul, tetapi berbagai adegan yang menampilkan bermacam kekerasan yang tidak patut ditonton oleh anak-anak.

Untuk turut merayakan Halloween mendatang, berikut ini adalah deretan film-film bertema horor yang aman ditonton anak-anak. Tak ada hantu yang mengerikan, tak ada psikopat yang mengancam, tetapi film-film ini tetap mencekam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Casper (1995)

Semua pasti sudah tidak asing dengan hantu baik hati ini. Bercerita tentang seorang ayah dan anak gadisnya bernama Kat yang pindah ke sebuah rumah yang menyeramkan. Ternyata rumah itu dihuni oleh hantu bocah berusia 12 tahun bernama Casper dan tiga pamannya bernama Stretch, Stinkie dan Fatso.

Keseruan demi keseruan dialami oleh Kat dan Casper. Dari menggelar pesta Halloween di rumahnya hingga menguak masa lalu Casper yang ia tak ingat.

6 film horor ini bisa ditonton anak-anak

Film yang dirilis tahun 1995 ini juga sedikit diberi bumbu romantis antara Casper dan Kat. Walaupun dinilai kurang bagus oleh kritikus film, Casper sukses meraup keuntungan besar dan disukai oleh para keluarga. Ya, Casper memang film yang menghibur.

3 dari 7 halaman

2. The Haunted Mansion (2003)

Film ini terinspirasi dari sebuah wahana rumah hantu di Disneyland. Film yang dibintangi oleh Eddie Murphy ini bercerita tentang seorang agen perumahan yang menangani seorang klien yang ingin menjual rumahnya.

Eddie Murphy lalu memboyong keluarganya untuk tinggal di rumah besar tersebut yang berlokasi di rawa-rawa. Saat tinggal di sana, ia dan keluarganya mulai mengalami hal-hal janggal yang nantinya akan berkaitan dengan masa lalu sang istri.

Guillermo del Toro menjelaskan bahwa ia telah mengerjakan naskah Haunted Mansion bersama pihak Disney beberapa waktu lalu.

Film horor komedi ini dirilis pada tahun 2003 dan menjadi film Disney keempat yang diangkat dari wahana permainan di Disneyland.

4 dari 7 halaman

3. The Nightmare Before Christmas (1993)

Film animasi stop motion musikal ini begitu ikonik, dengan sang karakter utama bernama Jack Skellington. Bercerita tentang seorang makhluk tulang belulang bernama Jack yang hidup di Halloween Town bersama makhluk-makhluk lainnya seperti hantu, monster, zombie, mumi, vampir dll.

Jack bosan dengan perayaan yang ada di kota yang suram itu dan ingin mencoba merayakan Natal di sana. Tetapi ternyata rencananya tidak semulus yang ia kira.

6 film horor ini bisa ditonton anak-anak

Film yang dirilis di tahun 1993 ini disutradarai oleh Henry Selick dengan karakter dan cerita rekaan dari Tim Burton. Film ini menampilkan suasana yang kelam ala Tim Burton yang sudah menjadi ciri khasnya.

Awalnya Disney tidak ingin merilisnya karena dianggap terlalu kelam dan menakutkan bagi anak-anak. Sekarang The Nightmare Before Christmas bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia dan kerap diputar tiap Halloween maupun Natal, dan kini telah dianggap sebagai film animasi klasik.

5 dari 7 halaman

4. Hocus Pocus (1993)

Lagi-lagi dari Disney. Bercerita tentang tiga penyihir wanita yang hidup dari tahun 1693 kemudian bangkit kembali dan meneror anak-anak di kota itu. Walaupun terdengar seram, fiilm ini bergenre horor komedi.

Film yang dirilis tahun 1993 ini dibintangi oleh Bette Midler, Kathy Najimy dan Sarah Jessica Parker.

6 film horor ini bisa ditonton anak-anak

Film ini digemari oleh warga AS dan jadi tontonan wajib ketika Halloween tiba. Hingga akhirnya film ini mendapat status cult bagi para penggemarnya.

6 dari 7 halaman

5. The Addams Family (1991)

Film ini diadaptasi dari komik dan serial legendaris berjudul sama. Menceritakan sebuah keluarga eksentrik yang dianggap aneh oleh orang luar karena penampilan mereka. Keluarga Addams terdiri dari sang ayah Gomez dan sang ibu Morticia serta kedua anaknya Wednesday dan Pugsley, sang paman Fester, nenek Grandmama dan asisten rumah tangga Lurch serta makhluk berupa tangan bernama Thing.

Filmnya sendiri dirilis pada 1991 dan menampilkan deretan aktor dan aktris seperti Anjelica Huston, Raúl Juliá, Christopher Lloyd dan Christina Ricci.

6 film horor ini bisa ditonton anak-anak

Potret keluarga Addams sangat ikonik dan populer sehingga kerap dijadikan dandanan saat Halloween.

7 dari 7 halaman

6. Frankenweenie (2012)

Satu lagi karya dari Tim Burton. Film animasi hitam putih ini menceritakan seorang bocah yang kehilangan anjing peliharaannya karena tertabrak mobil. Suatu hari ia mencoba menghidupkan kembali sang anjing dan ternyata berhasil, Tetapi masalah demi masalah mulai timbul karenanya.

6 film horor ini bisa ditonton anak-anak

Frankenweenie merupakan versi daur ulang dari film pendek berjudul sama yang Tim Burton pernah kerjakan di tahun 1984. Film ini juga sebagai penghormatan bagi film horor klasik Frankenstein dan film-film horor kelas B lainnya.

Walaupun tema yang diangkat cukup kelam (khas Tim Burton), tetapi film ini tetap mengharukan jika disaksikan oleh anak-anak.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini