Sukses

Janet Jackson, dari Simbol Seks sampai Berhijab

Liputan6.com, Los Angeles - Janet Jackson, sosok penyanyi wanita bersuara merdu itu, dikenal juga sebagai mendiang adik Michael Jackson. Kariernya di dunia hiburan selama 30 tahun telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan musik dunia. Namun, ia kerap bersinggungan dengan hal-hal berbau seksual di beberapa karyanya.

Wanita kelahiran 16 Mei 1966 ini merupakan anak termuda di keluarga Jackson. Janet pertama kali tampil di atas panggung pada usia tujuh tahun bersama grup keluarganya, The Jackson 5. Tak hanya itu, Janet Jackson juga pertama kali berakting dalam variety show bertajuk The Jacksons.

Michael Jackson (tengah) berpose bersama anggota The Jackson 5, Tito, Randy, Jackie dan Marlon. Debut aktif mereka dari tahun 1966 hingga 1990. Pada tahun 1971 Jacko memulai karir solonya. (Antara)

Kontrak rekaman pertama Janet Jackson dilakukannya pada usia 16. Alhasil pada 1982, Janet telah merilis album perdananya yang diberi judul namanya sendiri, Janet Jackson. Peran serta sang ayah, Joseph Jackson, sangat besar dalam karier Janet Jackson.

Dari situlah Janet Jackson terus mengembangkan bakat musiknya di setiap album. Sejak merilis album kelima berjudul Janet pada 1993, mantan istri Rene Elizondo, Jr. ini mulai menjadi salah satu sex symbol. Ia bereksplorasi dengan hal-hal seksual di beberapa lagu dalam albumnya itu. Terlebih lagi, Janet juga tampil seksi dalam debut film berjudul Poetic Justice yang rilis di tahun yang sama.

Janet tak hanya membuat lagu-lagu bernuansa seksi. Namun, ia juga beberapa kali membuat publik tak berkedip. Salah satunya adalah di tahun 1993 ketika Janet Jackson memamerkan foto untuk sampul majalah. Di situ ia bertelanjang dada dengan tangan seorang pria menutupi payudaranya dari belakang. Diketahui belakangan bahwa pria tersebut adalah suaminya saat itu, Rene Elizondo, Jr.

Setelah itu, tak terhitung sudah berapa kali Janet Jackson tampil di panggung maupun videoklip dengan kostum yang membuat lekuk tubuhnya terlihat seksi. Salah satu yang sempat menjadi kontroversi adalah pada Februari 2004 ketika ia berduet dengan Justin Timberlake dalam panggung hiburan untuk liga sepak bola Amerika Super Bowl XXXVIII.

Di akhir penampilan saat membawakan lagu "Rock Your Body", Justin membuka sebagian kostum Janet mulai dari dada kanan dalam rangka penghayatan lirik. Namun karena kesalahan teknis, Justin Timberlake malah tak sengaja membuat payudara kanan Janet terlihat. Akhirnya, Janet Jackson minta maaf dengan alasan kesalahan kostum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kehamilan dan Mengenakan Hijab

Pada 2012, Janet Jackson menikahi suami ketiganya, seorang miliarder asal Qatar, Wissam Al Manna. Setelah menikahi Al Manna, dikabarkan bahwa Janet langsung memeluk agama Islam. Janet Jackson kini sedang hamil anak pertamanya. Pelantun "All for You" ini mengandung untuk pertama kalinya di usia 50 tahun.

Oktober 2016 menjadi masa bahagia bagi Janet Jackson hingga ia mengumumkan bahwa dirinya sedang menantikan anak pertamanya. Sejak menikah dengan Al Manna, Janet Jackson kerap dianggap selalu bersembunyi dari publik, dan jarang muncul di muka umum.

Media Inggris Mirror juga memberitakan bahwa saat Janet Jackson berbelanja di London bersama suaminya setelah hamil, ia tampak menutupi tubuhnya dari ujung rambut sampai ujung kaki. Hanya wajah dan telapak tangannya saja yang diperlihatkan. Senada dengan suaminya, Janet Jackson berpakaian serba hitam sambil mengenakan penutup kepala hitam. Ia melapisinya dengan bolero besar yang dilengkapi hoodie.

Janet Jackson terlihat mengenakan baju tertutup. (mirror.co.uk)

Sejak menikah dengan Al Manna, Janet Jackson dikabarkan menetap di ibu kota Qatar, Doha. Menurut Mirror, Janet Jackson sempat mengalami kesulitan tinggal di kota tempat suaminya itu. Pasalnya, aturan berpakaian di negara muslim tersebut sangat ketat bagi wanita.

Sebelumnya, saat pertama kali bertemu di tahun 2010, Janet Jackson dan Al Manna menyembunyikan hubungan mereka dari publik. Publik baru mengetahui hubungan mereka sebagai pasangan, satu tahun setelah keduanya menikah. Janet Jackson memang kini dikenal sebagai pesohor yang sangat menjaga privasinya.

Janet Jackson (Vibe.com)

Kabar kehamilannya sendiri sudah dicium oleh para penggemar sejak April 2016. Saat itu, Janet Jackson mengatakan pada penggemarnya, "Suamiku dan aku sedang merencanakan keluarga kami." Salah satu penyanyi wanita tersukses di dunia ini lalu menunda tur setelah menyampaikan hal tersebut.

Janet Jackson akhirnya berbicara secara terbuka tentang kehamilannya pada Oktober 2016. Ia sempat berpose dengan perut buncitnya untuk majalah People sambil mengatakan, "Kami berterima kasih pada Tuhan untuk berkah yang kami terima."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.