Sukses

4 Penyanyi Ini Gemar Terjun ke Penonton Saat Konser

Empat penyanyi ini gemar melakukan aktivitas stage diving, walaupun tak semuanya berjalan mulus hingga pernah menyebabkan kematian.

Liputan6.com, Jakarta - Terjun dari panggung ke penonton atau stage diving adalah hal yang lumrah terjadi di konser-konser musik, khususnya konser musik rock, metal dan punk. Aktivitas itu kerap dilakukan baik oleh penonton maupun oleh anggota bandnya sendiri.

Stage diving diketahui sudah ada sejak dekade 1960-an. Dalam konser The Rolling Stones di Belanda pada 1964 tampak aktivitas tersebut sudah terjadi. Bahkan vokalis The Doors, Jim Morrison, sudah hobi melakukan stave diving dalam konser-konsernya di era tersebut.

Ternyata tak hanya anak band saja yang gemar melakukan stage diving, tetapi salah satu calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, juga melakukan hal serupa. Dalam acara sosialisasinya,  baru-baru ini, Agus Harimurti Yudhoyono tampak terjun dari atas panggung menuju ke kerumunan simpatisannya.

Lalu siapa saja musikus yang suka melakukan stage diving ke penonton? Berikut ini adalah empat penyanyi yang gemar melakukan aktivitas tersebut, dan ternyata tak semuanya berjalan mulus hingga pernah menyebabkan kematian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Iggy Pop

Legenda musik rock ini disebut menjadi salah satu yang bertanggung jawab dalam mempopulerkan stage diving. Iggy Pop memang dikenal dengan aksi panggungnya yang liar. Dengan gaya khas telanjang dadanya, ia selalu tak bisa diam di atas panggung.

Iggy Pop bersama bandnya, The Stooges, dianggap sebagai salah satu pionir musik punk rock, karena ia telah memainkan musik rock yang slebor dari akhir dekade 60-an.

Iggy Pop

Walaupun kini telah berusia 69 tahun, Iggy Pop masih aktif bermusik dan merilis album. Yang terbaru adalah album Post Pop Depression yang dirilis tahun ini.

3 dari 5 halaman

2. Eddie Veder

Vokalis Pearl Jam ini juga dikenal akan aksinya yang liar di panggung. Apalagi saat Pearl Jam masih di awal kariernya, Eddie Veder tak segan-segan memanjat ke atas atap panggung dan melompat menuju ke arah penonton.

Aksi nekatnya tersebut banyak yang terekam dan kini bisa dilihat di internet 

Eddie Vedder

Tetapi sekarang pria 51 tahun itu sudah tak melakukan stage diving lagi dan merasa ngeri jika mengingat-ingat masa mudanya dulu.

4 dari 5 halaman

3. Randy Blythe

Sebagai vokalis band metal tersohor Lamb Of God, Randy Blythe kerap menunjukkan aksi liar di atas panggung, termasuk stage diving. Tetapi ternyata aksinya itu menelan korban.

Pada konser Lamb Of God di Praha di tahun 2010, Randy mendorong penonton yang naik ke atas panggung untuk stage diving. Ternyata penonton itu jatuh dengan posisi kepala dahulu dan mengalami koma selama berminggu-minggu hingga ajal menjemputnya.

Randy Blythe vokalis Lamb of God (TheSun.co.uk)

Saat itu sempat dikabarkan bahwa penyebabnya adalah Randy Blythe yang terjun ke penonton, tetapi saat pengadilan Randy mengaku mendorong fans tersebut karena ia tidak nyaman dengan kehadiran penonton di atas panggung. Awalnya Randy sempat didakwa bersalah hingga kemudian setelah bukti-bukti dikumpulkan akhirnya diputuskan tak bersalah.

5 dari 5 halaman

4. Iggy Azalea

Rapper wanita ini ternyata hobi melakukan stage diving di awal kariernya. Walaupun seorang wanita, ia tak risih jika terjun ke penonton.

Namun lama-kelamaan akhirnya ia kapok dan berhenti melakukan itu lantaran kerap dilecehkan oleh para pria yang ada di kerumunan penonton. Bahkan kadang fans wanitanya juga melakukan itu.

Iggy Azalea (Pinterest)

Awalnya sebagai pencegahan, Iggy Azalea mengenakan celana sampai lapis tiga. Tapi akhirnya ia berhenti total melakukan itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini