Sukses

Artis Indonesia Ini Pernah Raih Penghargaan Internasional

Beberapa artis Indonesia pernah membuktikan prestasinya dengan menyabet penghargaan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Di mata para pelaku seni, mendulang prestasi di negeri sendiri memang sangat membanggakan. Terlebih lagi kalau karya-karya para artis Tanah Air bisa dinikmati dan mendapatkan apresiasi hingga di luar negeri.

Kita semua mengetahui begitu banyaknya potensi yang dimiliki oleh deretan artis Tanah Air, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia musik. Sehingga, bisa meraih penghargaan di luar negeri bukan cuma sekedar mimpi.

Nama Raisa muncul sebagai pemenang MAMA 2014 sebagai Asian Artist of The Year From Indonesia (Artis Asia Terbaik dari Indonesia).

Itu terbukti dengan munculnya nama-nama artis Indonesia dalam beberapa ajang penghargaan musik internasional. Kontan saja hal tersebut membuat para penggemarnya berbangga hati dengan prestasi idola mereka.

Hebatnya, artis-artis berprestasi ini tidak langsung terlena dengan penghargaan yang diberikan. Mereka malah semakin semangat dalam dan produktif dalam berkarya. Salah satunya bahkan terus mendedikasikan hidupnya untuk musik hingga akhir hayat.

Mengingat kembali siapa saja artis Indonesia yang meraih penghargaan di luar negeri, berikut nama-nama yang sempat menjadi buah bibir masyarakat berkat prestasi mereka. Simak daftarnya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Raisa

Selama berkarier sebagai penyanyi, Raisa Andriana tak hanya menerima penghargaan di dalam negeri semata. Wanita kelahiran 6 Juni 1990 ini pernah mendulang prestasi membanggakan di luar negeri

Kerja keras Raisa selama menjadi penyanyi membuahkan hasil membanggakan. Pelantun "Serba Salah" itu berkali-kali meraih penghargaan yang bisa dianggap bergengsi di kancah musik internasional.

Pada ajang Mnet Asian Music Awards 2014 di Hongkong, Raisa memenangkan Best Indonesian Female Artist. Tak sampai situ saja. Di Anugerah Planet Muzik 2012, Raisa memenangkan Artis Baru Wanita Terbaik dan Artis Wanita Terbaik dalam Anugerah Planet Muzik 2015.

Penghargaan internasional yang baru-baru ini diraihnya adalah Artis Wanita Terbaik dalam Anugerah Planet Muzik 2016. Perlu diketahui kalau Anugerah Planet Muzik adalah ajang penghargaan kepada para musisi yang eksis di sekitar Malaysia dan Indonesia. Sejak 2009 hingga kini, ajang tersebut digelar di Singapura.

3 dari 7 halaman

Burgerkill

Mengusung musik metal di Indonesia bukan halangan bagi Burgerkill untuk bisa berprestasi. Band yang terdiri dari lima pria metalhead ini, sukses mengantongi penghargaan internasional pada 2013 lalu.

Burgerkill bersinar di Metal Hammer Golden Gods Awards 2013 dengan meraih penghargaan untuk kategori "Metal As F*ck". Perlu diketahui, acara yang digelar di Los Angeles, AS, tersebut merupakan salah satu ajang penghargaan tertinggi untuk musisi metal dunia.

Prestasi yang dicapai oleh Burgerkill melalui penghargaan tersebut, dianggap mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para personel band asal Bandung itu serta para penggemarnya.

4 dari 7 halaman

Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi yang namanya sukses melanglang buana ke seluruh dunia, belakangan ini meraih penghargaan bergengsi "Keys of the City Award" di Florence, Italia. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wali Kota Florence.

Pihak wali kota memberikan penghargaan tersebut karena Anggun dianggap sebagai sosok penting di bidang seni dan budaya. Pihak wali kota juga memperkenalkan Anggun sebagai artis Indonesia yang sukses dalam memperkenalkan budaya serta nilai-nilai Indonesia di seluruh dunia.

Selain itu, Anggun juga sempat meraih penghargaan di World Music Awards 2014. Anggun memenangkan kategori Best Selling Indonesia Artist dalam ajang yang digelar di Salle des Etoiles, Monaco itu.

5 dari 7 halaman

Papinka

Musik berjenis pop Melayu memang suka dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia sendiri. Namun, Papinka justru mendapatkan banyak penghargaan internasional setelah konsisten berada di genre tersebut.

Band yang terdiri dari Chevra (vokal), BJ (drum), dan Andre (bass) itu, pernah meraih penghargaan di Malaysia dari New Way Karaoke dalam kategori "10 Lagu Terbaik" dan "5 Lagu Serantau" pada Oktober 2015.

Pada 22 November 2015, Papinka mendapat penghargaan dari Anugerah MACP 2015 di Malaysia untuk kategori "Lagu Luar Negara: Kategori Persembahan Terbanyak". Dalam ajang Sahabat Music Award 2015 di Hongkong, mereka menang di kategori Outstanding Band.

6 dari 7 halaman

Agnez Mo

Bicara penghargaan internasional, tak lengkap rasanya kala tak menyertakan Agnez Mo di dalamnya. Berkat kepiawaiannya sebagai penyanyi, Agnez Mo meraup cukup banyak penghargaan di sejumlah ajang luar negeri.

Wanita bernama asli Agnes Monica itu menyabet penghargaan di lima kategori dalam ajang JpopAsia International Music Awards 2010. Kategori tersebut adalah Favorites Artist/Band, Best Female Solo, Most Promising Artist/Band, Best Musical Ability (in Vocal and Instrumental), Sexiest Female Singer, Most want-to-be Girlfriend, dan Best Use of Social Media (Facebook dan Twitter).

Dalam ajang penghargaan di Jepang tersebut, Agnes sukses menaklukkan musisi wanita Asia lainnya, terutama Jepang. Sebut saja Yui, Ayumi Hamasaki, hingga Utada Hikaru dalam nominasi Best Female Solo. Sementara di nominasi Most Promising Artist/Band, Agnes mengalahkan boyband ternama Jepang seperti Arashi hingga KAT-TUN.

7 dari 7 halaman

Chrisye

Kalau diingat kembali, bagian ini bakal menimbulkan rasa haru sekaligus sedih. Kini kita akan membahas penghargaan yang pernah diraih oleh mendiang Chrisye. Salah satu legenda belantika musik Tanah Air itu pernah mengantongi penghargaan internasional setelah berkali-kali menang di negeri sendiri.

Berkat lagu "Kala Cinta Menggoda", Chrisye berhasil memenangkan penghargaan luar negeri. Lewat lagu itu, MTV Asia memberikan penghargaan kepadanya di ajang MTV Video Music Award South-East Asia pada 1998. Kemenangan tersebut juga diumumkan dalam ajang MTV Video Music Awards 1998 yang digelar di Los Angeles.

Sejak saat itu, karya-karya Chrisye semakin tersebar tak hanya di benua Asia, namun juga sampai ke Amerika. Meskipun telah menghembuskan nafasnya yang terakhir, sosok Chrisye selalu diingat sampai kapan pun melalui lagu-lagunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.