Sukses

Yuk Nostalgia dengan Lagu di Era 1990-an yang Masih Populer Ini

Era 1990-an juga penuh dengan lagu fenomenal yang kerap kali diputar. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 1990-an dianggap sebagai momen emas bagi beberapa orang yang saat ini sudah beranjak memasuki usia 40 tahunan. Suka dan duka dialami oleh mereka dalam menjalankan hidup, khususnya mengingat tentang cinta.

Anak tahun 1990-an, begitu kira-kira sebutan untuk generasi itu. Lagu-lagu yang diputar saat itu penuh dengan arti yang mendalam, dengan bahasa puitis yang terdengar indah.

Setiap liriknya membuat penikmat musik terbuai. Saat itu, menjadi masa dimana acara musik dengan kualitas yang bagus tengah berjaya. Bahkan, industri musik Tanah Air juga sangat bergairah.

Buktinya, beberapa lagu itu tidak hanya populer di era 1990an, tapi hingga kini masih didengar atau didendangkan. Apa saja sih lagu yang terlintas saat mendengar kata tahun 1990-an?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kangen

Lagu "Kangen" dibawakan Dewa 19. Jika mendengarkan lagu ini, terdengar kental dengan era 1990-an. Saat itu, vokalis Dewa 19 masih diisi oleh Ari Lasso dengan rambutnya yang masih gondrong ala band rock.

"Ku terima suratmu. Telah kubaca dan aku mengerti. Betapa merindunya dirimu akan hadirnya diriku. Di dalam hari-harimu bersama lagi," sepenggal lirik Dewa 19 dalam lagu Kangen.

Di zaman itu, gawai memang masih belum populer. Jadi, pasangan muda pun masih menggunakan surat untuk berkomunikasi atau bertukar pesan.

Kangen dirilis 1992 silam, ada di album pertama Dewa 19 dengan title yang sama Dewa 19. Album ini langsung laris manis di pasar musik dalam negeri, mendapatkan penghargaan Album Terlaris 1993 (Pop) dalam BASF Awards.

3 dari 7 halaman

Cantik

Lagu "Cantik" dari Kahitna dirilis 1996 silam, ada di album dengan judul yang sama. Lagu Cantik ini punya nuansa melodi yang unik, fussion. Tak hanya gitar rapi juga Sitar--alat petik tradisional India--membuat lagu ini makin nikmat didengar.

Selain itu, lirik lagunya yang menggoda membuat pendengar, khususnya wanita, akan makin terbuai. Lagu ini bercerita tentang kecantikan seorang wanita yang membuat kaum Adam terpana.

Saat itu, "Cantik" terus diputar di acara musik televisi dan radio-radio ternama. Bahkan, "Cantik" juga sering terdengar dibawakan oleh musisi jalanan.

"Cantik" rupanya masih berjaya hingga kini. Salah satunya, lagu "Cantik" dijadikan sebuah jungle iklan. Wajar saja, Kahitna pun juga masih eksis di industri hiburan Tanah Air selama lebih dari 20 tahun.

4 dari 7 halaman

Ada Cinta

Bening, girlband Tanah Air beranggotakan Vonny Cornelia (Vonny), Ditasiani Oktovie (Dita), Vera Soedibyo (Vera), dan Dewi Murniati (Dewi). Saat Spice Girls merajalela, Bening hadir dengan suara lembut dan vokalnya yang khas di tahun 1997 dengan single "Ada Cinta".

"Ada Cinta" rupanya diciptakan Yovie Widianto. " Ada cinta yang kurasakan saat bertatap dalam canda. Ada cinta yang kau getarkan saat ku resah dalam harap Oo indahnya," begitu sepenggal lirik lagu Ada Cinta.

Lagu tersebut ternyata berhasil menempati posisi di hati penikmat musik Tanah Air. Bahkan, lagu tersebut sering diputar dalam acara musik ternama, seperti MTV.

Lagu ini pernah dinyanyikan lagi oleh boyband SMASH pada 2008. Sayangnya, Bening tak lagi terdengar kabarnya sejak merilis album dengan judul single yang sama, Ada Cinta. Rencana reuni pun terbengkalai karena kesibukan personel.

5 dari 7 halaman

Inikah Cinta

Lagu "Inikah Cinta" dipopulerkan M.E, boyband Denny Saba, Didan Fitrasakti, Iravan Mirza, Ferry Iskandar M., dan Widi Cipto Utomo. Lagu itu menjadi "One Hit Wonder" dari M.E.

Saat itu. M.E seolah menjadi pemuas dahaga bagi penggemar musik yang telah dibombardir dengan boyband asing, seperti Boyzone, N'Sync, Westlife dan Backstreet Boys.

"Inikah Cinta" dirilis 1998 silam, terdapat di album Terbuka. Lagu "Inikah Cinta" memiliki melodi yang easy listening, dan lirik yang mudah diingat.

Setelah sukses dengan lagu itu, M.E pun bubar, tak terdengar lagi kabarnya. Lagu "Inikah Cinta" hingga kini masih dinyanyikan oleh artis lainnya, termasuk Julia Perez dan Ayu Ting Ting yang membawakannya di acara televisi swasta, baru-baru ini.

6 dari 7 halaman

Terlalu Manis

Slank, band yang dibentuk BimBim ini masih eksis hingga saat ini. Bahkan, Slank juga menyandang predikat Indonesia's Highest-Paid Music Star (bintang musik berbayaran termahal) pada tahun 2008 dan 2009 dengan honor Rp 500 Juta.

Salah satu lagu Slank yang masih populer adalah "Terlalu Manis" yang dirilis 1991 silam. Slank yang terinspirasi dari Rolling Stone ini membuat lagu yang manis dengan alunan melodi yang didominasi harmonika dan gitar.

Lagu "Terlalu Manis" ini pernah merajai deretan tangga lagu ternama di zamannya, MTV. Bahkan, sering diputar di acara televisi atau radio. Hingga kini, lagu "terlalu manis" seolah menjadi karya wajib bagi beberapa orang, masih dinyanyikan dalam acara perpisahan.

Pengguna aldi pratama sinuhaji menuliskan, "sumpah ini Slank. enggak bakal pernah bosen dengar lagunya."

7 dari 7 halaman

Mak Comblang

Saat dengar lagu 'Mak Comblang" akan teringat suara khas dari Melly Goeslaw yang merupakan personel potret. Sebelum sanagt populer sebagai solois atau pengarang lagu, Melly Goeslaw tergabung dalam Potret bersama, Anto Hoed (bass), Aksan Sjuman (drum), Nikita Dompas (gitar) dan Merry Kasiman (keyboard).

Lagu "Mak Comblang" dirilis 1997 silam, langsung menempati posisi teratas di tangga lagu ternama di Indonesia. Lagu ini memang sangat unik dan lucu.

Pasalnya lagu ini menceritakan Mak Comblang yang jatuh cinta kepada yang akan dicomblangkan. Lagu yang easy listening itu membuat penikmat musik belum bisa move on, menjadi ciri khas di era 1990-an.

Lagu ini masih didengarkan penikmat musik. Salah satunya, komentar dari Didik Tri Wibowo menuliskan, "siapa yang masih mendengarkan lagu ini di tahun 2016? ANgkat tangan! Kangen dengan lagu model ini."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini