Sukses

Hantu-Hantu Paling Terkenal di Dunia Hollywood

Sebelum perayaan Halloween digelar, mari kita simak hantu-hantu di dunia film Hollywood mana saja yang paling terkenal selama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Halloween yang jatuh pada tanggal 31 Oktober, selalu identik dengan makhluk-makhluk yang menyeramkan. Entah itu hantu dalam dongeng maupun legenda urban, masyarakat dunia yang merayakannya selalu menggelar parade maupun festival khusus hantu.

Halloween yang pertama kali dirayakan pada abad ke-18 itu, menjadi semakin populer di abad ke-20 ketika budaya pop ikut dimasukkan ke dalamnya. Salah satu yang menjadi bagian dari unsur budaya pop itu adalah film.

Film Ghostbusters karya sutradara Ivan Reitman.

Sebagian besar masyarakat benua Eropa dan Amerika pada abad ke-20, meniru karakter hantu dari film-film horor maupun horor komedi saat perayaan tersebut digelar di jalan. Dari berbagai karakter tersebut, banyak yang akhirnya dianggap ikonik.

Tentu saja saja karakter hantu ikonik yang ada, berasal dari film-film yang sangat populer di hampir seluruh masyarakat dunia. Seiring perkembangan zaman, karakter hantu pun bertambah bersamaan dengan film-film yang semakin banyak.

Untuk itu, setidaknya kita akan membahas hantu-hantu dari film Hollywood maupun Asia yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Berikut nama-nama yang patut diingat dalam rangka menyambut Halloween.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Beetlejuice

Dalam film Beetlejuice memang terdapat banyak karakter hantu yang menghiasi film ini. Namun, tentu saja karakter utama yang telah diunggulkan oleh sineas film berjenis horor komedi ini layak dianggap sebagai sosok yang ikonik.

Beetlejuice digambarkan sebagai sosok hantu yang menyimpan dendam dengan gaya yang khas. Sehingga, polahnya itu menjadi salah satu karakter yang paling dikenang oleh masyarakat seluruh dunia.

Bukan cuma tingkahnya. Beetlejuice juga memiliki tampilan unik yang tak terlupakan. Ia memiliki tubuh putih berbedak hingga wajah, rambut hijau, sambil memakai jas garis hitam putih a la narapidana Amerika Serikat.

3 dari 6 halaman

2. Casper

Sosok Casper tentu saja tak akan bisa dilupakan oleh siapapun di atas dunia ini. Memiliki bentuk tubuh anak kecil dengan kepala plontos dan tubuh putih transparan, Casper menjadi salah satu hantu ikonik dengan bentuk yang lucu.

Berawal dari cerita anak-anak, komik, animasi, hingga film, Casper telah dicap sebagai hantu yang bersahabat. Padahal, ia memiliki keseharian bersama kerabat-kerabatnya yang lebih tua dan suka usil menakuti manusia.

Lucunya, Casper selalu membuat orang lari tunggang langgang meskipun ia tidak memasang wajah yang seram. Bahkan hantu yang bisa bebas terbang ini sering menyamar sebagai manusia, meskipun berujung pada wujudnya yang terbongkar di hadapan manusia.

4 dari 6 halaman

3. Slimer (Ghostbusters)

Keberadaan Slimer di dunia sinema, pertama kali muncul dalam film Ghostbusters pada 1984. Karakter satu ini memiliki tubuh serba hijau dengan wajah yang bisa dibilang buruk rupa. Bahkan, Slimer suka meninggalkan jejak berupa cairan lengket saat menembus sesuatu.

Meskipun dalam film Slimer terlihat buruk rupa, namun ia digambarkan lucu ketika diadaptasi ke dalam serial animasi. Ia juga selalu terlihat menjengkelkan dan sangat menyukai makanan.

Ketika Slimer dijadikan tokoh utama salah satu serial kartun Ghostbusters, ia memiliki kebiasaan yang tak kalah menyebalkan. Suka sendawa sehabis makan.

5 dari 6 halaman

4. Sadako/Samara (The Ring)

Karakter hantu Sadako Yamamura aslinya berasal dari Jepang. Namun, sosoknya telah mendunia berkat penampilannya di layar lebar dalam franchise The Ring. Ia selalu muncul dari balik layar televisi melalui rekaman tape video yang diputar.

Berbeda dengan hantu-hantu sebelumnya, Sadako merupakan sosok yang mematikan. Ia mampu menciptakan kutukan setelah menampakkan diri hingga membuat orang yang telah melihat wajahnya tewas seketika.

Sewaktu film The Ring diadaptasi ke layar Hollywood, nama Sadako Yamamura diganti menjadi Samara Morgan. Seperti Sadako, Samara juga berasal dari rekaman tape video.

6 dari 6 halaman

5. Valak (The Conjuring 2)

Bagi yang sudah menonton Conjuring 2, tentu akan terbayang-bayang dengan sosok Valak. Hantu berpakaian biarawati itu memiliki wajah yang sangat seram dan membuat banyak pecinta horor susah tidur.

Meskipun baru diperkenalkan pada 2016 dalam The Conjuring 2, namun Valak digambarkan muncul di tahun 1970-an. Hantu satu ini juga bisa dibilang mematikan karena memiliki asosiasi dengan sosok iblis.

Nama Valak sendiri diambil dari sosok iblis kuno yang kerap bersinggungan dengan agama. Dalam The Conjuring 2, nama Valak juga dikaitkan dengan kitab suci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini