Sukses

Terlalu Seksi dan Sadis, 6 Videoklip Ini Gagal Tayang

Liputan6.com, Jakarta Videoklip dianggap sebagai representasi dari lagu yang dinyanyikan seorang penyanyi. Rata-rata isi video musik itu menceritakan tentang keseluruhan lagunya. Bahkan, video musik juga dianggap menjadi ciri khas atau maha karya bagi sang penyanyi atau musisi.

Mereka berlomba-lomba membuat videoklip yang terlihat bagus dengan berbagai ide. Wajar saja, pembuatan videoklip memerlukan biaya yang sangat besar untuk hasil yang sempurna.

Ide brilian yang dituangkan rupanya tak selamanya diterima oleh publik. Beberapa menyebutkan videoklip yang dibuat penyanyi di Hollywood ini terlalu seksi dan sadis. Dikhawatirkan mengajarkan hal yang negatif kepada masyarakat. Akhirnya, videoklip ini pun gagal tayang.

Apa saja videoklip yang dilarang tayang itu?

Madonna

Madonna merupakan salah satu artis legendaris yang selalu mendapatkan perhatian publik dengan karyanya. Salah satunya, lagu "What It Feels Like For A Girl" yang rilis tahun 2000.

Lagu ini menjadi karya paling kontroversi oleh Madonna, dilarang tayang di acara musik ternama MTV dan VH1. Videoklip lagu ini penuh dengan adegan kriminal, diakhiri dengan adegan bunuh diri.

Video What It Feels Like For A Girl dianggap memberikan contoh yang buruk. Tak hanya masyarakat, penggemar Madonna pun risih menyaksikan videoklip ini.

Christina Aguilera

Christina Aguilera merilis "Dirrty" pada 2002 silam. Videoklip Christina Aguilera ini mengejutkan berbagai pihak karena menampilkan adegan seks yang sangat eksplisit, diwartakan MTV.

Padahal, secara sepintas, video Dirrty ini hanya menampilkan orang yang tengah melakukan gulat. Christina Aguilera hanya menari di tengah ring dengan pakaian seksi-nya dan tarian vulgar.

Namun jika dilihat lebih jauh, tampak beberapa adegan seks yang membuat penonton geleng-geleng kepala. Akhirnya, video Dirrty ini dilarang ditampilkan di televisi secara utuh. Jika ingin tetap tayang, beberapa adegan harus di-edit.

Lady Gaga

Setelah Madonna, Lady Gaga juga menelurkan karya yang mendapatkan kritikan pedas dari publik. "Love Game" yang rilis 2009 oleh Lady Gaga dianggap sebagai `sampah`.

Videoklip ini membuat wanita terlihat seperti tak berharga. Dengan kata lain, melecehkan wanita. Dalam Love Game, Lady Gaga terlihat dilecehkan secara seksual oleh penari latarnya.

Selain itu, beberapa kalimat di lagu juga dianggap tak pantas untuk didengar. Akhirnya, lagu ini pun dilarang tayang di acara musik atau televisi.

Rihanna

Rihanna merilis "Man Down" pada 2010 silam. Videoklip Rihanna ini mendapatkan banyak kecaman karena dianggap terlalu sadis. Akhirnya Lembaga Pemerhati Televisi mengeluarkan surat melarang Man Down tayang.

Di video ini, terlihat adegan berdarah yang dilakukan Rihanna. Salah satunya, saat seseorang ditembak tepat di kepala. bahkan, ada juga saat kekerasan seksual terjadi. Terlihat Rihanna berlumuran darah.

MTV sempat menayangkan videoklip itu. Tak lama, langsung menghentikannya. Rihanna sempat kesal beranggapan video miliknya memberikan pelajaran berharga. Lewat media sosial, Rihanna menuliskan, "masyarakat terlalu naif dengan melindungi anak-anak dari videoklip seperti ini. Tapi, kalian tak bisa melindungi anak-anak dari dunia yang sesungguhnya."

M.I.A

M.I.A menelurkan lagu "Born Free" pada 2010 silam dengan keterangan "video ini membuat tak nyaman bagi beberapa orang." Peringatan itu ditujukan bagi penonton yang menyaksikannya di situs YouTube.

Alasannya, videoklip M.I.A tak boleh tayang di televisi karena mengandung kekerasan dan sadis. Bahkan, adegan dalam video itu terlalu ekstrem. Terlihat sekumpulan orang berambut merah disebar, berlarian di padang ranjau darat. Lalu, mereka juga ditembaki oleh tentara.

Tak lama, seorang anak tertangkap. Di salah satu adegan, tampak seorang anak berusia 12 tahun yang dieksekusi dengan ditembak di bagian kepala. Video M.I.A dianggap tak efektif dalam menyampaikan pesan genosida kepada masyarakat. Bukan pilihan yang tepat, menghilangkan kekerasan dengan kekerasan lainnya.

Nicki Minaj

Nicki Minaj tampil vulgar di video "Anaconda" yang rilis 2014 silam. Di video ini, Nicki tampil seksi mengenakan bikini keemasan. Di video tersebut, tidak saja Nicki yang tampil seksi, empat orang penari di video tersebut juga tampil berani.

Para penari mengenakan bikini mini berwarna hitam. Mereka menggoyang-goyangkan bokongnya sambil mengangkat kakinya tinggi-tinggi. Selain diramaikan dengan empat orang model seksi, video klip tersebut juga menampilkan model pria bertubuh kekar.

Akibat terlalu seksi, videoklip Nicki Minaj pun dilarang ditampilkan di televisi. Dikhawatirkan gerakan vulgar itu diikuti anak-anak di bawah umur, diwartakan Hollywoodlife, baru-baru ini.

Artikel Selanjutnya
Bikin Terpana, Lihat Joe Taslim Pamer Bentuk Tubuh di Pantai
Artikel Selanjutnya
Singkirkan BTS, Blackpink Rajai Chart Internasional