Sukses

6 Film Urban Legend Mengerikan Hantui Penonton

Liputan6.com, Jakarta Urban Legend atau legenda urban merupakan mitos atau legenda yang sering kali dipercaya oleh masyarakat.

Biasanya, cerita urban legend berkaitan dengan misteri atau horor, dikisahkan dari mulut ke mulut hingga menyebar dengan luas.

Bahkan, beberapa urband legend ada yang ceritanya dibesar-besarkan hingga menjadi sensasi. Namun kebenaran urband legend masih dipertanyakan, terkesan bias dengan dunia nyata.

Cerita urban legend yang menarik ini pun dihidupkan dalam gambar berjalan, membuat penonton ketakutan. Apa saja urban legend yang diangkat dalam film Hollywood?

Bloody Mary

Bloody Mary adalah kisah turun-temurun yang diceritakan di wilayah di Amerika. Dipercaya, Bloody Mary bisa memperlihatkan masa depan.

Jika menyebut nama "Bloody Mary" selama tiga kali sambil memandang cermin, dengan cahaya yang temaram, dia akan datang. Terkadang dengan sosok berlumuran darah yang mengerikan.

Urban legend ini akhirnya diangkat ke layar lebar. Pada 2006 silam. Film ini bercerita tentang sekelompok suster yang bermain "Bloody Mary" di ruanh bawah tanah rumah sakit.

Rupanya roh jahat Blodoy Mary menghantuir mereka. Satu demi satu, kematian misterius dialami oleh kelopok suster tersebut. Namun hanya satu orang yang selamat, berhasil menguak identitas roh jahat Bloody Mary itu.

The Hook

Urban legend yang penuh darah ini memang terdengar di wilayah negara-negara Barat mengenai seorang pembunuh berantai dengan arit di tangannya. Dia mengincar pasangan yang tengah menikmati momen bersama di tempat parkir.

Beberapa variasi mengenai cerita The Hook sempat beredar. Namun urband legend The Hook ini tetap sama, pembunuh berantai itu membunuh dengan kejam, memulai dengan menyiksa korbannya.

The Hook sempat muncul di film I Know What You Did Last Summer dan Meatballs. Ceritanya, pasangan tengah bertengkar. Sang pria meninggalkan mobil. Lalu, wanita yang berada di dalam sempat ketakutan dan panik saat mendengar suara decitan.

Wanita itu pun berusaha menjalankan mobilnya. Tapi, tetap tak bisa seperti terganjal sesuatu. Saat mobil berhasil melaju, wanita itu melihat kekasihnya berada di atap mobil dalam keadaan mengenaskan.

Dikubur Hidup-hidup

Mendengar judul ceritanya membuat bulu kuduk merinding. Buried Alive atau Dikubur Hidup-hidup merupakan urband legend yang berada di kawasan Amerika. Mengumumkan orang itu meninggal dunia hingga tutup peti bukan perkara mudah, diwartakan The Richest, baru-baru ini.

Salah-salah, orang yang masih hidup dikabarkan meninggal dunia. Akhirnya, ia pun harus dikubur dalam keadaan hidup.

Berada di dalam kubur, membuat orang itu merasa sesak karena tak mendapatkan pasokan udara. Belum lagi, kegelapan yang mengerikan saat dikubur. Akhirnya, orang itu meninggal mengenaskan di dalam peti. 

Beberapa film menampilkan cerita mengenai orang yang dikubur hidup-hidup, diantaranya Kill Bill Vol.2, Creepshow, The Vanishing, dan Buried.

Pembunuh di Bangku Penumpang

Salah satu urban legend paling mengerikan, terus beredar luas mengenai pembunuh di kursi belakang. ceritanya mengenai seorang pembunuh berantai, tiba-tiba berhasil masuk ke dalam mobil.

Saat berkendara seorang diri di tengah kegelapan, tak sadar akan adanya bahaya dari dalam. Beberapa variasi mengenai cerita `Pembunuh di Kursi Penumpang` itu terdengar.

Ada yang menyebutkan, pengendara selamat saat mobil di belakangnya mengebut dan memainkan lampu. Dengan alasan itu, akhirnya pembunuh gagal melakukan aksinya.

Di balik itu, pengendara sempat merasa ketakutan seolah diteror oleh mobil lain di belakangnya. Urban Legend ini pernah ditayangkan dalam film Texas Chainsaw Massacre: The Beginning pada 2006.

Penumpang yang Menghilang

Masih dari urban legend yang beredar di kawasan benua Amerika. Diceritakan, pengendara menemukan seseorang berada di jalanan pada malam hari.

Karena kasihan, pengendara pun mengajak orang itu ikut serta. Ia pun diantar sampai ke tempat tujuan, meninggalkan barangnya di dalam mobil.

Pengemudi baik hati mengantarkan barang yang tertinggal ke dalam rumah. Salah seorang penghuni rumah datang membawakan barang anggota keluarganya yang telah tiada.

Sang pengendara akhirnya menemukan penumpang itu telah meninggal dunia. Urban legend ini pernah difilmkan dalam film The Hitcher dan Texas Chainsaw Massacre.

The Caller

The Caller atau orang yang menelpon menjadi urban legend bagi masyarakat di benua Amerika, waspada terhadap `tamu tak diundang`. Ceritanya mengenai baby sitter yang menjaga anak di sebuah rumah.

Setelah menidurkan sang anak, baby sitter itu mendapatkan panggilan telepon. Beberapa kali, penelpon itu menelpon tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Tiba-tiba, baby sitter itu sadar jika penelpon berasal dari dalam rumah. Merasa ketakutan, baby sitter itu membawa `anaknya` ke luar. Akhirnya diketahui, penelpon ingin menghabisi nyawa baby sitter dan anak tersebut.

Namun ada juga versi yang lain tapi dengan alur yang sama. Sang baby sitter dan anak terbunuh. Urban legend mengenai the caller ini pernah menghantui penonton dalam film berjudul When a Stranger Calls.

Artikel Selanjutnya
Sisi Gelap Michael Jackson Terungkap di Lagu Thriller?
Artikel Selanjutnya
Belum Tayang, Film Insidious: Chapter 4 Sudah Bisa Dinikmati