Sukses

Ahok Tersangka, Iwan Fals: Buseet...

Iwan Fals langsung bereaksi terhadap berita penetapan Ahok sebagai tersangka.

Liputan6.com, Jakarta Berita soal penetapan tersangka terhadap gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait dugaan penistaan agama, menyentak banyak pihak. Komentar netizen pun riuh memenuhi linimasa media sosial.

Salah satu pesohor Indonesia yang langsung bereaksi terhadap kabar ini di dunia maya adalah penyanyi senior Iwan Fals.

Iwan Fals

"Ahok tersangka, buseet...," tulis Iwan Fals lewat akun Twitter miliknya, Rabu (16/11/2016), beberapa saat setelah Polri mengumumkan status Ahok.

Salah satu hal yang menjadi pikiran Iwan Fals, adalah bagaimana Pilkada DKI mendatang akan berjalan. "Terus pilkadanya," tutur Iwan menambahkan, sambil memasang emoji wajah yang sedang berpikir.

Meski begitu, penyanyi yang di masa mudanya dikenal lewat lagu-lagu berisi kritik sosial ini merasa penetapan status tersangka itu sebenarnya bukan kabar buruk. "Tp baguslah nanti disidang kita bisa liat, kayak kasus Jesica, gitu kan...," tulis Iwan Fals menambahkan.

Sebelum status Ahok ditetapkan, pelantun lagu "Bongkar" ini juga pernah membuat polling yang menanyakan pendapat netizen apakah Ahok menista agama atau tidak. Hasilnya, 70 persen dari sekitar 28 ribu netizen menilai Ahok tak melakukan hal yang dituduhkan itu.

Iwan Fals (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Beberapa waktu belakangan ini, Iwan Fals memang getol menyorot soal dinamika politik di Indonesia, dan melempar pertanyaan ke netizen dalam bentuk jajak pendapat. Beberapa waktu lalu misalnya, ia membuat jajak pendapat yang menanyakan siapa calon Gubernur DKI Jakarta pilihan pengikutnya. Hasilnya, 62 persen memilih Ahok sebagai pemimpin DKI.

Sakil getolnya membuat jajak pendapat, ia sempat terpikir untuk ganti nama. "Setuju gak sy ganti nama jadi iwan polling," tulis Iwan Fals, yang kocaknya, lagi-lagi dalam bentuk polling. Jawaban terbanyak dari netizen pun tak kalah lucu, "terserah lu dah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.