Sukses

Ahok Tersangka, Artis Indonesia Serukan 'Saya Toleransi'

Ahok ditetapkan sebagai tersangka dugaan penistaan agama yang kemudian mendorong artis-artis Indonesia serukan Bineka Tunggal Ika.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini Ahok dijadikan tersangka kasus dugaan penistaan agama. Sebelumnya, tuduhan terhadap Gubernur DKI Jakarta itu mendorong terjadinya unjuk rasa 4 November yang lalu. 

Pro dan kontra pun muncul di masyarakat akibat aksi 4 November tersebut. Sebagian dari masyarakat percaya, kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok harus segera diusut dan dibawa ke meja hijau.

Namun ada pula yang berpendapat kasus ini bisa diselesaikan secara baik-baik. Itu karena menurut mereka, Ahok tidak melakukan penistaan agama. 

 

Kasus penistaan agama tak hanya membawa Ahok sebagai 'tersangka' utamanya. Beberapa masyarakat yang ikut aksi demo malah menyerukan masalah lainnya, yaitu dengan membawa-bawa isu SARA.

Bertepatan dengan isu ini, tibalah Hari Toleransi Internasional, yang jatuh Rabu (16/11/2016). Ini menjadi momentum yang pas lantaran Indonesia yang mempunyai slogan Bineka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi satu.

Maka, beberapa figur publik Indonesia turut angkat bicara, memperingati Hari Toleransi Internasional ini.  Ini beberapa selebritas Indonesia yang menyuarakan pendapatnya mengenai Aksi Toleransi Bhinneka Tunggal Ika di media sosial? Liputan6.com mengumpulkannya untuk Anda.

Julie Estelle dan Laudya Cynthia Bella

1. Julie Estelle

Melalui akun Instagram pribadinya, Julie Estelle mengunggah sebuah foto yang menyuarakan Aksi Toleransi dengan menggunakan tanda pagar #SAYATOLERANSI.

 2. Laudya Cynthia Bella

Pemain sinetron yang kini sudah berhijab itu menyerukan Aksi Toleransinya melalui akun Instagram pribadinya. Laudya Cynthia Bella, mengunggah sebuah foto dirinya dan salah satu sahabatnya, Julie Estelle, yang tentunya memiliki perbedaan.

 

10 years of friendship and still counting😘 Buat aku persahabatan tidak mengenal suku,agama,dan ras #julskyna #sayatoleransi #friendslove

A photo posted by Laudya Cynthia Bella (@laudyacynthiabella) on

 

Morgan Oey dan Banyu Biru

3. Morgan Oey

Melalui akun Twitter pribadinya, Morgan Oey menyuarakan pendapatnya mengenai Aksi Toleransi dengan mengunggah sebuah foto kampanye aksi toleransi.

 4. Banyu Biru

Banyu Biru melalui akun Twitter-nya, mengunggah sebuah foto dirinya dan Ahok, dengan menuliskan keterangan foto yang menunjukkan perbedaan namun tetap terlihat sama.

 

Shanty Paredes dan Cathy Sharon

5. Shanty Paredes

Melalui akun Instagram-nya, Shanty Paredes mengunggah foto dirinya yang tengah mengibarkan bendera merah putih di atas panggung.

 6. Cathy Sharon

Melalui akun Instagram pribadinya, Cathy Sharon mengunggah foto adiknya, Julie Estelle dan Laudya Chyntia Bella yang telah bersahabat selama 10 tahun lamanya. Walaupun ada perbedaan di antara keduanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini