Sukses

Mario Teguh Beberkan Alasan Tak Ikut Merawat Ario Kiswinar

Pengakuan Mario Teguh mengenai kisah dengan mantan istri dan anak pertamanya, Ario Kiswinar, mendapat dukungan di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya pemberitaan mengenai Mario Teguh dengan anaknya, Ario Kiswinar, rupanya membuat suami Linna Teguh itu gerah. Jika di media sosial, baik itu Instagram atau Facebook, Mario Teguh biasanya berbicara soal motivasi hidup, kali ini ia menjelaskan polemik rumah tangga pertamanya secara utuh.

Tak hanya itu, Mario Teguh juga menyebut nama mantan istrinya sekaligus ibu kandung Ario Kiswinar, Aryani, dalam penjelasannya di media sosial tersebut. Ia menegaskan bahwa pernyataan mengenai keengganannya untuk mengakui Ario Kiswinar sebagai anak kandungnya tidaklah benar.

Aryani Soenarto dan Ario Kiswinar di acara Deeper with Deddy. (Youtube)

"Sahabat saya yang baik hatinya, Saya mohon izin untuk menyampaikan klarifikasi atas pemberitaan – yang tegak atau miring, yang kami terima dengan diam dan sabar – selama beberapa bulan terakhir. PERNYATAAN IBU ARYANI BAHWA KISWINAR BUKAN ANAK MT. Sempat tersebar kabar yang rancu tentang siapa yang menyatakan bahwa Kiswinar bukan anak MT," tulis Mario Teguh mengawali penjelasannya seperti tertuang di status Facebook resminya, Kamis (17/11//2016).

Mario Teguh memberi konfirmasi tersebut sambil mengunggah cuplikan video berisi acara yang dipandu Deddy Corbuzier. "Dapat kita mengerti bahwa Ibu Aryani (mantan istri saya) PERNAH menyatakan bahwa ‘Kiswinar bukan anak MT’. Alasan pada saat menyatakan penyangkalan itu adalah karena Ibu Aryani MENOLAK KEINGINAN SAYA UNTUK IKUT MENGASUH KISWINAR," lanjutnya.

"Ibu Aryani sendiri menyatakan bahwa beliau menolak niat saya untuk ikut merawat Kiswinar, yang dengannya berarti saya tidak pernah berniat menelantarkan Kiswinar. Saya menghormati penolakan Ibu Aryani atas niat saya untuk ikut merawat Kiswinar, dan tetap terpukul dengan pernyataan bahwa Kiswinar bukan anak saya," terang Mario Teguh berusaha meluruskan.

Motivator Mario Teguh menyampaikan keterangan terkait perseteruan dengan Ario Kiswinar Teguh di Jakarta, Senin (10/10). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Setelah itu, Mario Teguh lalu membahas perihal alasan Ario Kiswinar yang akhirnya hanya diasuh oleh Aryani hingga saat ini. Ia menyampaikan, "Yang saya mengerti bahwa seorang anak akan tetap berada dalam kewenangan ibunya sampai dia berusia 13 tahun. Pada usia tersebut Kiswinar dapat memilih untuk tinggal bersama saya atau tetap bersama ibunya. Kiswinar tetap memilih bersama ibunya sampai umur 30 tahun, saat dia tampil di media menyatakan diri sebagai anak yang tidak diakui."

"Akte kelahiran tidak pernah saya batalkan sampai saat ini, yang berarti saya tetap mengakuinya sebagai anak yang lahir dalam pernikahan (anak kandung). Orang lain mengurus akte kelahiran untuk mendapatkan pengakuan; Kiswinar SUDAH memiliki akte kelahiran. Apa lagi yang dibutuhkannya? Ini berarti Ibu Aryani telah memenuhi unsur penghilangan asal-usul anak, dan berhasil memisahkan saya dan Kiswinar selama 23 tahun sejak perceraian kami," ujar Mario Teguh menegaskan.

Merasa Difitnah

Mario Teguh juga turut mengungkapkan bahwa dirinya tidak bisa menerima pernyataan dari mantan istrinya yang seolah dianggapnya tidak konsisten. Bahkan, ia juga mengaku telah difitnah atas banyaknya kabar yang beredar di media beberapa waktu lalu.

"Yang saya sesali sampai hari ini adalah mengapa untuk menolak permintaan saya untuk ikut mengasuh Kiswinar, Ibu Aryani harus mengatakan bahwa saya bukan ayah Kiswinar – dan mengapa dia baru sekarang menyatakan bahwa Kiswinar adalah benar anak saya," tulisnya.

Ia meneruskan, "Untuk apa dia mengatakan hal itu, yang memisahkan saya dari Kiswinar, dan yang kemudian menjadi fitnah besar akhir-akhir ini? Tapi saya tetap mengupayakan kejelasan status saya bagi Kiswinar, dan sebaliknya. Kalau saya yakin Kiswinar bukan anak saya, dari dulu saya tidak mengupayakan test DNA. Saya ingin tahu, pada usia saya yang lebih lanjut ini, siapa saya bagi Kiswinar."

Ario Kiswinar sebelum memasuki Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/9). Didampingi ibunya, Aryani Soenarto, Kiswinar melaporkan Mario Teguh atas tuduhan pencemaran nama baik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menutup penjelasannya di media sosial, Mario Teguh berharap agar publik bisa memberi komentar dan penilaian yang bukan berasal dari kabar simpang-siur. "Mudah-mudahan klarifikasi ini menjawab kesimpang-siuran yang selama ini menjadi dasar dari komentar dan penilaian yang beragam, dan meletakkan yang seharusnya pada tempatnya. Terima kasih dan salam super! Mario Teguh," ujar Mario Teguh mengakhiri.

Berkat penjelasan panjang tersebut, Mario Teguh langsung mendapat banyak dukungan dari netizen. Di Instagram misalnya, salah satu netizen yang menggunakan akun @alfinadliroh misalnya. Ia menyampaikan, "Semoga segera terselesaikan masalahnya pak mario, di beri kesabaran, ketabahan, dan kebaikan utk semuanya. Aamiin @marioteguh."

Sementara itu, di halaman Facebook, Mario Teguh juga mendapatkan banyak dukungan moral. "Yang sabar ya pa Mario, hidup tak selamanya indah dan lempeng..kaya jalan tol..hehe Smoga semua pihak yang terkait bisa menarik hikmah dari kejadian ini," tulis salah satu netizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini