Sukses

Punya Karier Cemerlang, Musikus Muda Ini Malah Tewas Mengenaskan

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi megabintang adalah impian sebagian besar musikus yang baru saja menapaki jenjang kariernya. Ada pula musikus yang masih berusia muda tetapi telah menghasilkan karya yang diakui oleh dunia.

Namun sayang, nasib baik tak mengiringi perjalanan hidup mereka. Ada yang harus mengalami peristiwa naas hingga meninggal dunia, baik karena kecelakaan maupun karena tindakannya sendiri.

Dalam musik, kita mengenal istilah Club 27, yang merupakan daftar para musikus yang harus meninggalkan dunia di usia yang sama, yakni 27 tahun.

Namun tak cuma usia 27 tahun saja, banyak juga para anak muda bertalenta ini yang harus meninggal di usia muda, padahal mereka memiliki karier yang cemerlang dengan karya yang gemilang. Berikut adalah nama-nama tersebut.

1. Buddy Holly (22 Tahun), Ritchie Valens (17 Tahun), dan J. P. "The Big Bopper" Richardson (28 Tahun)

Pada pertengahan dekade 1950-an, tiga anak muda bernama Buddy Holly, Ritchie Valens, dan J. P. "The Big Bopper" Richardson baru saja menikmati kariernya yang sedang menanjak berkat musik rock n' roll mereka.

Namun naas, pada 3 Februari 1959 pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan menutup perjalanan hidup mereka. Saat itu Buddy Holly berusia 22 tahun, Ritchie Valens berusia 17 tahun dan The Big Popper berusia 28 tahun.

Penyanyi Don McLean kemudian menyebut peristiwa tragis itu sebagai "The Day the Music Died."

2. Brian Jones (27 Tahun)

Brian Jones adalah gitaris dan pendiri dari legenda rock The Rolling Stones. Kadang perannya terlupakan, tertutup oleh bayang-bayang Mick Jagger dan Keith Richards. Padahal awalnya, Brian Jones adalah pemimpin dari band asal Inggris itu.

Pada 3 Juli 1969, ia ditemukan tewas tenggelam di kolam renang di rumahnya. Setelah diperiksa, ditemukan kandungan obat-obatan terlarang dan alkohol yang banyak di tubuhnya. Ia meninggal di usia 27 tahun.

3. Jimi Hendrix (27 Tahun)

Sosok Jimi Hendrix ditasbihkan sebagai dewa gitar berkat teknik memainkan gitarnya yang memukau. Dan tak cuma teknik memainkan gitar saja, ia punya kemampuan menulis lagu yang hebat. Hampir semua hit-hitnya diciptakan oleh sang dewa gitar sendiri.  

Namun sang dewa gitar harus berpulang ke asalnya. Jimi Hendrix ditemukan tewas di usia 27 tahun pada 18 September 1970 karena tersedak (asphyxiate). Tetapi hingga kini penyebab kematiannya masih menjadi perdebatan.

4. Randy Rhoads (25 Tahun) & Cliff Burton (24 Tahun)

Usianya masih dini, tetapi Randy Rhoads sukses dikenal sebagai gitaris muda berbakat di usia 25 tahun. Ia dikenal akan gaya permainannya yang menggabungkan heavy metal dengan musik klasik.

Namun nasib naas tak bisa dihindari, Randy Rhoads tewas dalam kecelakaan pesawat saat menjalani tur dengan Ozzy Osbourne pada 1982. Meski kariernya terbilang singkat, Randy kerap dinobatkan sebagai salah satu gitaris terhebat sepanjang masa.

Cliff Burton, sang bassis Metallica yang mati muda.

Begitu pula dengan Cliff Burton, bassis asli Metallica ini merupakan musikus yang punya talenta. Tetapi sayang kecelakaan bus telah merenggut nyawanya. Kecelakaan itu terjadi saat Metallica sedang menjalani tur promosi album Master of Puppets pada 1986. Cliff Burton meninggal di usia 24 tahun.

Sama seperti Randy Rhoads, walaupun karier Cliff Burton terbilang singkat, ia sukses dikenal sebagai salah satu sosok bassis terhebat dalam musik rock dan metal.

5. Kurt Cobain (27 Tahun)

Musikus ikonis ini sungguh menjulang pada masa hidupnya. Bersama Nirvana, Kurt Cobain sukses membuat seluruh remaja di berbagai belahan dunia menjadi demam musik grunge dan rock alternatif.

Namun Kurt Cobain tak suka popularitas. Ia menjadi tertekan dan terjerumus lebih dalam ke lubang narkoba. Puncaknya ia memutuskan untuk bunuh diri dengan menembak kepalanya pada April 1994. Kurt Cobain meninggal di usia 27 tahun.

Tetapi hingga kini kematiannya masih menjadi perdebatan, apakah Kurt Cobain benar-benar bunuh diri atau ada dalang di baliknya. Yang jelas dunia telah kehilangan sosok musikus hebat.

6. Tupac Shakur (25 Tahun) & The Notorious B.I.G. (24 Tahun)

Perseteruan antara dua rapper muda berbakat ini merupakan salah satu kisah yang tragis dalam dunia musik. Saat keduanya sedang berjaya, musik hip hop Amerika Serikat sedang panas-panasnya dengan rivalitas kubu West Coast (Los Angeles dan sekitarnya) yang diwakilkan oleh Tupac Shakur dengan kubu East Coast (New York dan sekitarnya) yang diwakili oleh The Notorious B.I.G.

Puncaknya saat Tupac Shakur ditembak oleh orang tak dikenal saat sedang berkendara di mobil di jalanan Las Vegas pada September 1996. Enam bulan kemudian The Notorious B.I.G. juga ditembak saat mengendarai mobil di Los Angeles.

Tupac meninggal di usia 25 tahun, sedangkan The Notorious B.I.G. meninggal di usia 24 tahun.

7. Aaliyah (22 Tahun) & Amy Winehouse (27 Tahun)

Telah merilis tiga album dan membintangi beberapa film membuat nama Aaliyah menjadi salah selebritas Hollywood yang diperhitungkan. Ia bahkan mendapat julukan "Princess of R&B." 

Hingga pada 25 Agustus 2001, Aaliyah mengalami peristiwa naas ketika pesawat yang ia tumpangi jatuh di Kepulauan Bahama. Saat itu Aaliyah baru saja menjalani syuting video klip single terbarunya di sana. Setelah diperiksa, ternyata sang pilot tidak memiliki ijin penerbangan dan ditemukan bekas konsumsi alkohol dan kokain di tubuhnya. Aaliyah meninggal di usia 22 tahun.

Amy Winehouse

Penyanyi asal Inggris, Amy Winehouse, termasuk salah satu penyanyi wanita dengan suara emas yang dikenal akan gaya soul dan R&B klasiknya. Albumnya yang berjudul Back to Black pada 2008 sukses menggondol lima piala Grammy.

Namun ketergantungannya akan alkohol dan obat-obatan terlarang membuatnya terpuruk hingga akhirnya ditemukan tewas pada 23 Juli 2011 akibat keracunan alkohol.

Meninggalnya Amy Winehouse di usia 27 tahun membuatnya bergabung ke jajaran Club 27 bersama Brian Jones, Jimi Hendrix, Janis Joplin, Jim Morrison, dan Kurt Cobain.

8. Christina Grimmie (22 Tahun)

Lain lagi dengan Christina Grimmie, seorang penyanyi wanita muda pendatang baru. Jebolan The Voice itu padahal sedang meniti kariernya di dunia musik. Sayang nasib naas menghinggapinya. Ia tewas ditembak seorang pria saat menjalani sesi tanda tangan bersama para penggemarnya pada 10 Juni 2016.

Motif penembakannya sendiri tidak diketahui lantaran sang pelaku terlanjur bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri. Christina Grimmie meninggal di usia 22 tahun. 

Artikel Selanjutnya
8 Orang Terkenal yang Istrinya Jauh Lebih Tua
Artikel Selanjutnya
Nasib Tragis 6 Artis Cantik Hollywood yang Dianggap Bodoh