Sukses

Selamat Jalan Sharon Jones, Sang James Brown Wanita

Penyanyi soul wanita ternama, Sharon Jones, baru saja meninggal dunia di usia 60 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2016 bagai tahun kelam bagi dunia musik. Setelah sepanjang tahun sejumlah legenda musik wafat dan baru-baru ini termasuk penyanyi folk legendaris Leonard Cohen, baru saja penyanyi soul Sharon Jones juga telah dipanggil Yang Maha Kuasa.

Seperti diberitakan NME, penyanyi grup soul/funk The Dap-Kings itu akhirnya mengembuskan napas terakhir pada 18 November setelah berjuang dengan kanker pankreas sejak 2013. Ia meninggal di usia 60 tahun.

Sharon Jones & The Dap-Kings (Foto: NPR)

Sebuah pesan diumumkan lewat situs resminya yang berisi "Dengan duka yang mendalam kami mengumumkan bahwa Sharon Jones telah meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker pankreas. Ia telah ditemani oleh orang-orang tercintanya, termasuk para anggota Dap-Kings."

Sharon Jones lahir pada 1956 dan besar di Brooklyn, New York. Ia memulai kariernya saat remaja dengan mengikuti bermacam ajang audisi pencari bakat. Kemudian ia sempat bekerja sebagai petugas kemanan penjara dan bank, sebelum akhirnya kembali ke jalur musik. Dan ternyata kariernya memang menanjak saat ia sudah berusia 40 tahun. Ia lalu membentuk band Sharon Jones & The Dap-Kings.

Dalam masa-masa keemasannya, Sharon Jones sempat mendapat julukan "James Brown wanita." Ia memang mengaku menggemari dan terpengaruh akan sang legenda itu. Ia juga baru meraih nominasi Grammy di tahun 2014 atas kategori Best R&B Album.

Pada tahun lalu pelantun "I Learned the Hard Way" itu juga menjadi obyek film dokumenter berjudul Miss Sharon Jones! yang berpusat tentang kisah hidupnya.

Penyanyi soul wanita ternama, Sharon Jones, meninggal dunia di usia 60 tahun. (Foto: Rolling Stone)

Para musikus dunia pun turut mengucapkan belasungkawanya. Penyanyi Chaka Khan menulis di akun Twitternya, "Turut beduka cita untuk keluarga Sharon Jones. Dia adalah sosok hebat di industri ini. (Tahun) 2016 sungguh menyedihkan."

John Legend juga menulis "Sedih sekali mendengar kabar kematian teman saya sekaligus seorang penyanyi hebat yang senang saya ajak tampil bersama, Sharon Jones."

Begitu pula Mark Ronson yang menulis "Sharon Jones punya salah satu suara yang paling pilu sekaligus indah dalam beberapa waktu belakangan ini. Ia akan sangat dirindukan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini