Sukses

Prediksi Pemenang Sinetron Paling Ngetop SCTV Awards 2016

Liputan6.com, Jakarta Kurang dari 8 hari lagi, Malam Puncak SCTV Awards 2016 bakal digelar. Tepatnya SCTV akan menayangkannya pada 30 November 2016 mendatang. Para peraih nominasi masing-masing kategori pun berlomba meminta dukungan penggemar untuk mengirim vote guna memenangkan mereka di ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan SCTV tiap tahun tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, 3 kategori nominasi yang dianggap paling prestisi adalah Aktor Utama, Aktris Utama, dan Sinetron Paling Ngetop. Nama-nama yang masuk pun bukanlah pesinetron sembarangan. Seperti tahun lalu, kami pun membuat prediksi dan melihat peluang siapa yang akan meraih penghargaan untuk 3 kategori tersebut. Bagaimana hasilnya?

Ini adalah bagian akhir yang akan memuat prediksi untuk kategori Sinetron Paling Ngetop. Siapa paling berpeluang menang?

1 dari 6 halaman

3 Sempruuul Mengejar Surga 4

Ramadhan ini tahun keempat produksi Starvision Plus menemani waktu sahur pemirsa setia SCTV. Narji tak lagi jadi bagian Trio Semprul. Sebagai gantinya, komika berkepala plontos Uus hadir memberi warna.

3 Sempruuul masih memakai formula sama, atau mungkin malah mengulang cerita di season pertamanya. Cerita berawal dari nol, dimana 3 karakter utama diperkenalkan pada penonton. Namun, intinya Andhika Pratama, Gading Marten, dan Uus melakoni peran dan penokohan yang tak jauh berbeda.

3 Sempruuul mungkin tak sesatir Para Pencari Tuhan, tapi kontennya boleh dibilang nyaris serupa. Menyentil penonton tanpa kesan menggurui lewat adegan-adegan sederhana yang biasa kita temui sehari-hari. Akankah kesederhanaan mereka ini bisa merapatkan hati pemirsa mengail piala Sinetron Ngetop?

2 dari 6 halaman

Mermaid in Love

Surutnya Ganteng-Ganteng Serigala Returns pada akhir Desember 2015 silam, sempat membuat SCTV limbung di papan rating. Hingga kuartel pertama 2016, SCTV bahkan tak punya amunisi guna mendongkrak performa di program drama.

Mermaid in Love lantas hadir pada awal Mei dan langsung membuat percikan yang kian lama jadi ledakan. Fenomena ledakan Mermaid in Love sendiri mengingatkan pecinta sinetron pada Ganteng-Ganteng Serigala.

Para pemainnya jadi idola remaja. Tren kostum mermaid ala Ariel (diperankan Amanda Manopo) menjalar dari balita hingga perempuan dewasa. Ini juga dibarengi dengan melesatnya rating hingga menembus peringkat 2. Pada masa jayanya, Mermaid in mengancam kedigdayaan acara lain di tv tetangga. Mermaid in Love rasanya kandidat terkuat yang akan mendapat predikat Sinetron Ngetop tahun ini. Bukan begitu?

3 dari 6 halaman

Pangeran 2

Baru tayang 3 Oktober lalu, Pangeran 2 bahkan baru menyentuh episode ke-50 beberapa hari kemarin. Dua episode pertamanya mendarat di peringkat 3 data rating.

Pangeran 2 mudah menggapai prestasi ini sebab selain ceritanya yang menyihir, komposisi pemainnya yang lebih segar juga mematri perhatian pemirsa. Ricky Harun, pemeran utamanya sendiri kini tak sekedar idola bagi remaja, tapi juga ibu-ibu rumah tangga.

Tahun lalu, prekuelnya sanggup mempecundangi GGS Returns dengan menggondol piala Sinetron Ngetop. Dibanding Mermaid in Love, Pangeran 2 rasanya bakal mudah mengulang prestasi karena diuntungkan tengah tayang saat ini.

4 dari 6 halaman

Para Pencari Tuhan 10

Apa yang membuat sinetron sesatir Para Pencari Tuhan bisa bertahan hingga jilid ke-10? Alasan nomer 1, mungkin karena bernasnya skenario tiap jilidnya yang tak bisa ditebak ataupun diprediksi.

Penulis skenarionya begitu jeli merangkai cerita hingga penonton tak sadar sudah 10 kali Ramadhan mengikuti kisah Bang Jek (Deddy Mizwar) dan trio Bajaj. Di setiap jilidnya, Para Pencari Tuhan selalu punya tema seru yang bisa dikulik dalam dan jadi perenungan.

Sayangnya sampai jilid ke-10, piala dari SCTV Awards tak juga mampir. Para Pencari Tuhan mungkin lebih diakui di ajang lain seperti Festival Film Bandung dan bukan ajang yang menekankan tingginya voting SMS dari penonton.

5 dari 6 halaman

Surga Yang Ke 2

Baru saja mencatatkan diri sebagai sinetron SCTV terlama dengan episode terpanjang di tahun 2016. Surga Yang Ke 2 sudah melewati lebih dari 200 episode, ketimbang 4 lawannya di kategori ini. Namun ini tak berarti peluangnya untuk menang bakal lebih besar.

Sejak era Cinta Fitri yang kental drama keluarga, belum ada sinetron bertema serupa yang mampu merebut gelar Sinetron Ngetop. Kebanyakan adalah sinetron komedi, drama remaja atau fantasi remaja.

Akan jadi prestasi tersendiri jika Surga Yang Ke 2 yang banyak dibilang 'drama banget' ini mampu mengikis rekor tersebut. Mampukah sinetron yang dibintangi Miller Khan-Nabila Syakieb ini naik panggung tahun ini? Kita lihat saja.