Sukses

Ini Penyebab Film Action Indonesia Digandrungi Publik Dunia

Film laga Indonesia punya satu keunikan sendiri yang tak dimiliki film sejenis di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kemunculan The Raid tahun 2011, publik internasional mulai melirik keberadaan film laga Indonesia. Bahkan kemunculan film Headshot, yang akan tayang di Indonesia pada 8 Desember mendatang, telah ditunggu-tunggu oleh para penggemar film laga dunia.

Lihat saja, puluhan video reaksi penggemar film internasional terhadap trailer Headshot  telah memenuhi YouTube sejak beberapa waktu lalu. Mayoritas, menyebut mereka tak sabar ingin segera menonton film yang dibintangi Iko Uwais, Julie Esetella dan Chelsea Islan ini. 

Kira-kira apa penyebab film laga Indonesia begitu menarik bagi para penggemar film laga di luar negeri?

 Poster Film Headshot

Menurut sutradara Headshot, Kimo Stamboel, salah satu alasannya adalah keunikan pencak silat yang menjadi basis pertarungan dalam film laga Indonesia.

"Satu yang kita unik adalah bela diri dan koreografi dari Iko. Ini berbeda dengan koreografi dari Hong Kong, Thailand, dan sebagainya. Gerakan silat itu unik, dia punya elemen dance," ujar Kimo saat bertandang ke kantor Liputan6.com, Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Julie Estelle yang ikut bermain dalam film ini menambahkan, bahwa satu hal yang patut dimasukkan sebagai faktor pendorong kemajuan film laga Tanah Air, adalah bahwa Indonesia memiliki Iko Uwais. "Iya, karena honestly, satu kekuatan dari film-film yang sudah tayang adalah dari segi koreografi. Dan tentu saja Iko didukung oleh satu tim yang solid," kata Julie.

Julie menyebutkan, dalam festival internasional yang telah ia datangi bersama film Headshot, penggila film begitu kagum dengan hasil kinerja sineas Tanah Air. Apalagi saat tahu persiapan Headshot hanya tiga minggu dengan waktu syuting 45 hari.

"Mereka begitu appreciate dengan passion, energy, dan effort yang kita berikan untuk film ini," ujar Julie Estelle.

  Kunjungan pemain dan sutradara film Headshot ke kantor Liputan6.com, Jakarta, Jumat (11/11). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Headshot yang dibuat oleh rumah produksi Screenplay Infinite Films ini, bercerita tentang seorang pria bernama Ishmael (Iko Uwais) yang ditemukan dengan luka tembak di kepalanya. Ishmael yang kehilangan memorinya, lantas dirawat oleh Ailin (Chelsea Islan), seorang dokter muda yang begitu tertarik dengan latar belakang pria tersebut.

Ternyata Ishmael memiliki masa lalu kelam yang, akhirnya menyeret Ailin dalam bahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.