Sukses

Deretan Seleb Hollywood Penerima Penghargaan dari Presiden Obama

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, baru-baru ini telah memberikan penghargaan kehormatan kepada para tokoh-tokoh yang berkontribusi besar di berbagai bidang termasuk seni budaya dan olahraga.

Penghargaan bernama Presidential Medal of Freedom tersebut tahun ini disematkan kepada para musikus, aktor, sineas, atlet sampai fisikawan yang diserahkan langsung oleh Presiden Barack Obama di Gedung Putih.

Ellen DeGeneres tak kuasa menahan air matanya saat menerima medali Medal of Freedom dari Presiden Obama.

Penghargaan berbentuk medali itu disebut sebagai penghargaan tertinggi dari pemerintah Amerika Serikat yang diserahkan kepada warga sipil.

Pada saat penyerahan yang diadakan pada 22 November kemarin, Barack Obama sempat mengungkapkan kekagumannya kepada penerima medali.

"Semua yang berada di sini telah memengaruhiku secara sangat kuat dan personal. Orang-orang inilah yang membantu membentukku menjadi seperti sekarang," ucap Obama.

Berikut ini adalah selebritas Hollywood yang terdiri dari aktor dan aktris, musikus, serta para pelaku dunia televisi AS yang menerima medali Presidential Medal of Freedom, dilansir dari Time.

1. Robert De Niro

Aktor gaek ini dipilih berkat peran-perannya yang begitu melekat di benak masyarakat AS dalam film-filmnya sepanjang lima dekade. Pria kelahiran 17 Agustus 73 tahun lalu itu telah menerima nominasi Oscars sebanyak tujuh kali dan memenangkannya sebanyak dua kali.

Film-film klasik yang pernah dibintangi Robert De Niro diantaranya The Godfather Part II (1974), Taxi Driver (1976), Raging Bull (1980), Goodfellas (1990), dan Casino (1995).

2. Ellen DeGeneres

Pembawa acara ini terpilih berkat gayanya yang rendah hati dan jenaka. Dengan kesehariannya sebagai pembawa acara miliknya, The Ellen DeGeneres Show, dan perannya sebagai pengisi suara Dory di film animasi Finding Nemo membuat wanita 58 tahun ini menjadi sosok yang tersohor.

Ellen DeGeneres juga dikenal vokal untuk masalah seputar kesetaraan dan keadilan.

Ada cerita unik ketika Ellen menghadiri acara penyerahan medali. Ketika ingin masuk Gedung Putih, Ellen sempat tidak boleh masuk karena lupa membawa KTP. Ia akhirnya harus menunggu, seperti yang ia tuangkan di Twitternya.

3. Tom Hanks

Pemerintah AS menyebut aktor 60 tahun ini sebagai salah satu aktor terbaik dalam perfilman AS. Banyak penghargaan Oscars yang telah ia raih.

Ketika tak sedang berakting, Tom Hanks menjadi advokat dan telah membantu banyak kasus keadilan sosial dan lingkungan, terurtama bagi para veteran perang dan keluarga mereka.

4. Lorne Michaels

Pria 72 tahun ini berjasa menciptakan salah satu acara televisi paling awet di AS dan menghasilkan nama-nama besar dalam Hollywood. Cerita itu bermula pada 1977 saat Lorne Michaels membuat acara Saturday Night Live dan berjalan hingga kini.

Ia juga sempat menjadi produser program televisi seperti The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, Late Night with Seth Meyers, dan 30 Rock.

5. Robert Redford

Aktor sekaligus sineas senior ini berjasa mendirikan Sundance Institute sebagai wadah para sineas film independen di seluruh dunia lewat acara tahunan Sundance Film Festival.

Pria 80 tahun ini juga pernah meraih penghargaan Oscars untuk Best Director dan Lifetime Achievement.

6. Diana Ross

Penyanyi wanita legendaris ini telah mengarungi dunia musik dan hiburan selama lebih dari 50 tahun. Diana Ross juga pernah menjadi nominee Oscars, dinobatkan di Rock & Roll Hall of Fame dan Hollywood Walk of Fame serta penghargaan Lifetime Achievement di Grammy Awards.

7. Bruce Springsteen

Penyanyi berjulukan "The Boss" ini dikenal akan penampilannya di panggung yang selalu membakar semangat dengan tema yang dekat dengan masyarakat AS.

Bersama dengan band pengiringnya, The E Street Band, Bruce Springsteen pernah dilantik di Rock & Roll Hall of Fame.

8. Cicely Tyson

Aktris senior ini pernah menjajal berbagai ranah seperti layar lebar, layar kaca , bahkan panggung theater. Cicely Tyson juga pernah memenangkan Emmy Awards dan Tony Awards. 

Artikel Selanjutnya
Shahrukh Khan dapat Penghargaan dari Amerika Serikat
Artikel Selanjutnya
8 Aktor Terkenal Hollywood yang Tak Pernah Dapat Oscar