Sukses

Steven Seagal Dapat Paspor Gratis dari Presiden Rusia

Paspor Rusia Steven Seagal dari Vladimir Putin diharapkan bisa mencairkan ketegangan antara Moskow dan Washington DC.

Liputan6.com, Moskow - Sebuah paspor Rusia diberikan secara cuma-cuma kepada aktor laga Amerika Serikat, Steven Seagal, pada Jumat (24/11/2016) waktu setempat. Tak tanggung-tanggung, Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri yang menghadiahkannya. Kedua pihak pun berharap paspor tersebut menjadi simbol membaiknya hubungan Moskow-Washington yang selama ini retak.

Seperti dilaporkan ANTARA News, Sabtu (26/11/2016), pada sebuah seremoni di Kremlin, Steven Seagal menandatangani paspor barunya di depan Putin. Pemimpin Rusia itu lalu berkata, "Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan mengungkapkan harapan bahwa ini adalah isyarat yang mesti kecil bakal menjadi pertanda normalisasi hubungan kedua negara secara bertahap."

Aktor AS, Steven Seagal menandatangani paspor miliknya yang diberikan Presiden Vladimir Putin di Kremlin di Moskow, Rusia,(25/11). Diketahui Steven mempunyai hubungan dekat dengan Vladimir Putin dan Rusia. (Sputnik/Kremlin/Alexei Druzhinin via REUTERS)

Pada awal bulan ini, Vladimir Putin telah menandatangani surat pemberian status kewarganegaraan Rusia kepada Seagal. Alasannya memberikan paspor Rusia kepada Seagal adalah sikap hangat sang aktor kepada Rusia di atas statusnya sebagai selebritas.

Putin lalu sempat bertanya mengenai kesan sang aktor terhadap paspornya yang dijawab oleh Seagal, "Segalanya baik. Kita nanti akan berbicara. Untuk saat ini sungguh terhormat berada di sini."

Vladimir Putin yang juga penggemar olah raga bela diri, kerap mempelajari gerakan-gerakan yang dipraktikkan Steven Seagal untuk film-film laga Hollywood-nya. Selama satu dekade, Seagal yang kini berusia 64 tahun, secara reguler mengunjungi Rusia. Film-filmnya seperti Under Siege dan Sniper: Special Ops sangat populer di Rusia.

Steven Seagal adalah selebriti Barat terakhir yang mendapatkan paspor Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2013, Gerard Depardieu, aktor Prancis, mendapatkan kewarganegaraan serupa dari Vladimir Putin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.