Sukses

BPI Berharap Inamafest Serupa dengan Festival Film Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pembuat animasi, alias animator, sebentar lagi Indonesia akan mengadakan ajang Animation Festival, atau InamaFest. Ajang ini untuk kali pertamanya hadir di Tanah Air. Tujuan diadakan ajang semacan ini, agar para kreator animasi bisa mengembangkan industri kreatif di Indonesia.

Indonesia akan mengadakan ajang Animation Festival, atau InamaFest

Dengan begitu, Badan Perfilaman Indonesia (BPI) berharap ajang yang baru akan dilaksanakan ini bisa dilirik oleh pemerintah. Setidaknya, bisa serupa dengan ajang-ajang lain seperti Festival Film Indonesia.

"Mimpi saya festival ini jadi festival kredibel yang diakui negara. Istilahnya kalian boleh menang di festival mana pun, tapi kalau belum di sini, belum diakui negara. Untuk itu konsekuensinya harus menjadi festival yang disponsori pemerintah, biar setiap tahun diagendakan," ucap Kemala Atmodjo selaku ketua BPI, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan belum lama ini.

Ajang InamaFest ini juga akan menghadirkan pameran dan workshop tentang dunia animasi. Tentunya selain memberikan penghargaan kepada kreator animasi lokal, baik yang berada di jalur mainstream atau indie.

Acara ini sendiri memang inisiatif dari pelaku animasi lokal untuk mendukung dan secara bersama-sama memajukan industri animasi. Setidaknya, bakat-bakat yang ada lebih fokus mengembangkan geliat animasi di Tanah Air ketimbang bekerja untuk negara lain.

Penghargaan tersebut meliputi dua kategori, yakni Kategori Produksi dan Prestasi. Kategori Produksi meliputi Animasi Terbaik Profesional, Animasi Terbaik Non Profesional, Animasi Terbaik Supporting Film, Animasi Terbaik Supporting Iklan dan Animasi Terbaik Pelajar/Mahasiswa.

Sementara Kategori Prestasi meliputi Desain Produksi Animasi Terbaik, Desain Karakter Animasi Terbaik, Sutradara Animasi Terbaik, Penulis Animasi Terbaik, Editing Animasi Terbaik, Musik Animasi Terbaik serta Animasi Favorit berdasar voting di media sosial.

Tidak hanya itu, para juri yang terdiri dari pelaku animasi dan perwakilan ekosistem animasi juga memberikan penghargaan khusus kepada sosok yang dianggap berjasa bagi animasi lokal.

Indonesia akan mengadakan ajang Animation Festival, atau InamaFest

"Ini akan menjadi festival pertama yang memberikan award kepada kreator animasi Tanah Air. Kami juga memberikan penghargaan khusus bagi insan yang berjasa di animasi. Sistematika penjurian juga berbeda, tidak hanya dari teman animator, tapi juga ekosistem yang mengelilinginya," kata Lance, selaku festival director.