Sukses

Vladimir Putin Hadiahkan Paspor Rusia kepada Steven Seagal

Pada sebuah seremoni di Kremlin di mana Seagal menandatangani paspor barunya di depan Putin

Liputan6.com, Jakarta Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiahkan sebuah paspor Rusia kepada aktor Amerika Serikat Steven Seagal, Jumat waktu setempat, sembari berharap paspor itu menjadi simbol mulai membaiknya hubungan Moskow-Washington yang selama ini retak.

Vladimir Putin menghadiahkan Paspor Russia kepada Steven Seagal

Pada sebuah seremoni di Kremlin di mana Seagal menandatangani paspor barunya di depan Putin, pemimpin Rusia itu berkata, "Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan mengungkapkan harapan bahwa ini adalah isyarat yang mesti kecil bakal menjadi pertanda normalisasi hubungan kedua negara secara bertahap."

Ketika Putin bertanya apa kesan sang aktor, Seagal menjawab "segalanya baik. Kita nanti akan berbicara. Untuk saat ini sungguh terhormat berada di sini."

Putin, penggemar olah raga bela diri yang dipraktikkan Seagal pada film-film laga Hollywood-nya, awal bulan ini telah menandatangani surat pemberian status kewarganegaraan Rusia kepada Seagal.

Alasan Kremi memberikan paspor Rusia kepada Seagal adalah sikap hangat sang aktor kepada Rusia dan status keselebritisannya.

Selama satu dekade, Seagal yang kini berusia 64 tahun, secara reguler mengunjungi Rusia. Film-filmnya seperti "Under Siege" dan "Sniper: Special Ops" sangat populer di Rusia.

Seagal adalah selebriti Barat terakhir yang mendapatkan paspor Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2013, Gerard Depardieu, aktor Prancis, mendapatkan kewarganegaraan serupa dari Putin.

Dalam dua tahun terakhir ini, hubungan antara Rusia dan AS mencapai level terburuk sejak Perang Dingin sebagai akibat konflik yang terjadi di Ukraina dan Suriah di mana Moskow dan Washington berlawanan memihak pihak-pihak bersengketa di sana.

Presiden Rusia, Vladimir Putin bersama dengan aktor Hollywood, Steven Seagal (AFP)

Putin telah menyampaikan harapan bahwa keterpilihan Donald Trump sebagai presiden AS mendatang, akan meningkatkan hubungan kedua negara. Putin dan Trump sendiri saling memberikan pujian, demikian Reuters.(Ant).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini