Sukses

Mus Mulyadi Mengalami Buta Permanen

Penyanyi keroncong Mus Mulyadi mengalami kebutaan permanen akibat penyakit diabetes yang dideritanya sejak 1984.

Liputan6.com, Jakarta: Nasib malang menimpa penyanyi keroncong Mus Mulyadi. Penyanyi yang terkenal di era 70-an itu mengalami kebutaan permanen akibat penyakit diabetes melitus yang dideritanya sejak 1984. Penglihatannya terus menurun dari hari ke hari dan mulai benar-benar memudar pada Desember 2009 silam, bertepatan dengan liburan Natal dan tahun baru.

Penyakit dalam diri Mus rupanya adalah penyakit turunan. Pria berumur 64 tahun itu mengaku pada awalnya mengira hanya mengalami minus biasa. Namun setelah mengatahui ayah dan ibunya ternyata mengidap diabetes, ia baru menyadari kenyataan pahit itu. "Saya pasrah saja," tutur Mus pada program Halo Selebriti SCTV, Kamis (4/3). "Saya bersyukur dapat support dari istri dan anak-anak."

Istri Mus, Helen Sparingga tak lantas menyerah begitu saja. Dengan bersemangat, Helen mengurus semua keperluan Mus. Ia mengungkapkan walau dokter sudah angkat tangan, kesembuhan bisa saja terjadi. "Saya yakin mukjizat itu ada," ujar Helen.

Sementara itu adik Mus Mulyadi, Mus Mujiyono juga mengidap penyakit serupa. Agar tidak mengalami nasib seperti kakaknya, musisi jazz berusia 49 tahun itu kini lebih berhati-hati dalam mengatur pola hidup. "Otomatis saya lebih hati-hati," katanya. "Tapi menjaga kesehatan juga enggak usah terlalu over, olahraga sewajarnya saja."

Mus Mulyadi memulai karier sebagai pelatih band Dara Puspita di tahun 1964. Bersama band Arista Birawa, basis sekaligus vokalis ini menelurkan satu album pada 1965. Ia pun terus berkarya dan menciptakan beberapa lagu terkenal seperti Rek Ayo Rek, Kota Solo, Dinda Bestari, Jauh Di Mata, Panah Asmara, dan masih banyak lagi.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini