Sukses

10 Artis K-Pop dengan Cerita Hidup Menyedihkan

Liputan6.com, Jakarta Jadi artis ternama di Korea tampaknya menjadi impian bagi beberapa orang. Tentu saja, Hallyu Wave yang merajalela di dunia membuat nama mereka makin dikenal.

Berbondong-bondong, banyak orang yang berusaha mengikuti audisi demi menggapai impiannya sebagai artis. Setelah menjadi artis, mereka juga harus tetap bekerja keras agar bisa diterima publik.

Setelah sukses, uang dan ketenaran akan datang dengan sendirinya. Namun, tak banyak yang mengetahui fakta bahwa kehidupan beberapa artis Korea ini tak terlalu indah. Mereka datang dengan latar belakang keluarga yang menyakitkan.

Bahkan, mereka juga mengalami trauma. Siapa saja artis Korea dengan kisah hidup yang menyedihkan?

 

1 dari 11 halaman

Junjin `Shinhwa`

Junjin, idola yang menjadi boyband generasi K-pop pertama ini, memang dikenal dengan pesonanya yang tak lekang oleh waktu. Junjin dan rekan-rekannya bisa bertahan dengan Shinhwa di tengah group idola baru yang banyak bermunculan.

Meski sukses, Junjin disebut-sebut memiliki kisah menyedihkan seperti drama Korea. Pernikahan orangtua Junjin tak disetujui pihak ibunya dan keluarga mereka hidup dalam kemiskinan.

Akhirnya, orangtua Junjin bercerai di saat usia sang idola masih sangat muda. Ibu Junjin meninggalkan Junjin yang diasuh oleh neneknya. Ayah Junji akhirnya menikah lagi. Junjin memiliki adik perempuan. Namun, ayah Junjin kembali bercerai.

Beruntung, ayah Junjin akhirnya menemukan wanita baik yang bisa menjadi ibu sambung Junjin. Dibantu oleh ibu tirinya yang telah merawat dan membesarkannya, Junjin akhirnya bisa bertemu dengan ibu kandungnya. Sayangnya, Junjin kecewa dengan perlakuan wanita yang telah melahirkannya itu. Junjin pun berjanji tak akan menemui ibu kandungnya lagi.

2 dari 11 halaman

Leeteuk `Super Junior`

Leeteuk harus menghadapi perceraian orangtuanya saat masih berusia 5 tahun. Saat itu, Leeteuk sama sekali tak mengerti mengapa ayah dan ibunya harus bercerai, diwartakan Nate.

Sebuah kabar menyebutkan ayah Leeteuk kerap kali melakukan kekerasan terhadap leader Super Junior itu. Namun Leeteuk tak pernah mengungkapkan mimpi buruk dalam hidupnya kepada orang lain.

Secara perdana, Leeteuk baru bisa menceritakannya dalam sebuah acara, membuatnya tak bisa menahan tangis. Leeteuk secara jujur mengungkapkan dirinya mengalami trauma.

Pada 2014 silam--saat Leeteuk masih wajib militer--ayah Leeteuk ditemukan tergantung di langit-langit kamarnya. Sementara kakek dan nenek Leeteuk meninggal dunia di atas tempat tidur dengan posisi berdampingan. Ayah Leeteuk meninggal dunia akibat bunuh diri. Ia sempat menghabisi nyawa kedua orangtuanya (kakek-nenek Leeteuk) terlebih dahulu.

3 dari 11 halaman

Yunho `TVXQ`

Yunho, personel TVXQ yang mampu membuat penggemarnya--khususnya wanita--lumer, menelan pil pahit dalam hidupnya. Semua itu terjadi saat ayah Yunho mengalami kebangkrutan.

Yunho yang merasa bertanggung jawab membuatnya jadi bertindak lebih dewasa di usia 12 tahun, dengan membiayai kebutuhan adik perempuannya. Saat Yunho menggapai impiannya--dengan menjadi trainee di bawah SM Entertainment--ayah Yunho sangat marah. Namun Yunho tetap ingin menjadi idola.

Saat menjadi trainee, Yunho sama sekali tak punya uang untuk menyewa apartemen. Akhirnya, Yunho harus tidur di stasiun setiap malam seperti gelandangan.

Setelah bertemu Junsu, Yunho baru bisa menumpang di rumahnya. Kejadian menyedihkan yang pernah dialami Yunho lainnya: ia mengira ayahnya selingkuh dengan wanita lain. Akhirnya, Yunho membuntuti sang ayah pukul 4 pagi. Yunho justru terkejut saat melihat ayahnya menjadi loper koran untuk uang tambahan.

4 dari 11 halaman

Dara `2NE1`

Sandara Park yang biasa dikenal dengan Dara memulai kariernya di industri hiburan di Filipina. Namun ayah Dara menggunakan hasil jerih payahnya untuk berjudi atau menipu orang lain.

Untuk mendapatkan uang, Dara bahkan setuju untuk berfoto seksi. Hal itu tak pernah lagi dilakukannya sejak bergabung dengan YG Entertainment. Kondisi keuangan Dara makin parah setelah pamornya turun.

Tak lama, ayahnya ditangkap. Dara dan keluarganya kembali ke Korea. Di negara asalnya, Dara rupanya mendapatkan kesempatan menata kembali kariernya sebagai artis.

Dara pun kini terkenal sebagai personel 2NE1 asuhan YG Entertainment. Wajah polos Dara mebuatnya kebanjiran tawaran iklan dan pemotretan.

5 dari 11 halaman

Gil `Leessang`

Gil, salah seorang member duo Leessang yang merupakan teman duet Gary ini, juga punya trauma tersendiri. Saat terlibat dalam Infinity Challenge, masalah Gil terungkap di depan publik.

Saat itu Gil harus memberikan nasihat kepada murid di sebuah sekolah di Korea Selatan. Namun Gary menolaknya. Dia menyebutkan dirinya punya masalah setiap harus memberikan nasihat kepada orang lain.

Gil tak pernah bisa berbicara kepada orangtuanya. Hal itu membuat Gil sulit mengungkapkan perasaannya. Gil menyebutkan, ia sempat melihat ayahnya mengalami kejatuhan mental. Bahkan, ayahnya juga menderita stroke karena bangkrut.

Sebellum bangkrut, keluarga Gil sangat kaya raya hingga memiliki pusat perbelanjaan. Akhirnya, keluarga Gil harus menempati rumah yang sangat kecil. Ayah Gil pun meninggal dunia karena serangan jantung.

6 dari 11 halaman

HyunA `4Minute`

Sebelum menjadi anggota 4Minute, HyunA tercatat sebagai rapper di Wonder Girls. Namun orangtua HyunA memaksanya keluar karena masalah kesehatan.

HyunA hengkang saat Wonder Girls berada di puncak popularitas. HyunA pun mendapatkan kritikan pedas dari penggemarnya dan ia dianggap tak konsisten.

Saat HyunA hengkang, banyak sekali kabar buruk yang menderanya. Salah satunya, isu mengenai HyunA telah hamil di luar nikah. Hal itu merupakan pukulan pahit bagi HyunA. Padahal, HyunA mengalami masalah kesehatan karena sering pingsan, sehingga dikhawatirkan mengganggu kinerja member Wonder Girls lainnya.

HyunA membuktikan kabar tersebut tak benar. Salah satunya, dengan tampil setelah dirinya sembuh dari masalah kesehatan yang dialaminya. Meski bergabung dengan group idola lain, HyunA masih tetap bisa berkarya.

7 dari 11 halaman

Yoona `Girls Generation`

Yoona Girls Generation dikenal sebagai anggota yang lincah dan ceria. Tak banyak yang mengetahui Yoona memiliki drama kehidupannya sendiri.

Yoona tumbuh dan besar tanpa kehadiran sang ibu. Semua itu terjadi saat orangtua Yoona bercerai. Yoona pun tak mengingat mengenai sosok ibu kandungnya.

Setelah menjadi idola, Yoona juga menjadi orang yang tertutup. Ia jarang mengungkapkan masalah pribadinya di depan publik. Namun Yoona memberikan isyarat mengenai kondisinya saat menerima penghargaan.

Yoona hanya menyebutkan ayahnya saja--bukan orangtua atau ayah dan ibu--sebagai orang yang paling memberikan dukungan.

8 dari 11 halaman

Kim Jaejoong

Kim Jaejoong, member JYJ ini dianggap sebagai idola dengan visual yang sempurna. Jaejoong tampak seperti karakter anime yang diidolakan banyak wanita. Senyumnya yang hangat membuat penggemar histeris. Namun Jaejoong juga memiliki mimpi buruk dalam hidupnya.

Jaejoong merupakan anak adopsi karena ibunya tak bisa membiayainya. Jaejoong yang tak ingin terlalu menyusahkan keluarga angkatnya itu bekerja keras untuk menyambung hidup demi tempat tinggal dan makanan.

Jaejoong sempat bekerja dengan menjual darahnya. Jaejoong juga dikabarkan mengalami tuli sementara saat masih sekolah, maka impiannya menjadi penyanyi hanya harapan kosong.

Roda kehidupan memang berputar. Jaejoong rupanya berhasil menggapai impiannya. Kini, Jaejoong menjadi salah seorang idola terkenal tak hanya di Asia saja, tapi juga beberapa negara lainnya di dunia.

9 dari 11 halaman

Eunhyuk `Super Junior`

Eunhyuk boleh saja dikenal sebagai salah seorang anggota Super Junior yang konyol. Sayangnya, hidup Eunhyuk tak terlihat menyenangkan. Beberapa kabar menyebutkan Eunhyuk besar dalam kondisi keluarga yang sulit.

Eunhyuk tak punya uang untuk belajar tambahan. Eunhyuk yang disebut-sebut telah memiliki bakat bernyanyi sejak kecil mengumpulkan uang dengan menjadi pengamen.

Bahkan, Eunhyuk sampai harus menumpang di stasiun saat ingin buang hajat atau mandi. Semua itu terjadi karena keluarganya terlalu miskin.

Kini, masa lalu Eunhyuk hanya tinggal kenangan. Sebagai personel boyband terlaris di ranah K-Pop, Eunhyuk bisa membuat keluarganya bangga dengan pencapaiannya itu. 

10 dari 11 halaman

Kim Soo Hyun

Selama ini, Kim Soo Hyun menjaga kehidupan pribadinya agar tak terlau diketahui publik. Rupanya aktor yang bermain dalam Man from the Star itu memiliki cerita pahit mengenai keluarganya.

Semua itu terungkap ketika artis pendatang baru bernama Kim Juna mengaku dirinya sebagai adik dari Kim Soo Hyun. Sementara, Kim Soo Hyun menyebutkan dirinya adalah anak tunggal yang dilahirkan oleh ibunya.

Sebuah fakta terungkap, Kim Soo Hyun memang anak tunggal karena dilahirkan dan dibesarkan sang ibu seorang diri. Kim Soo Hyun hanya membagi nama keluarga ayahnya saja. Namun, ayahnya dikabarkan meninggalkan Kim Soo Hyun dan ibunya untuk menikah lagi. Jadi, jangan pernah berkomentar negatif mengenai Kim Soo Hyun yang memang merasa dibuang oleh ayahnya. Setelah sukses dan terkenal, keluarga sang ayah ingin mengambil keuntungan.

Wabita yang mengaku sebagai adik Kim Soo Hyun, Kim Juna, memang memiliki hubungan darah dengan sang aktor karena memiliki ayah yang sama. Namun Kim Soo Hyun dan Kim Juna tak pernah bertemu atau berhubungan, diwartakan Nate.