Sukses

4 Celebrity Chef Indonesia, Antara Seksi dan Sensasi

Liputan6.com, Jakarta Munculnya sosok-sosok celebrity chef Indonesia tak lepas dari kehadiran program acara memasak dan kompetisi koki yang marak di layar kaca, lima tahun terakhir. Mereka mendadak jadi seleb. Ya, sebagai seleb maka kehidupan pribadi mereka pun disorot masyarakat dan menjadi incaran para wartawan untuk diangkat jadi berita.

Mengutip Wikipedia, celebrity chef sebenarnya diartikan sebagai koki di dapur (resto atau hotel) sebelum terkenal. Lantaran memiliki magnet dengan acara televisinya, sosok-sosok celebrity chef ini pun bisa saja hadir di berbagai acara sosialita dan kaum jetset ibu kota. Dan, apapun yang mereka lakukan menyisakan sensasi tersendiri buat masyarakat. 

Itulah yang terjadi pada sederet koki cantik yang masuk deretan celebrity chef di Indonesia saat ini. Kilau bintang mereka nyaris disejajarkan dengan bintang film box office atau penyanyi kondang pemilik banyak hits. Uniknya masyarakat bisa saja lupa apa apa nama acara masak memasak yang dipandu para koki-koki cantik. 

Celakanya lagi bisa jadi mereka sebenarnya tak punya resto atau signature dishes dan hanya sensasi kehidupan pribadinya yang diingat masyarakat. Maklumlah, celerity chef di Indonesia belum sesempurna celebrity chef di dunia seperti Gordon Ramsey, Anna Olson atau Rachael Ray yang sosoknya bisa kita lihat di acara memasak di televisi kabel.

Padahal, celebrity chef dunia itu bisa termasuk seleb yang memiliki kekayaan atau aset fantastis dari hasil pekerjaan mereka sebagai koki. Tapi, itu belum terjadi di Indonesia. Tapi, apapun koki-koki cantik Indonesia ini menjadi magnet lantaran keseksian dan sensasi berita tentang mereka.  

Liputan6.com mengangkat profil sebagian dari mereka. Yuk simak.

1 dari 5 halaman

Farah Quinn Kondang Hanya Karena Seksi?

Semoga Anda masih ingat ya bagaimana Farah Quinn dikenal luas? Ya, betul itu gara-gara dia memandu acara Al Chef di sebuah stasiun televisi, beberapa tahun silam. Lantaran keberhasilan acara itu disukai pemirsa, Farah Quinn mendapat penghargaan piala Panasonic Gobel Awards 2013 kategori Presenter Hobi dan Gaya Hidup Terfavorit. 

Di luar dari itu, sungguh bagi sebagian masyarakat mungkin tak ingat apa lagi kegiatan memasak Farah Quinn. Dan, tak banyak juga yang tahu, koki berdarah Palembang ini punya resto di mana, dan apa signature dishes atau menu ikonis karyanya. 

Ya, sosok Farah Quinn kadung diidentikkan dengan keseksian dan sensasi kisah hidupnya. Maklumlah, tubuhnya sintal dengan warna kulit eksotif khas perempuan Indonesia. Ketimbang masakan yang diraciknya, kaum Adam mungkin lebih banyak ingat tubuh indah Farah Quinn. Padahal, perjalanan karier Farah Quinn sebagai koki lumayan patut diapresiasi. 

Farah Farhanah, begitu nama lengkapnya sempat kuliah jurusan finance di Indiana University Of Pennsylvania, Amerika Serikat. Diam-diam Farah lebih enjoy mempelajari resep masakan ketimbang belajar ekonomi. Farah memulai kariernya di "Lydia's Pittsburgh", sebuah restoran Italia terkenal di Pittsburgh, Pennsylvania.

Dengan semangat tinggi dia kuliah lagi di Pittsburgh Culinary Institute dan mengambil keahlian khusus dalam bidang pastry atau kue-kue. Kira-kira 13 tahun yang lalu perempuan berusia 36 tahun ini telah membuka restoran sendiri "Camus" di Phoenix, Arizona. Restoran itu dianugerahi 4 bintang untuk masakan. Keren kan.

Tapi begitu balik ke Tanah Air, dan menjadi pemandu acara memasak di televisi, semua prestasi itu seolah tenggelam dengan sensasi berita tentang kehidupan pribadinya. Misalnya peristiwa perceraiannya dengan Carson Quinn. Sosoknya sebagai hot single mom dengan satu anak juga lebih menarik disorot media.

Termasuk sensasi kehidupan pribadinya yang dekat dengan pria-pria ekspatriat yang dipampangnya di akun Instagramnya. Belum lagi berita tentang liburannya di mancanegara. Dan, farah Quinn tak mau sekedar dicap koki yang seleb. "Perjalanan karier saya selama ini (dari Amerika) dengan segala ilmu dan pengalaman. Saya biayai kuliah dengan bekerja di resto dan dapur lho," katanya seuatu ketika.

 

2 dari 5 halaman

Chef Aiko Dituduh Bekas Pemijat Plus Plus

Chef Aiko belakangan menjadi buah bibir. Bukan karena menu yang dimasaknya menjadi kesukaan banyak orang. Aiko diberitakan justru karena kabar tidak enak. Ini terkait kicauan Robby Abbas, bekas penghuni penjara yang dituduh sebagai muncikari. 

Bisa dibayangkan, apa kicauan sang muncikari tentang Chef Aiko. Robby Abbas mengungkapkan Aiko pernah menjadi pemijat plus plus sebelum dikenal sebagai chef alias koki. Jelas saja, pemilik nama lengkap Aiko Sarwosri ini naik pitam. Bahkan, Aiko melaporkan Robby Abbas ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik. 

Sebenarnya, bagaimana perjalanan hidup Chef Aiko sebelum akhirnya dikenal di layar kaca sebagai koki? Dikutip dari berbagai sumber disebutkan Chef Aiko sebenarnya memulai karier sebagai model. Perempuan Medan ini, di kampung halamannya sering mengikuti kompetisi model dan tak pernah sama sekali bercita-cita sebagai koki. 

Saat ibundanya meninggal dunia, Aiko mengalami pukulan batin. Saat itu Aiko masih duduk di bangku SMA. Maka, diputuskanlah untuk hijrah ke Jakarta. Di ibukota perempuan kelahiran 6 Mei 1980 ini, mengikuti kuliah jurusan public relations setingkat D1 di sebuah universitas swasta. Jadi sama sekali tidak bersinggungan dengan memasak. 

Ah, tapi namanya nasib, apapun bisa terjadi di luar dugaan. Setelah bermain sejumlah judul FTV dan juga film Pulau Hantu 3 yang disutradarai Jose Poernomo, sosok Aiko dikenal di layar kaca. Saat itulah tawaran memandu acara memasak mampir ke pangkuannya. Bisa ditebak, dengan tubuh sintal dan kulit putih bening seperti itu, jalan mulus pun terjadi buat Chef Aiko.

Kabarnya sih Chef Aiko disebut-sebut sebagai saingan berat Chef Farah Quinn untuk urusan koki seksi. Sebelum fenomena tuduhan pemijat plus plus terjadi, Chef Aiko menuai kisah sensasional karena dikabarkan dekat dengan Saipul Jamil. Itu terjadi sebelum pedangdut itu dibui. 

Hingga akhirnya disorot karena tuduhan Robby Abbas.  Soal profesinya sebagai chef, Aiko sempat angkat bicara. Pernyataan ini untuk menampik tuduhan sebagai bekas pemijat plus plus yang juga dibantu 'kariernya' oleh sang muncikari. "Enggak tahu apa ya, saya berdarah-darah menapaki karier seperti ini dari dulu," Chef Aiko menjelaskan dengan nada sewot. 

 

3 dari 5 halaman

Chef Priscil di Parade LGBT New York

Chef Priscil patut berterima kasih pada Master Chef Indonesia, tahun 2011. Lantaran acara kompetisi memasak itu di salah satu stasiun televisi,  wajahnya dikenal masyalarat luas. Sebelumnya, aktivitas memasak Priscil hanya dikenal oleh keluarga terdekat saja. 

Kisah Priscil bersentuhan dengan dunia masak memasak sebenarnya tak terlalu istimewa. Hampir sama seperti gadis-gadis Indonesia pada umumnya, kecintaannya pada dunia kuliner ditularkan dari sang ibu dan nenek. Dalam setiap pertemuan keluarga, Priscil biasanya mendapatkan tugas untuk memasak satu jenis masakan tertentu untuk dihidangkan.

Karena hal tersebut maka Priscil berani ikut ajang kompetisi memasak di televisi, tahun 2011. Wajah orientalnya yang cantik dan gaya ekspresinya saat masakan dikomentari pedas oleh juri, membuat banyak pemirsa jatuh hati. Makanya, ketika ajang kompetisi itu usai, sosok Priscil tetap mendapat tempat di layar kaca sebagai pemandu acara memasak meski pamornya tidak secemerlang Farah Quinn. 

Selain hobi memasak mojang priangan kelahiran Bandung pada 23 November 1988 ini, juga punya gemar bernyanyi. Priscilla Princessa, begitu nama lengkapnya, tetapi tetap tekun di dunia kuliner meski tawaran menjadi model juga mampir ke pangkuannya. 

Nama Chef Piscil belakangan hanya sayup-sayup terdengar. Sampai akhirnya Agustus tahun lalu sosoknya diangkat media justru bukan karena aktivitas memasaknya. Perempuan yang bercita-cita menimba ilmu memasak di Le Cordon Bleu, di Paris, Perancis ini, kedapatan mengunggah foto di akun Instagram pribadinya dan menjadi viral sekaligus kontroversial. 

Chef Priscil berpose dengan komedian Aming, yang memakai baju karnaval agak terbuka, di tengah parade NYC, di New York City, Amerika Serikat. Pakaian Aming yang unik dan bersamaan dengan kejadian beberapa negara bagian Amerika Serikat mengesahkan berlakunya pernikahan sejenis, membuat kabar ini jadi menyengat sebagian besar masyarakat di Tanah Air. Maklum konsep LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Trasgender) adalah isu sensitif di Tanah Air. 

 

4 dari 5 halaman

Chef Rinrin Marinka, tentang Memasak dan Asmara

Di antara tiga koki seleb cantik dan seksi di atas, Chef Marinka termasuk yang paling sedikit dikulik kehidupan pribadinya. Sebagian masyarakat hanya mengetahui, Marinka menjadi juri di kompetisi memasak di televisi yang membuat Chef Priscil menjadi finalis. 

Maria Irene Susanto, nama lengkap Chef Marinka nyatanya masih awet sebagai juri kompetisi memasak sampai beberapa season di televisi. Eksistensinya memandu acara juga masih terjaga sampai saat ini. Chef Marinka memiliki acara kuliner sendiri yang dipandunya bersama chef dunia kondang dan diputar di Asian Food Channel. 

Tapi meski demikian bukan berarti perempuan kelahiran 4 Oktober 1978 ini tidak pernah disorot kehidupan pribadinya.  Paling tidak ini terkait statusnya yang masih lajang. Chef Rinrin Marinka, begitu nama bekennya,  pernah diberitakan memiliki hubungan manis dengan aktor Nino Fernandez. Di dunia maya, foto mesra mereka sempat beredar, tiga tahun lalu. 

Tapi kabar tentang kehidupan pribadinya kalah ketimbang aktifitas memasaknya. Perempuan peraih Grand Diploma of French Cuisine & Pattiseire Le Cordon Bleu Sydney, Australia ini super sibuk sebagai chef on air dan off air.  Tahun 2011 misalnya, Chef Marinka merilis buku “Fantastic Cooking” karyanya,  yang berisi 30 resep hidangan hasil eksperimen sendiri. 

Perempuan ini sempat punya resto sendiri kabarnya. Yaitu kafe “Warung Telur Ceplok” yang didirikan sebelum dia on air sebagai chef di televisi. Dia  juga sempat menjadi pengajar di Pantry Magic Cooking School, Kemang, Jakarta Selatan.

Dengan wajah bulat telurnya yang teduh dan pembawaaan ramah, Chef Marinka menjadi celebrity chef favorit banyak kalangan, dan bukan hanya kaum Adam yang sibuk melihat keindagan tubuh koki cantik.

Artikel Selanjutnya
Dandan Nyentrik, Pandji Pragiwaksono Tak Dikenali Teman
Artikel Selanjutnya
Marshanda Senang Sinetron dengan Mantan Suami Diputar