Sukses

Bentuk Kepedulian Pandji Pragiwaksono ke Anak Penderita Kanker

Pandji Pragiwaksono membuat sebuah yayasan yaitu Yayasan Pita Kuning.

Liputan6.com, Jakarta Di balik aktivitasnya sebagai komika dan pembawa acara, Pandji Pragiwaksono ternyata memiliki kegiatan yang mulia. Ia sudah 10 tahun menjalankan sebuah yayasan yang fokus bergerak untuk bantuan pada anak-anak penderita kanker. Organisasi itu diberi nama Yayasan Pita Kuning Indonesia.

Pandji Pragiwaksono

Semua itu berawal di tahun 2006, ketika saat itu ia tengah membintangi sebuah program televisi. Suatu hari Pandji dihampiri oleh seorang penonton yang bilang bahwa ada penggemar Pandji yang menderita kanker dan akan meninggal dan keinginan terakhirnya salah satunya adalah bertemu Pandji. Akhirnya Pandji mengunjungi rumah sakit Dharmais tempat anak tersebut dirawat. Di sana ia melihat banyak keluarga yang tidak mampu.

"Saya ngobrol dengan dokter, saya nanya ini keluarga yang nggak mampu yang biayain siapa? Dokter itu bilang ada sekelompok ekspatriat yang suka ngasih uang. Saya sedih, ini anak-anak Indonesia kenapa yang nolong orang asing?," tutur Pandji dalam acara Yayasan Pita Kuning di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2016).

Kemudian setelah itu pada bulan Ramadan, Pandji dan Steny Agustaf serta sejumlah anak muda membentuk Community for Children with Cancer yang kelak jadi cikal bakal Yayasan Pita Kuning.

"Saya bahas di radio tempat saya siaran selama sebulan, ternyata pendengar saya banyak yang tergerak. Akhirnya terkumpul orang yang mau bantu dan jadilah komunitas," ucap ayah dua anak itu.

Sebelumnya hanya bergerak di Jakarta, kini yayasan tersebut telah menjangkau hingga luar ibukota. Pasien anak-anak yang telah ditangani pun sudah berjumlah ratusan. Pandji juga telah mengajak Indro Warkop untuk menjadi pengawas yayasan.

Tidak hanya membantu secara teknis perawatan, Yayasan Pita Kuning juga memberi dukungan psikologis kepada para anak-anak penderita kanker.

Pandji Pragiwaksono

"Jadi masih ada beberapa aspek yang tidak bisa ditolong oleh BPJS. secara umum kita bisa bayangkan bahwa untuk membuat seorang anak pasien kanker dan keluarganya bahagia, ada banyak aspek untuk mendukung. Itulah salah satu fungsi Yayasan Pita Kuning," pungkas Pandji.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini