Sukses

Wakil Indonesia Kembali Tersenggol di D'Academy Asia 2

Wakil Indonesia harus mengakui kemampuan kontestan D'Academy Asia 2 asal Thailand, Ammy Fara.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali harus kehilangan satu jagoannya di Top 9 Dangdut Academy Asia 2. Setelah Ihsan Tarore tersingkir di Grup A D'Academy Asia Rabu (7/12/2016) lalu, kali ini giliran Duo Alfin yang harus tersenggol.

Diiringi tetesan air mata Hairi, Duo Alfin akhirnya dinyatakan tersenggol dari Group B, Jumat (9/12/2016) malam. Duo yang juga digawangi Habib ini harus mengakui keunggulan pesaingnya asal Thailand, Ammy Fara.

Duo Alfin DA3

Secara mengejutkan, dara berusia 18 tahun tersebut ternyata mampu memangkas jarak 7 poin di show malam pertama menjadi unggul 5 poin di Konser Result tadi malam. Penampilan memukau Ammy yang menyanyikan lagu berjudul "Pertengkaran" membawa Ammy lolos ke babak 6 besar.

Duo Alfin sendiri bukannya tampil buruk. Membawakan lagu berjudul "Muara Hati", mereka hanya sempat lupa lirik saja. Sebelumnya, banyak kontestan yang pernah mengalami kejadian seperti ini. Namun mereka adalah grup yang seharusnya tak boleh melakukan kesalahan. Grup, menurut para komentator, harusnya bisa saling melengkapi atau menambal kekurangan satu sama lain.

Kesalahan ini pun disebut fatal. Penilaian komentator lantas berbanding lurus dengan dewan juri voting. Rata-rata mereka hanya memberi nilai 87 poin. Akhirnya, total nilai yang berhasil dikumpulkan Duo Alfin pun hanya mencapai 1061 poin. Jumlahnya cukup jauh dibawah Ammy yang mampu meraih 1066 poin.

Ammy Fara (sumber: daa2_ammyfara)

Naiknya perolehan nilai Ammy sendiri cukup mengejutkan. Dianggap kurang maksimal, namun para juri tetap memberi nilai-nilai cukup tinggi. Ia banyak mendapat 90 poin hingga membantunya terus memperpendek jarak. Puncaknya di juri terakhir yang dilakukan kompatriotnya, Sukree Mamagh. Bang Kree memberi Ammy 91 poin, sementara untuk Duo Alfin hanya 87 poin.

Di sisi lain, nilai keduanya cukup jauh dibawah jagoan tuan rumah lainnya yang masuk Group B. Ical juara DA 3 memuncaki klasemen dengan total nilai 1109 poin. Penampilan spektakuler Ical lewat lagu "Pengalaman Pertama", memberinya nilai tinggi dengan rata-rata 94 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.