Sukses

Mengenal Nana Riwayatie, Perempuan Berhijab Kakak Angkat Ahok

Nana Riwayatie sempat bermain film di era tahun 1980-an. Adiknya adalah mantan suami penyanyi Trie Utami.

Liputan6.com, Jakarta Nama Nana Riwayatie tiba-tiba menjadi buah bibir. Itu karena beredar sekeping foto dirinya sedang memeluk Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama. Kejadian itu terjadi di ruang mediasi bekas gedung Pengadilan Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016). Selasa pagi, Ahok menjalani sidang perdana dugaan penistaan agama. 

Bagi sebagian orang, apalagi pendukung Ahok, kejadian Nana Riwayatie memeluk Ahok dari belakang yang sedang duduk menjadi momen yang mengharukan. Tampaknya, perempuan bertahi lalat di atas bibir kanan itu sedang menenangkan adik angkatnya tersebut. 

Kepada Liputan6.com yang menghubunginya usai sidang, Nana Riwayatie menegaskan bahwa Ahok bahkan lebih islami dari dirinya. "Enggak mungkin dia menistakan agama Islam. Ini dipelintir aja," katanya. 

Nana Riwayatie adalah sulung dari dua bersaudara putra Andi Baso Amir, tokoh kondang asal Makassar. Ibunda Nana Riwayatie, Masaribu, sudah dianggap sebagai ibu sendiri bagi Ahok. 

Dalam sebuah laman, Andi Analta Baso Amir sempat mengatakan ayahnya dan ayah Ahok sempat berjanji akan menjadi saudara sampai akhir hayat. "Jadi Ahok itu ya adik angkat kami. Makanya kami sekolahkan dia dan kami urus dia," kata Andi Analta Baso Amir.  

Pria yang juga mantan suami penyanyi Trie Utami ini menegaskan, Ahok begitu sayang pada ibunya. Soal sekolah ini juga ditegaskan Ahok saat sidang Selasa pagi. Biaya S2 Ahok di Prasetya Mulia disokong oleh keluarga Nana Riwayatie.

Analta dan juga Nana Riwayatie memang mendukung penuh saat Ahok menjalani kasus dugaan penistaan agama. Perempuan yang menikah dengan Hafil Budianto Abdulgani (putra pejuang kemerdekaan Roeslan Abdulgani) ini bahkan sampai datang ke ruang sidang pengadilan Selasa pagi ini, meski bermukim di Amerika Serikat. 

Ibu dua anak ini sebelum disorot karena kasus Ahok dikenal sebagai selebritas di era tahun 1980-an. Dalam lama IMDb tercatat Nana Riwayatie sempat bermain dua judul film di era tahun 1980-an, yaitu Tomboy (1981) dan juga Tiga Dara Mencari Cinta (1980). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini