Sukses

Solusi Jitu Biar Nggak Melulu Gagal Menabung!

Liputan6.com, Jakarta Kalau mendengar kata menabung, biasanya yang terlintas adalah perasaan berat untuk menyisihkan uang selama beberapa waktu, walaupun hasil akhirnya pasti akan bikin senang juga.

Beda kalau kita dengar kata belanja, pasti langsung semangat, padahal hasil akhirnya mungkin bikin kita jadi harus ngirit sampai akhir bulan.

Hayoo… ngaku siapa yang rajin belanja tapi suka susah menabung karena uangnya terpakai terus?

Padahal menabung itu penting banget untuk masa depan. Kita perlu punya ‘pegangan’, tabungan yang fungsinya untuk biaya tak terduga. Kita juga perlu punya simpanan masa depan selama kita masih di usia produktif. Namun sayangnya, masih banyak alasan yang membuat kita akhirnya selalu gagal menabung.

Jangan khawatir, kamu akan terbebas dari sulitnya membiasakan diri menabung kalau kamu simak solusi jitu di bawah ini:

1. Niat

Kalau ada niat pasti ada jalannya, betul begitu? Betul dong! So... kamu harus niatkan diri kamu untuk bisa mengatur manajemen keuangan mu, salah satunya niat untuk menyisihkan uang gaji atau uang yang kamu punya untuk ditabung.

2. Catat Anggaran Belanja

Ini penting untuk kamu buat. Coba pikirkan dan tuliskan apa saja yang jadi biaya pengeluaran tetap kamu tiap bulan. Buat perkiraan juga untuk barang yang memang perlu kamu beli di waktu tersebut. Ingat, pastikan yang diutamakan adalah barang yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Setelah itu, baru kamu bisa menambahkan kemungkinan untuk membeli barang incaran yang mungkin sudah kamu incar sejak lama.

Saat kamu menerima pemasukan, jangan langsung beli barang incaran, utamakan untuk pembelanjaan bulanan terlebih dahulu sesuai anggaran yang kamu siapkan.

3. Lakukan Sesuai Catatan Pembelanjaanmu

Setelah melakukan poin di atas, itu tandanya kamu harus mengeluarkan uang atau membelanjakan gajimu sesuai anggaran yang kamu buat. Utamakan untuk membeli kebutuhan bulanan atau kebutuhan tetapmu dulu. Contohnya bayar tagihan dan cicilan yang sedang berjalan, kebutuhan orang tua atau keluarga, dan lainnya.

4. Pakai Rekening yang Berbeda untuk Menabung

Buat rekening berbeda yang memang dikhususkan untuk menabung, terpisah dari rekening yang kamu pakai untuk transaksi sehari-hari. Pilih bank yang menawarkan biaya administrasi bulanan rendah serta memiliki fasilitas mesin ATM atau EDC yang terbatas. Hal ini akan membuatmu mendapat potongan bulanan yang lebih minim dan terhindar dari kecenderungan untuk menarik atau menggesek kartu ATM dari rekeningmu.

Masih merasa kesulitan mengikuti 4 tips di atas? Kalau begitu kamu perlu mengenal Jenius. Aplikasi revolusioner perbankan dari Bank BTPN ini yang menawarkan cara berbank baru yang akan menemani kamu kapan aja, di mana aja. Jenius membantumu mengelola keuangan dengan lebih cerdas, aman, dan gak ribet karena semuanya bisa diakses langsung dari smartphone-mu. Mulai dari transaksi keuangan, tabungan deposito, hingga pengaturan limit belanja bisa kamu kelola dari aplikasi Jenius. Kini kendali bank ada di genggaman tangan.

Jenius juga bebas dari biaya administrasi, jadi tidak ada biaya tak terduga yang akan mengurangi tabunganmu. Selain itu, Jenius juga memiliki fitur yang memungkinkanmu untuk memiliki tabungan dalam tabungan. Tanpa perlu membuat rekening bank baru khusus untuk menabung, uangmu akan tersisih dan aman dari transaksi harian.

Ingin tahu lebih banyak tentang Jenius? Klik di sini!

Download dan aktivasi Jenius untuk iOS atau Android sekarang.

Powered By:

Jenius