Sukses

Seleksi Piala Oscar Diumumkan, Bagaimana Nasib Wakil Indonesia?

Indonesia mengirimkan film Surat dari Praha dalam seleksi Piala Oscar 2017 untuk kategori film Berbahasa Asing Terbaik.

Liputan6.com, Los Angeles Malam puncak Academy Awards 2017 memang baru dilaksanakan pada 26 Februari tahun depan. Namun atmosfer perhelatan akbar bagi insan perfilman ini sudah terasa mulai dari sekarang.

Yang terbaru, panitia Piala Oscar sudah mengumumkan daftar sembilan calon nomine dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dari total 85 film yang telah didaftarkan.

Poster Surat dari Praha

Indonesia sendiri telah mengirimkan film Surat dari Praha sebagai wakil dari Tanah Air. Lantas, apakah film karya sutradara Angga Dwimas Sasongko yang dibintangi Julie Estelle dan Tio Pakusadewo ini masuk dalam sembilan judul film terpilih?

Sayangnya, Surat dari Praha tak termasuk dalam sembilan film yang lolos seleksi dewan juri.

Dilansir dari Variety, Jumat (16/12/2016), lewat pengumuman resmi Academy Awards, kesembilan film tersebut adalah Tanna (Australia), It’s Only the End of the World (Kanada), Land of Mine (Denmark), Toni Erdmann (Jerman), The Salesman (Iran), The King’s Choice (Norwegia), Paradise (Rusia), A Man Called Ove (Swedia), dan My Life as a Zucchini (Swiss).

Kesembilan film ini, dipilih oleh anggota Academy Awards di Los Angeles yang terdiri dari beberapa ratus orang yang telah menonton film tersebut. Mereka kemudian menggelar voting yang menghasilkan enam film calon nomine. Dewan eksekutif dari pihak Academy untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik, lantas menambahkan tiga judul film lagi.

A Man Called Ove (IMDb)

Sembilan film hasil saringan ini kemudian ditayangkan untuk komite pemilihan di New York, Los Angeles, dan London. Mereka akan memilih film apa yang akan masuk dalam nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik di Piala Oscar 2017. Daftar nominasi untuk kategori ini, akan diumumkan pada 24 Januari mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini