Sukses

10 Fakta Unik Princess Disney

Liputan6.com, Jakarta Disney sukses membuat Princess Disney menjadi karakter animasi paling terkenal di dunia. Sejak Snow White muncul pada 1937 silam, Disney pun terus membuat karakter baru berdasarkan legenda atau cerita rakyat.

Untuk membuat lebih ramah kepada anak-anak, Disney pun juga membuat sedikit modifikasi dalam cerita Princess Disney. Beberapa cerita adaptasi dari Brother Grimm terkadang memiliki akhir cerita kejam atau menyedihkan.

Salah satunya, dalam kisah Cinderella. Di cerita Brother Grimm, kakak tiri Cinderella memotong jarinya agar bisa muat di sepatu kaca. Akhir cerita, Cinderella yang telah menikah dengan pangeran membalas kejahatan ibu dan kakak tirinya dengan kejam.

Cinderella menyuruh elang mematuk mata ibu dan saudara tirinya, serta mengusir mereka dari istana dan kota. Disney membuat ceritanya happy ending. Lalu, apa saja fakta lain mengenai Princess Disney yang tak banyak diketahui publik?

1 dari 11 halaman

Hall of Fame Snow White

Snow White, Princess Disney pertama dalam klasik Disney yang tampil dalam film Snow White and the Seven Dwarfs pada 1937 silam. Snow White menjadi salah satu Princess Disney terpopuler hingga saat ini, seolah tak lekang oleh waktu.

Pada 1987, Snow White berhasil menorehkan namanya di Hollywood Walk of Fame. Dia adalah karakter Princess Disney pertama yang mendapatkan prestasi ini, diwartakan The Richest.

 

2 dari 11 halaman

Kemunculan Aurora

Aurora boleh saja menjadi salah satu karakter utama dan penting di film animasi Sleeping Beauty (1969). Namun kehadiran Aurora ternyata tak ubahnya seperti karakter pendukung.

Aurora hanya muncul selama 18 menit di layar. Ia hanya berbicara sebanyak 18 kalimat di seluruh film. Aurora dianggap sebagai Princess Disney yang jarang muncul, tapi tetap nge-hits.

3 dari 11 halaman

Nama Tiana

Tiana merupakan karakter Princess dalam film Princess and The Frog (2009). Disney kembali mengadaptasi kisah dari Brother Grimm, mengubah sedikit ceritanya. Jika dalam versi aslinya, The Frog Prince bercerita tentang petualangan katak mencari cinta sejati. Katak yang terkena kutukan itu langsung berubah menjadi pangeran saat dicium sang puteri.

Namun dalam Disney, ceritanya menitikberatkan pada Tiana, putri yang ternyata ikut terkena imbas akibat mencium katak. Tiana berubah menjadi makhluk amfibi itu.

Tiana harusnya bernama Madeline atau Maddy. Namun banyak yang protes dengan nama Madeline karena dianggap sebagai nama budak Afro Amerika. Disney pun mengubahnya menjadi Tiana.

Tiana dalam Princess and the Frog (2009)

4 dari 11 halaman

Ukuran Kaki Cinderella

Cinderella menjadi salah satu karakter paling terkenal dari Princess Disney. Princess dalam era klasik yang dibenuat Disney tahun 1950 silam, digambarkan sebagai seorang putri dengan kisah hidup menyedihkan sepeninggal ibunya, ayahnya menikah lagi dengan wanita yang ternyata kejam.

Dengan bantuan ibu peri, Cinderella berhasil menjadi tamu dalam pesta pangeran. Sepatu kaca menjadi ciri khas Cinderella yang tengah menyamar. Sang pangeran menggelar sayembara menemukan sang putri cantik.

Tak banyak yang mengetahui, ukuran kaki Cinderella sangat kecil. Berdasarkan laporan, kaki Cinderella yang mungil hanya berukuran 35 centimeter. Hal itu membuatnya terlihat sangat indah dan pas di sepatu kaca.

5 dari 11 halaman

Tarian Belle

Jika menyaksikan tarian Belle dan The Beast dalam film animasi yang tayang 1991 silam, pecinta Disney seolah mengalami `Deja Vu`. Dansa yang dilakukan Belle dan The Beast memang sama dengan Aurora dan sang pangeran.

Disney menggunakan format dan gerakan yang sama untuk Sleeping Beauty (1967) dan Beauty and the Beast.

 Beauty and the Beast (1991)

6 dari 11 halaman

Pocahontas

Pocahontas merupakan satu-satunya karakter Princess Disney yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Dirilis 1995 silam, Pocahontas terinspirasi dari kisah hidup puteri kepala suku Powhatan yang hidup 1596 hingga 1617 silam.

Pocahontas dianggap sebagai wanita suku pedalaman yang pertama kali berinteraksi dengan orang Asing, Inggris yang mulai masuk ke Amerika. Film animasi Pocahontas dibuat 400 tahun memperingati ulang tahun Pocahontas yang asli.

7 dari 11 halaman

Legenda Mulan

Mulan atau Fa Mulan adalah Princess Disney kedelapan yang rilis 1998 silam. Mulan merupakan karakter yang dianggap mendobrak stereotipe Princess Disney selama ini.

Mulan terinspirasi dari legenda Hua Mulan dari Tiongkok. Mulan juga disebutu karakter feminisme yang ada di Princess Disney.

8 dari 11 halaman

Cinderella Bikin Bangkrut

Disney sempat kseulitan mengembalikan modal yang dikeluarkan saat membuat Cinderella pada 1950 silam. Saat itu, film Cinderella nyaris tak disukai.

Bahkan, Disney nyaris mengalami kebangkrutan akibat merilis Cinderella. Beruntung Cinderella ternyata menuai sukses.

9 dari 11 halaman

Istana Frozen

Ada fakta menarik mengenai Elsa dalam film animasi Frozen yang ruilis 2013 silam. Princess Disney berkekuatan es ini memiliki istana yang indah.

Istana es milik Queen Elsa bisa berubah warna sesuai dengan mood. Saat Elsa bahagia, istananya akan berubah biru. Tapi, ketika merasa takut akan menjadi merah. Saat marah berwarna kuning. Namun saat Elas sedih akan menjadi ungu.

10 dari 11 halaman

Rambut Ariel

Ariel merupakan Princess Disney dalam The Little Mermaid, film animasi yang keluar 1989 silam. Ariel, karakter Princess Disney yang berasal dari dasar lautan. Ariel yang menjadi anak kesayangan Raja Triton ini berambut merah menyala.

Namun Disney awalnya ingin membuat Ariel dengan rambut pirang. Sayangnya, film Splash yang diperankan Daryl Hannah rilis terlebih dahulu, putri duyung bermabut pirang. Menghindari disebut plagiat, Disney mengubah warna rambut Ariel.

Artikel Selanjutnya
Berakting Lagi, Angelina Jolie Bakal Muncul di Maleficent 2
Artikel Selanjutnya
Boob Nails, Riasan Kuku Unik dengan Bentuk Payudara