Sukses

10 Film Terpopuler Tahun 2016 Versi IMDb

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menyambut berakhirnya tahun 2016, situs film IMDb alias Internet Movie Database memberikan sebuah daftar film yang cukup menarik. IMDb merilis daftar film paling populer sepanjang tahun ini versi situs kondang tersebut.

Dilansir dari situs IMDb, Selasa (20/12/2016), perhitungan ini tidak didasari oleh besaran box office maupun penilaian para pengguna IMDb. Penentuan peringkat ini, didasari oleh MovieMeter, yakni jumlah akses terhadap laman film tersebut.

Dari film-film yang masuk dalam daftar terpopuler IMDb ini, sebagian besar juga memiliki pendapatan yang fantastis. Kecenderungan lain yang terlihat dari daftar ini, adalah bahwa film daur ulang dan film superhero, masih menguasai tahun 2016.

Jadi, film apa yang paling populer di tahun 2016 versi IMDb? Ini dia hitung mundurnya.

1 dari 11 halaman

10. The Legend of Tarzan

Si Raja Hutan kembali dihidupkan oleh Alexander Skarsgård dan salah satu bintang paling panas tahun ini, Margot Robbie. Hanya saja, pendapatan The Legend of Tarzan "hanya" US$ 356 juta dari US$ 180 juta modal yang telah dikeluarkan. Tak membuat produser rugi, meski tak terbilang besar-besar amat.

2 dari 11 halaman

9. Warcraft: The Beginning

Mengingat Warcraft adalah salah satu video game yang sangat populer, tak heran penonton begitu menunggu kehadiran Warcraft: The Beginning. Setelah dirilis bulan Mei lalu, film ini bahkan memecahkan rekor Prince of Persia: The Sands of Time, sebagai film adaptasi video game dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah.

3 dari 11 halaman

8. Ghostbusters

Ghostbusters, bisa jadi merupakan film yang paling dibenci orang, bahkan sebelum filmnya rilis. Pasalnya, banyak orang yang tak rela film klasik Ghostbusters tahun 1984 kembali dibuat ulang, apalagi diperankan para wanita. Trailer film ini, bahkan penuh dengan orang yang mencaci maki Ghostbusters.

Namun ternyata rasa ingin tahu orang terhadap film ini masih besar. Buktinya Ghostbusters masuk dalam daftar ini, dan masih bisa meraup pendapatan US$ 230 juta.

4 dari 11 halaman

7. The Magnificent Seven

Tampaknya banyak orang penasaran dengan versi baru dari film The Magnificent Seven versi tahun 1960. Belum lagi penampilan para aktor cemerlang seperti Denzel Washington, Chris Pratt dan Ethan Hawke dalam melawan kebatilan dalam dunia Wild West.

 

5 dari 11 halaman

6. Jungle Book

Banyak orang ragu dengan versi live action film animasi Jungle Book tahun 1967 ini. Apalagi bintang utama film ini, Neel Sethi, adalah bintang cilik pendatang baru yang harus berakting sendirian di tengah efek komputer.

Namun ternyata, film ini sukses besar. Tak hanya pendapatan sebesar US$ 966 juta dan posisi jawara box office, film ini juga panen pujian dari kritikus.

6 dari 11 halaman

5. X-Men: Apocalypse

Sejarah dunia para mutan berlanjut di tahun 2016 dengan kemunculan X-Men: Apocalypse. Meski dihantam kritik bertubi-tubi, film ini tetap melenggang di jajaran box office dengan pendapatan US$ 544 juta. Tak hanya itu, sekuelnya kini juga tengah digodok.

 

7 dari 11 halaman

4. Deadpool

Ini dia sang kuda hitam yang gila-gilaan di tahun 2016. Meski hanya kebagian modal tak seberapa—terutama untuk ukuran film superhero—film ini mampu memanen pendapatan US$ 783 juta. Dalam daftar ini, Deadpool juga mendapat nilai rating tertinggi dari pengguna IMDb, yakni 8,1 dari 10 bintang.

Tak hanya itu, film superhero yang penuh adegan kekerasan ini, juga berhasil mendapat dua nominasi Golden Globes, termasuk Aktor Terbaik untuk Ryan Reynolds.

8 dari 11 halaman

3. Batman v Superman: Dawn of Justice

Batman versus Superman adalah salah satu duel yang paling ditunggu para penggemar komik. Sayang, film ini tak mampu memenuhi ekspektasi banyak orang, termasuk para penggemar.

Meski begitu, hal ini tak membuat pendapatan film ini berkurang. Batman v Superman: Dawn of Justice, mampu meraup pendapatan sampai US$ 873 juta.

9 dari 11 halaman

2. Captain America: Civil War

Ini adalah film terlaris nomor satu untuk tahun 2016, dengan pendapatan mencapai US$ 1,15 miliar. Tak hanya terlaris, film ini juga sangat menyedot perhatian para pencinta film. Tak heran, Captain America: Civil War duduk di posisi kedua dalam daftar ini. 

Tampaknya, banyak orang yang penasaran bagaimana naskah komik Civil War diadaptasi ke layar lebar. Mungkin juga banyak orang yang ingin tahu ada apa di balik baku hantam Captain America dan Iron Man dalam trailer filmnya.

 

10 dari 11 halaman

1. Suicide Squad

Film apa yang berhasil mengungguli para superhero di Captain America: Civil War dalam daftar ini? Tak lain dan tak bukan adalah gerombolan penjahat di Suicide Squad.

Setelah Bataman v Superman banyak mengecewakan orang, tak heran bila perhatian penggemar langsung beralih pada Suicide Squad. Sayang, film ini pun ternyata bernasib sama dengan Batman v Superman, dibantai para kritikus. Namun setidaknya, lewat film ini popularitas Margot Robbie, sang pemeran Harley Quinn, melonjak.

Tak hanya itu, Suicide Squad juga berhasil mendapat keuntungan sekitar US$ 745, dan akan dibuatkan sekuelnya.

Artikel Selanjutnya
6 Penulis Terkaya Dunia di 2017
Artikel Selanjutnya
Samurai X Bakal Punya Film Keempat