Sukses

Tak Hanya Lewat K-Pop, Ini Bukti Mesranya Indonesia dan Korsel

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum, beberapa warga Indonesia sangat terpengaruh dengan budaya hallyu. Mereka menggandrungi group idol K-Pop hingga drama Korea yang membuai.

Rupanya hal itu disambut mesra oleh idola yang kerap kali menyapa penggemar di Indonesia lewat konser atau fanmeeting. Bahkan, idol juga mengaku jatuh cinta dengan Indonesia. Terbukti, mereka mengakui terpesona dengan keindahan alam di Indonesia saat menginjakkan kaki di sini. Akhirnya, beberapa dari mereka pun kembali untuk berliburan, mulai dari Wooyoung `2PM` hingga Seungri `Big Bang`.

Hubungan Indonesia dan Korea Selatan, rupanya menunjukkan kemesraan lewat K-Pop atau budaya hallyu saja, tapi pertukaran budaya. Program Cultural Partnership Initiative (C.P.I), menjadi salah satu bukti hubungan tersebut.

 Cultural Partnership Initiative (C.P.I)

Beberapa warga Indonesia mendapatkan kesempatan menetap di negeri ginseng. Mereka ditunjukkan banyaknya budaya yang bisa digali, akhirnya bisa dikembangkan di Indonesia lewat program tersebut.

Hal itu terungkap dalam acara yang digelar baru-baru ini, di kawasan Senayan, Jakarta. Para `alumni` yang pernah berpartisipasi dalam acara Cultural Partnership Initiative (C.P.I) mengungkapkan pengalamannya selama berada di Korea Selatan. Selain budaya, mereka juga mempelajari Hangul atau bahasa Korea.

Ada seorang seniman--penari kontemporer--yang mengatakan, belajar banyak dari budaya Korea. Selain itu, terdapat seorang mangaka atau mahasiswa yang memang jatuh cinta dengan budaya Korea. Mereka pulang ke Indonesia dengan harapan, bisa mengembangkan budaya Indonesia menjadi lebih maju.