Sukses

Lagu Disebut Plagiat, Taeyeon Masuk Penyanyi Solo Terpopuler 2016

Liputan6.com, Jakarta - Taeyeon, personel Girls Generation yang sukses bersolo karier, baru saja menebar prestasi. Lagu terbarunya, "11:11" menempati posisi tersendiri di hati penggemar musik K-Pop dengan melodinya yang lembut dan easy listening, serta suara renyah Taeyeon.

Lagu "11:11" juga sukses mendarat di tangga lagu ternama di Korea Selatan, bahkan sempat merajai. Namun, kabar tak sedap menghampiri lagu solo milik pentolan Girls Generation itu.

Sebuah video yang diunggah di YouTube oleh Copycat Hunter alias pencari karya plagiat, menunjukkan beberapa temuan yang menduga lagu "11:11" merupakan hasil plagiat. Beberapa melodi dalam lagu "11:11" dicomot dari beberapa lagu ternama Hollywood, seperti diwartakan Koreaboo, baru-baru ini.

Di awal lagu, "11;11" disebut mirip dengan karya Artist vs. Poet dalam “Kids Again”. Lalu, di pertengahan lagu atau bagian reff, terdengar melodi “One Step At A Time" milik Jordin Spark.

Produser musik "11:11" dituding mengambil melodi dari dua lagu tersebut. Fans Taeyeon sempat geram idolanya disebut plagiat. Beberapa dari fans menuliskan bahwa kemiripan dalam melodi itu adalah hal yang wajar, tapi dalam batas tertentu.

"Tampaknya sudah biasa jika ada sedikit kemiripan dalam lagu. Tapi, dalam batas yang wajah, tidak seluruhnya," tulis pengguna dengan akun 와일드체리.

Kabar plagiat tak menghentikan langkah Taeyeon menguasai industri hiburan. Taeyon masuk dalam penyanyi solo terpopuler 2016. Selain lagu "11:11", karya solo milik personel Girls Generation yang dirilis sepanjang tahun ini juga berhasil menorehkan kesuksesan, diwartakan Yonhap, Minggu (25/12/2016).

Laporan dari Genie Music, lima lagu Taeyeon masuk dalam 100 teratas: "Rain" (posisi 28), "I" (48), "Why" (65), "The Blue Night of Jeju Island" (88) dan "11:11" (95th). Hal itu menjadi bukti eksistensi Taeyeon sebagai penyanyi solo, mendobrak tanggapan girlband hanya bermodal penampilan saja.

"Tampaknya tahun ini pencapaian untuk personel group idol yang bersolo karier. mereka mampu membuktikan kemampuan," sebut wakil dari Genie Music.

Artikel Selanjutnya
Dianggap Mirip Maria Ozawa, PNS Ini Jadi Sorotan
Artikel Selanjutnya
Keysha Pilih Cerai, Audi Nekat Jadi Istri Kedua Juno