Sukses

Kaleidoskop 2016: 10 Sinetron SCTV Sukses Sedot Perhatian (Bag.1)

Liputan6.com, Jakarta Gempuran serial impor khususnya dari negara India dalam dua tahun terakhir, begitu masif menyerbu stasiun tv swasta. Fenomena ini secara langsung menyebabkan perubahan selera tontonan, menjangkiti sebagian masyarakat Indonesia. Tayangan sinetron mulai ditinggalkan. Beberapa yang mampu bertahan adalah yang bisa menghadirkan cerita berbeda.

Tahun 2016 pun jadi tahun terberat buat program sinetron yang tayang di SCTV. Sepanjang tahun ini, dari total 38 judul yang tayang, hanya 4 saja yang mampu melewati jumlah 100 episode. Sisanya, hanya berkisar di angka 30an, dan mentok di episode 70an.

Meski berdurasi tak panjang untuk ukuran suksesnya sebuah sinetron stripping, bukan berarti sinetron-sinetron tersebut tak berkualitas. Justru dengan 30-70 episode saja, sinetron-sinetron ini jadi jauh lebih berkesan bagi penonton.

Mengisi salah satu Kaleidoskop 2016, kami pun lantas memilih 10 di antaranya sebagai 10 Sinetron SCTV yang Sukses Menyedot Perhatian sepanjang tahun 2016. Apa saja? Simak disini.

1 dari 6 halaman

Anak Menteng

Anak Menteng

Tayang 7 Desember 2015 lalu, Anak Menteng mampu bertahan hingga usai pada 28 Mei 2016. Anak Menteng menjadi salah satu sinetron yang menyentuh 100 episode, tepatnya dengan jumlah 149 episode.

Pada awalnya, Anak Menteng diniatkan bisa menyaingi sinetron bertema balapan motor yang tengah berjaya di akhir tahun lalu. Namun belakangan, sinetron produksi Amanah Surga Productions ini merombak ceritanya menjadi drama keluarga.

Yang menarik dari Anak Menteng, sinetron ini tak menganut pakem satu tokoh wanita untuk satu tokoh pria. Selama penayangannya, tak kurang terjadi 10 kali pergantian pemain wanita. Semuanya diplot sebagai pasangan Lucky Perdana yang jadi karakter utamanya.

2 dari 6 halaman

Siapa Suruh Datang Jakarta

Siapa Suruh Datang Jakarta

Siapa Suruh Datang Jakarta bisa dibilang sebuah ide brilian Starvision Plus yang memboyong para jebolan Stand Up Comedy Academy Indosiar berakting layaknya bintang sinetron.

Cemen, Ephy, Bene Dion, dan Musdalifah diplot jadi empat sekawan mahasiswa perantauan. Berbagai cerita lucu keempatnya mewarnai 39 episode tayangnya. Siapa Suruh Datang Jakarta sendiri tayang dari 18 Januari hingga 26 Februari 2016 lalu.

Meski cukup singkat, sinetron ini bisa berprestasi. Di ajang SCTV Awards 2016 lalu, Siapa Suruh Datang Jakarta berhasil masuk dua nominasi. Pertama, Pendatang Baru Paling Ngetop untuk Cemen. Dan kedua, masuknya lagu Bang Jono dikategori Soundtrack Sinetron Paling Ngetop.

3 dari 6 halaman

Rahasia Cinta

Rahasia Cinta

Judul kedua yang sukses melewati 100 episode adalah Rahasia Cinta dengan total 105 episode, saat tayang di SCTV pada 1 Februari dan berakhir 15 April 2016 lalu.

Sinetron ini dibintangi dua pasangan selebriti yang saat itu tengah menyedot perhatian. Glenn Alisnkie-Chelsea Olivia baru beberapa bulan menikah. Sementara pasangan lainnya adalah idola remaja, Billy Davidson-Audi Marissa.

Saat tayang, Rahasia Cinta dinilai sukses merubah image Audi Marissa. Dikenal kerap memerankan remaja alay, disini Audi tampil dewasa dan menjadi antagonis pula. Ia begitu mendalami perannya, hingga banyak pecinta sinetron yang tak ragu memujinya habis-habisan.

4 dari 6 halaman

Haji Belajar Ngaji

Haji Belajar Ngaji

Tayang pada 22 Februari hingga 3 Mei 2016 dengan total 64 episode, sinetron ini tak memasang bintang idola sebagai pemeran utama. Padahal, Haji Belajar Ngaji adalah produksi Screenplay Productions yang notabene dikenal dengan jajaran bintang mudanya.

Namun Hardy Fadhilah ternyata pilihan paling pas dan mampu tampil ciamik sebagai preman yang menyamar jadi ustad gadungan setelah jatuh hati pada putri pemilik pesantren, yang tak sengaja ia singgahi saat melarikan diri.

Tak hanya Hardy, hal paling menarik dan menyedot perhatian penonton dari sinetron ini juga karena banyak munculnya alumni talent show yang melakukan debut akting. Salah satunya adalah si kembar sensasional, Rizki-Ridho dari DA2.

5 dari 6 halaman

Candra Kirana

Candra Kirana

September lalu, sinetron ini sukses meraih piala Serial Televisi Terpuji dan mengantar Teddy Syach merebut gelar Pemeran Utama Pria Terpuji di Festival Film Bandung 2016.

Teddy Syach adalah roh Candra Kirana. Menjadi single parent buat dua anaknya, Candra dan Kirana, Teddy berakting sangat watak. Dua bintang cilik pemeran Candra dan Kirana pun mengimbanginya dengan penuh penghayatan. Candra Kirana makin berenergi karena mendapuk Masayu Anastasya sebagai tokoh antagonis.

Candra Kirana sendiri tayang mulai 4 April hingga 5 Juni 2016 lalu dengan jumlah 71 episode. Sinetron penuh pesan moral ini adalah produksi dari Starvision Plus.

Artikel Selanjutnya
Penonton Tak Sabar Tunggu Sinetron Terbaru Irish Bella
Artikel Selanjutnya
Lama Tak Terdengar, Ini Kabar Irshadi Bagas Pemain Heart Series