Sukses

Kaleidoskop 2016: 10 Sinetron SCTV Sukses Sedot Perhatian (Bag.2)

Liputan6.com, Jakarta Gempuran serial impor khususnya dari negara India dalam dua tahun terakhir, begitu masif menyerbu stasiun tv swasta. Fenomena ini secara langsung menyebabkan perubahan selera tontonan, menjangkiti sebagian masyarakat Indonesia. Tayangan sinetron mulai ditinggalkan. Beberapa yang mampu bertahan adalah yang bisa menghadirkan cerita berbeda.

Tahun 2016 pun jadi tahun terberat buat program sinetron yang tayang di SCTV. Sepanjang tahun ini, dari total 38 judul yang tayang, hanya 4 saja yang mampu melewati jumlah 100 episode. Sisanya, hanya berkisar di angka 30an, dan mentok di episode 70an.

Meski berdurasi tak panjang untuk ukuran suksesnya sebuah sinetron stripping, bukan berarti sinetron-sinetron tersebut tak berkualitas. Justru dengan 30-70 episode saja, sinetron-sinetron ini jadi jauh lebih berkesan bagi penonton.

Mengisi salah satu Kaleidoskop 2016, kami pun lantas memilih 10 diantaranya sebagai 10 Sinetron SCTV yang Sukses Menyedot Perhatian sepanjang tahun 2016. Apa saja? Simak disini.

1 dari 6 halaman

Surga Yang Ke-2


Surga Yang Ke-2

Hingga Jumat (23/12/2016) telah melewati 243 episode sejak tayang 18 April 2016 lalu, menasbihkan Surga Yang Ke 2 sebagai sinetron tersukses SCTV sepanjang tahun 2016. Produksi Amanah Surga Productions ini bahkan mungkin bisa terus melaju hingga episode ke 300.

Surga Yang Ke 2 tak hanya bergantung pada Nabila Syakieb, meski peran Sabrina membawa sang pemain utama menggondol dua piala bergengsi di Festival Film Bandung dan SCTV Awards 2016 lalu.

Pilihan memasang Paramitha Rusady-Angel Karamoy sebagai duo antagonis melahirkan chemistry tak kalah dahsyat dari pasangan yang tengah jatuh cinta. Seperti Nabila, keduanya adalah andalan Surga Yang Ke 2 yang membuatnya bertahan hingga kini.

2 dari 6 halaman

Mermaid in Love

Mermaid in Love

Sejak Ganteng-Ganteng Serigala (GGS), SCTV sulit menemukan judul yang bisa memberi impact juga kebanggaan. Hingga tayanglah sinetron fantasi remaja ini pada 2 Mei 2016. Fenomenanya seperti sebuah dejavu akan hebohnya GGS.

Mermaid in Love berkesan karena sinetron ini tak mengandalkan bintang populer, namun hebatnya melahirkan banyak idola remaja. Pasangan utamanya, Angga Yunanda-Amanda Manopo, bahkan sampai disebut sebagai The Next Aliando-Prilly.

Mermaid in Love usai pada 7 Oktober 2016 dengan 158 episode. Kini sekuel sinetron produksi Mega Kreasi Films yang dikukuhkan sebagai Sinetron Paling Ngetop di SCTV Awards 2016 ini kembali tayang sejak 5 Desember lalu, dengan menambahkan embel 2 Dunia.

3 dari 6 halaman

D'Hijabers

D'Hijabers

D'Hijabers adalah salah satu dari empat sinetron pengisi Ramadan tahun ini yang tayang perdana bersamaan bertepatan dengan hari pertama puasa, 6 Juni 2016. Produksi Tobali Pictures ini mendaulat Ali Syakieb untuk memerankan karakter unik.

Disini, Ali menjadi petugas KUA yang ironisnya belum menikah. Prinsip hidupnya tentang jodoh menautkan Ali dengan tiga gadis, diperankan salah satunya oleh Laudya Chintya Bella. Ia membuat tak hanya tiga gadis ini saling berebut, tapi juga galau massal dari penonton.

Tayang hingga 18 Juli 2016 dengan jumlah 40 episode, D'Hijabers jadi salah satu sinetron paling menyedot perhatian penonton tahun ini karena jalinan ceritanya yang tak bisa ditebak. Bahkan hingga episode terakhirnya pun sukses memaksa penonton untuk berpikir keras.

4 dari 6 halaman

Super Puber

Super Puber

Berpikir bahwa sinetron tentang anak SMA terasa sudah biasa, Screenplay Productions lantas mengangkat kisah pubertas para remaja putih-biru berjudul Super Puber ke layar. SCTV menayangkannya pada 13 Juni 2016.

Kisah lucu Joned-Dania dan teman-temannya sangat dekat dengan keseharian. Melihat para bintang ABG ini mengayuh sepeda ketimbang motor Ninja pun terasa menyenangkan. Sederhana tapi berbobot, itulah Super Puber. Apalagi sinetron ini dibesut Tisa TS, penulis skenario yang dikenal paham betul dengan kondisi aktual remaja.

Meski Super Puber tayang hingga 29 Juli 2016 dengan hanya 43 episode saja, sinetron ini dinilai sukses menaikan popularitas beberapa pemain baru. Salah satunya adalah Ari Irham, yang digadang-gadang bakal jadi idola remaja masa depan paling potensial.

5 dari 6 halaman

Pangeran 2

Pangeran 2

Hingga Jumat (23/12/2016) malam, Pangeran 2 sudah menyentuh episode ke-83. Sekuel sinetron berjudul sama yang tayang sejak 3 Oktober 2016 lalu ini, berpeluang mengikuti pendahulunya, tamat di episode 158 atau bahkan lebih.

Di Pangeran 2, Ricky Harun masih memerankan tokoh Pangeran dan nampak menikmatinya. Terlebih berkat peran ini, ia berhasil merebut gelar Aktor Ngetop dalam dua tahun berturut-turut di pagelaran SCTV Awards.

Pangeran maupun Pangeran 2 sendiri menjaga sukses Amanah Surga Productions terus melahirkan sinetron penyedot perhatian. Meski tak sebooming GGS atau Emak Ijah Pengen ke Mekah, hadirnya Pangeran juga sekuelnya adalah bukti rumah produksi yang baru berusia seumur jagung ini bisa menyaingi rumah produksi besar lainnya.

Artikel Selanjutnya
5 Peran Penting Stefan William di Sinetron dan Film
Artikel Selanjutnya
Marcella Daryanani, Bintang Anak Langit yang Makin Bersinar