Sukses

10 Film Terlaris di Dunia Tahun 2016

Liputan6.com, Jakarta - Film apa yang paling banyak meraup pundi-pundi dolar di tahun 2016 ini? Melihat tren film superhero yang terus membanjir di tahun ini, rasanya mudah ditebak, film adaptasi komik superhero Marvel dan DC bakal muncul dalam daftar ini.

Ya, film superhero masih menjadi satu genre paling penting sepanjang 2016 dalam meraup pendapatan besar di seluruh dunia, sementara Marvel dan DC masih bersaing ketat di tahun ini.

Di luar genre superhero, film animasi juga unjuk gigi di box office. Film adaptasi game yang marak ditayangkan sepanjang 2016 ini malah tak ada yang mampu masuk ke dalam 10 besar film  terlaris 2016.

Batman v Superman: Dawn of Justice dan Captain America: Civil War. (forbes.com)

Sementara bila dilihat dari segi perusahaan, Disney kembali merajai box office dunia di tahun ini melalui franchise film superhero Marvel serta beberapa film animasi dan adaptasi baru. Maka tak heran kalau beberapa studio terpaksa harus mengelus dada atas kesuksesan Disney di sepanjang 2016.

Bicara soal 10 besar film terlari 2016, Warner Bros lewat dua film adaptasi komik terbitan DC berhasil berada di jajaran tersebut meskipun film-film tersebut ditimpa kritik keras.

Menelusuri daftar 10 besar film terlaris di kancah box office dunia sepanjang 2016, situs Box Office Mojo sempat melaporkannya lengkap dengan pendapatan untuk skala domestik maupun di luar Amerika Serikat. Pendapatan kotor para jawara box office ini begitu fantastis, mencapai triliunan rupiah bila dikonversi dalam kurs saat tulisan ini dibuat (Rp13.460).

Jadi, apa saja 10 film yang berhasil merajai box office di tahun 2016? Berikut daftarnya:

1 dari 11 halaman

Posisi 10: Doctor Strange

Benedict Cumberbatch dalam Doctor Strange. (Heroichollywood.com / Marvel / Disney)

Diadaptasi dari komik superhero terbitan Marvel, Doctor Strange yang didistribusikan oleh Disney, berhasil menjadi film ke-10 terlaris selama 2016. Tak sia-sia Marvel dan Disney membayar mahal Benedict Cumberbatch sebagai aktor utamanya.

Kisah film arahan sutradara Scott Derrickson ini berpusat pada pencarian Stephen Strange untuk kesembuhan tangannya yang berujung pada keterlibatannya dengan dunia mistis berbahaya. Doctor Strange berhasil meraup pendapatan US$656,5 juta (sekitar Rp8,84 triliun).

2 dari 11 halaman

Posisi 9: Suicide Squad

Lagi-lagi Jared Leto hilang di antara foto rombongan pemain film Suicide Squad yang sudah berkostum.

Suicide Squad merupakan salah satu film superhero yang bertabur bintang besar. Warner Bros berhasil membawa Will Smith, Margot Robbie, hingga Jared Leto berada di satu layar. Sayangnya, film arahan sutradara David Ayer ini dihajar oleh skor negatif dari para kritikus.

Suicide Squad berkisah mengenai para penjahat di dunia superhero DC yang dipaksa menjadi satu tim untuk menghancurkan ancaman besar umat manusia. Film ini meraup angka sebanyak US$745,6 juta (sekitar Rp10,04 triliun).

3 dari 11 halaman

Posisi 8: Fantastic Beasts and Where To Find Them

Fantastic Beasts and Where to Find Them

Berasal dari buku Fantastic Beasts and Where to Find Them karya J. K. Rowling yang menjadi panduan karakter dalam kisah Harry Potter, film arahan sutradara David Yates ini mendulang sukses besar meskipun tayang menjelang pengujung tahun.

Akting Eddie Redmayne yang diakui Oscar berkat The Theory of Everything, dianggap sukses menghidupkan karakter Newt Scamander. Berkat itu juga film yang didistribusi Warner Bros ini meraup pendapatan sebanyak US$746,1 juta (sekitar Rp10,05 triliun).

4 dari 11 halaman

Posisi 7: Deadpool

Film Deadpool. (foxnews.com / 20th Century Fox)

Kecemasan fans berat komik Marvel terhadap produksi film Deadpool yang dikuasai 20th Century Fox berhasil teratasi. Film superhero arahan sutradara Tim Miller yang dibintangi Ryan Reynolds ini sukses meraup angka US$783,1 juta (sekitar Rp10,56 triliun).

Deadpool juga diganjar oleh skor positif dari para pengamat film meskipun banyak adegan kekerasan dan dialog kasar di dalamnya. Film yang bertempat di dunia sinema X-Men ini berkisah tentang mantan tentara bayaran yang ingin membalaskan dendamnya terhadap orang yang menjadikannya korban eksperimen.

5 dari 11 halaman

Posisi 6: Batman v Superman: Dawn of Justice

Batman v Superman: Dawn of Justice. (Warner Bros)

Ditunggu-tunggu oleh para penggemar superhero komik terbitan DC, Batman v Superman: Dawn of Justice menjadi salah satu film superhero paling fenomenal di sepanjang 2016. Namun film ini juga menjadi kontroversial lantaran para kritikus menghajarnya dengan skor negatif.

Melanjutkan kejadian dalam Man of Steel, film arahan sutradara Zack Snyder ini sukses meraup keuntungan dari rasa penasaran pecinta film di seluruh dunia. Meskipun kualitas film kolaborasi pertama Batman dan Superman ini masih menjadi perdebatan, namun setidaknya Warner Bros berhasil meraup angka US$873,3 juta (sekitar Rp11,76 triliun).

6 dari 11 halaman

Posisi 5: The Secret Life of Pets

The Secret Life of Pets

Sepanjang tahun 2016, Universal Pictures berhasil meraih pendapatan besar melalui film animasi The Secret Life of Pets. Dikeroyok oleh duet sutradara Chris Renaud dan Yarrow Cheney, film ini menyajikan konsep unik kehidupan fiksi hewan-hewan peliharaan lucu yang jarang terpikirkan oleh banyak orang.

Meskipun tak melibatkan bintang-bintang besar Hollywood, namun tim Illumination Entertainment yang sukses berkat Despicable Me dan Minions, berhasil menggarap film ini secara menarik. Alhasil pendapatannya melebihi film-film superhero yang disebutkan sebelumnya hingga mencapai US$875,4 juta (sekitar Rp11,78 triliun).

7 dari 11 halaman

Posisi 4: The Jungle Book

The Jungle Book

Sempat membuat versi animasinya di tahun 1967, Disney membuat lompatan besar dengan menggarap versi live-action The Jungle Book yang rilis di tahun 2016. Film yang aslinya berasal dari cerita abad ke-19 karya Rudyard Kipling ini, berhasil meraup pendapatan US$966,6 juta (sekitar Rp 13,01 miliar).

The Jungle Book yang juga tengah digarap Warner Bros ini, berkisah mengenai seorang anak bernama Mowgli yang diasuh oleh kawanan serigala di sebuah hutan. Film arahan Jon Favreau ini juga mendapat skor positif dari para pengamat.

8 dari 11 halaman

Posisi 3: Zootopia

Ginnifer Goodwin dan Jaseon Bateman mengisi suara karakter Zootopia (Walt Disney Animation Studios)

Tayang sekitar awal 2016, Zootopia menjadi tontonan suguhan Disney yang digemari para pecinta film animasi. Tak disangka, Zootopia sukses meraup untung besar di tahun ini hingga mengalahkan sebagian besar film superhero yang tiba sepanjang 2016.

Zootopia dikerjakan oleh duet sutradara Byron Howard dan Rich Moore dan tak banyak melibatkan bintang-bintang top. Namun film yang berkisah tentang kelinci polisi dan rubah penipu yang menyingkap konsporasi di kota besar para hewan ini, meraih skor positif serta pendapatan sebanyak US$1,023 miliar (sekitar Rp13,79 triliun).

9 dari 11 halaman

Posisi 2: Finding Dory

Kisah Film Animasi Finding Dory Terungkap

Disney tampaknya benar-benar mendominasi di sepanjang tahun 2016. Finding Dory yang digarapnya bersama Pixar, meraih pendapatan terbesar kedua sepanjang 2016. Film arahan sutradara Andrew Stanton ini sukses meraup US$1,027 miliar (sekitar Rp13,84 triliun).

Di mata pengamat, Finding Dory yang melibatkan Ellen DeGeneres sebagai tokoh utamanya, Dory, langsung dihadiahi skor positif. Film ini merupakan sekuel dari Finding Nemo yang juga sukses besar saat dirilis pada 2003 silam.

10 dari 11 halaman

Posisi 1: Captain America: Civil War

Captain America: Civil War. (Marvel Studios)

Marvel Studios bersama Disney kembali mendulang sukses lewat franchise superheronya. Captain America: Civil War yang menutup trilogi Captain America, berhasil meraup penghasilan terbanyak di tahun 2016, US$1,153 miliar (sekitar Rp 15,55 triliun).

Ditambah lagi, film arahan sutradara Anthony Russo dan Joe Russo yang mengekspos perpecahan antara Captain America dan Iron Man di tubuh Avengers ini, mendapat skor yang sangat positif dari para kritikus dunia.

Artikel Selanjutnya
6 Penulis Terkaya Dunia di 2017
Artikel Selanjutnya
Ini Dia 5 Anak Bintang Bollywood yang Raih Sukses Besar