Sukses

Cara Mudah Kelola Keuangan Bersama Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda memiliki pasangan, dalam hal ini istri atau suami, maka kehidupan Anda tentu akan berubah 360 derajat termasuk dalam hal pengelolaan keuangan.

Dari mengelola uang sendiri untuk keperluan pribadi, kini Anda sudah harus memikirkan kehidupan pasangan dan keperluan rumah tangga. Supaya uang tak merusak kehidupan rumah tangga Anda, berikut ini adalah cara mudah kelola keuangan bersama pasangan.

1. Saling Terbuka Soal Kondisi Keuangan

Keterbukaan kondisi keuangan sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan dan keharmonisan. Beri tahu pasangan tentang gaji, tagihan kartu kredit, pinjaman dan hal lain yang berhubungan dengan kondisi finansial.

2. Diskusi Anggaran Keluarga

Mengingat Anda dan pasangan memiliki kebutuhan masing-masing selain yang memang harus dipenuhi bersama seperti anggaran rumah tangga, maka penting sekali untuk mendiskusikan apa saja pendapatan dan pengeluaran tetap bulanan maupun yang sifatnya tidak pasti, dari masing-masing pihak.

3. Tetapkan Tujuan

Setiap pasangan yang memutuskan menikah tentu memiliki tujuan atau impian dalam membina rumah tangga. Mulai dari anak, rumah, mobil hingga traveling ke luar negeri, tujuan yang dibuat bersama ini tentu punya konsekuensi finansial. Dari sini, Anda dan pasangan bisa langsung membuat rencana keuangan bersama.

4. Saling Mengingatkan

Selama perjalanan hidup bersama, tentu ada godaan-godaan dan pengeluaran tak terduga. Di sini penting sekali bagi pasangan untuk saling mengingatkan dan mencari jalan keluarnya bersama-sama.

5. Rencanakan Warisan dari Sekarang

Sebagai kepala keluarga, laki-laki memiliki tanggung jawab lebih besar. Penting sekali membuat warisan lebih dini, kira-kira dimulai di usia produktif, sebagai jaminan agar aset yang Anda miliki benar-benar diteruskan kepada istri dan anak-anak Anda.

6. Manfaatkan Aplikasi

Di era teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan mobile application sebagai cara yang memudahkan Anda mengatur perencanaan keuangan.
Aplikasi perbankan seperti Jenius menawarkan cara berbank baru yang membantu mengelola keuangan dengan lebih cerdas, aman, dan gak ribet. Mulai dari transaksi keuangan, tabungan deposito, hingga pengaturan limit belanja bisa kamu atur dari aplikasi Jenius. Kini kendali bank ada di genggaman tangan dan bisa kamu akses kapan aja, di mana aja.

Selengkapnya tentang Jenius bisa kamu temukan di sini!

Download dan aktivasi Jenius untuk iOS atau Android sekarang.

(Adv)

Artikel Selanjutnya
5 Tips Atur Uang bagi Pasangan Baru Seperti Raisa dan Hamish Daud
Artikel Selanjutnya
Cara Mempersiapkan Keuangan Bersama Pasangan