Sukses

Kaleidoskop 2016: Artis K-Pop Lakukan Duet Maut Tak Terlupakan

Liputan6.com, Jakarta Hanya tinggal menghitung hari 2017 menyapa. Sepanjang tahun ini, ada banyak kejadian tak terlupakan yang terjadi di industri hiburan, khususnya Korea Selatan.

Berbagai karya bermunculan, mulai dari lagu solo oleh artis atau personel group idol hingga duet maut yang memsona. Hanya ada beberapa karya saja yang patut diacungi jempol.

Bahkan, lagu kolaborasi ini sampai mendapatkan pujian dari media musik ternama dunia Billboard. Apa sajakah lagu duet maut yang menorehkan pujian dari Billboard?

Crush feat Taeyeon `Girls Generation`

Taeyeon, personel Girls Generation yang sukses bersolo karier dengan lagu miliknya, termasuk "11:11". Awal tahun ini, Taeyeon mendapatkan kesempatan emas berkolaborasi dengan Crush di lagu "Dont't Forget".

Videoklip tersebut dirilis 21 Januari 2016. Hingga saat ini, "Dont't Forget" terus mengalami kenaikan, ditonton 14.130.286 orang.

Taeyeon `Girls Generation`

Lagu ini mendapatkan pujian Billboard menuliskan, "Lagu dari industri hiburan ternyata tak hanya K-pop saja, tapi juga soul. Lagu yang dinyanyikan pasangan ini bernuansa R&B dan soul. Melodi di Don't Forget terdengar simple, hanya mengandalkan kemampuan vokal penyanyinya, Crush dan Taeyeon yang terdengar renyah."

1 dari 4 halaman

Suzy `Miss A` dan Baekhyun `EXO`

Baekhyun `EXO` dan Suzy `Miss A` dengan lagu duet "Dream" membuat penikmat terpesona dengan keindahan suara dan alunan musiknya. Videoklip "Draem" dirilis 6 januari 2016, ditonton 29,444,088 orang di situs berbagi video YouTube.

Lagu ini juga mendapatkan perhatian dari Billboard. Bahkan, media ternama internasional itu menyebutkan, "Dream" yang dinyanyikan personel group idol Miss A dan EXO ternama itu sangat berbeda dari biasanya.

"Member group idol K-Pop itu mendadak berubah kelas, saat Suzy dan Baekhyun mendendangkan "Dream" yang bernuansa jazz. Suara keduanya yang lembut terdengar senada dengan alunan dari piano yang mendominasi," tulis Billboard.

2 dari 4 halaman

Zico feat Luna f(x)

Kali ini, perpaduan antara Luna `f(x)` dengan Zico yang berhasil menarik perhatian publik, bahkan hingga Billboard. Tentu saja, Luna yang terdengar sangat nge-pop bersanding dengan Zico yang dikenal rapper handal dalam lagu "It Was Love".

Videoklip "It Was Love" dirilis 24 Januari 2016, telah ditonton 4,035,668 orang di situs berbagi video YouTube hingga saat ini. Billboard juga memuji duat Zico dan Luna f(x).

Lewat situsnya, Billboard menjelaskan, "Zico mengejukan dengan penampilannya di It was Love bersama Luna. Di lagu ini, Zico memberikan sisi lain dalam dirinya sebagai produser. Lagu yang penuh emosi ini meminjam vokal Luna yang renyah. Hasilnya, lagu balada yang sayang dilewatkan."

3 dari 4 halaman

K.Will dan Davichi

Perpaduan antara suara renyah penyanyi balada K.Will dan Davichi ternyata mampu membuat media sekelas Billboard angkat topi. Videoklip "You Call It Romance" yang dirilis 5 Januari 2016 ditonton 3,537,700 orang di itus berbagi video YouTube.

Lagu yang dinyanyikan K.Will dan Davichi ini memberikan suasana ceria kepada pendengar. Dengan melodi swing yang sedikit nge-beat, ditambah dengan vokal K.Will dan Davichi yang seolah mempermainkan lagunya menjadi terdengar asyik.

Videoklip K.Will dan Davichi dalam You Call It Romance.

Billboard menuliskan, "lagu ini terdengar seperti musim semi, dimana pasangan bahagia dengan cinta yang menyapa. Melodi swing yang terdengar bahagia, serta perpaduan renyah suara K.Will dan Davichi menyebabkan lagu ini sangat membuai. Harmoni yang indah lewat sebuah lagu berjudul You Call It Romance".