Sukses

Legenda Disney dari Asia Ini Meninggal Dunia di Usia 106 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Nama Tyrus Wong mungkin tak dikenal orang kebanyakan, bahkan mungkin mereka yang mengaku sebagai pecinta Disney. Padahal, ia sebenarnya adalah legenda Disney yang memiliki peran penting terhadap terciptanya film animasi Bambi di tahun 1942.

Tyrus Wong, adalah seorang pelukis dan animator asal Cina yang karya-karyanya mengilhami Disney dalam membuat gaya visual dalam film Bambi yang terlihat seperti goresan kuas di atas kanvas. Sayang, Wong dikabarkan meninggal dunia di usia 106 tahun, pada Rabu (30/12/2016) kemarin.

Cuplikan film Bambi

"Dengan berat hati kami menyatakan bahwa Tyrus Wong telah berpulang. Ia meninggal di rumahnya, dikelilingi dengan para putrinya yang ia cintai, Kim, Kay, dan Tai-Ling," tulis perwakilan dari Tyrus Wong, seperti dilansir dari Variety, Sabtu (31/12/2016).

Tyrus Wong dilahirkan di Cina dan bermigrasi di Amerika Serikat di usia sembilan tahun. Di negara barunya ini, ia mendapat beasiswa di sebuah sekolah seni dan mendapat pekerjaan di bidang animasi.

Saat mendengar bahwa Disney tengah mengembangkan film Bambi, Wong lantas melukis sejumlah gambar rusa di tengah hutan. Lukisan ini kemudian dilihat oleh Walt Disney, yang terkesan dan menjadikannya sebagai inspirasi untuk film Bambi.

Salah satu lukisan karya Tyrus Wong

Pada tahun 2001, Tyrus Wong dianugerahi gelar sebagai Legenda Disney—yakni kumpulan orang-orang yang telah berkontribusi besar untuk perkembangan The Walt Disney Company. Tak hanya itu, 12 tahun kemudian hasil karyanya dipajang di The Walt Disney Family Museum.